Melihat geliat spirit motorsport tahuun ini, ditambah dg kuping panas dan hati panas pihak Suzuki …. wajar dong kalo saya akan membanding produk2 yg sudah keluar, yg hampir keluar dan akan keluar menurut ramalan joyoboyo. Masing-masing prinsipal jepang saya kira sudah mewakili kecuali Pabrikan Kawak yg masih blawur dan sulit dibaca pergerakan produk barunya, termasuk sport fairing kelas 150ccnya !!! Dan karena temanya perbandingan di track, maka yg akan sy bandingkan tentu saja sisi engine terlebih dahulu …. mana yg mesinnya paling kuat dan punya potensi besar dioprek dan mana yg underdog.
Dan mohon maaf sebelumnya jika di tulisan ini sarat akan opini pribadi berdasarkan pengalaman penulis yang soak ini . Maklum saja, saya bukan penggemar sport kelas 150cc Jepang karena powernya sdh bisa disaingi dg P135LS ( karbu & air cooled ) karena jika ingin sport kencang ya idealnya 200 sd 250cc sesuai batas maksimal peraturan di negeri ini. knp ??? karena sy yakin harga tdk terpaut jauh ( kecuali beda jmlh silinder ) serta fuel consumption juga beti beti aja ….. yg sangat “kacek” dan njomplang dan bikin puas adalah power, torsi dan riding feel-nya…. sy rasa amat-amat jauh dg kelas 150cc. Eniwei, mari kita bahas saja selanjutnya : Untuk track spt sentul yg straightnya menengah keatas ( panjangnya ) , sy rasa yg diperlukan adalah spesifikasi mesin yg mumpuni, sehingga mari kita kerucutkan ke pembahasan mesin sesuai spesifikasi standart pabrik saja ( dan anggaplah info spek yg sy dapet adalah benar ). Kemudian katanya juri didapat score tertinggi sd terendah :
1.GSX 150 :
Jenis | 4-Tak DOHC 4-katup | |
Jumlah Silinder | 1 (satu) | |
Diameter Silinder | 65 mm | |
Langkah Piston | 50,2 mm | |
Kapasitas Silinder | 152.21 cm3 | |
Perbandingan Kompresi | 11,5 : 1 | |
Daya Maksimum / rpm | 21,2 Dk / 9.000 rpm | |
Torsi Maksimum / rpm | 13,4 N.m / 8.000 rpm |
2. CBR 150
Tipe Mesin | CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik |
Diameter x Langkah | 63.5 x 47.2 mm |
Volume Langkah | 149.4 cc |
Perbandingan Kompresi | 11.0 : 1 |
Daya Maksimum | 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm |
Torsi Maksimum | 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm |
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs |
Starter | Starter Elektrik |
3. Yamaha R15(india)
Engine type | Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve |
---|---|
Cylinder arrangement | Single cylinder |
Displacement | 149.8cc |
Bore & Stroke | 57 × 58.7mm |
Compression ratio | 10.4:1 |
Maximum power | 17PS/ 8,500rpm |
Maximum torque | 15N.m / 7,500rpmm |
Starting system | Electric start |
Lubrication | wet sump |
Fuel tank capacity | 12 liters |
Fuel supply system | Fuel Injection |
Ignition system | T.C.I |
Primary / Secondary reduction ratio | 3.042 / 3.133 |
Clutch type | Wet Multiple-disc |
Transmission type | Return type 6-speed |
Gear ratios | 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364, 4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84 |
Alasan alasan saya mengambil kesimpulan kalo yg paling joss gandosss di track adalah :
1. Syarat track apalagi straight adalah mesin teriak di rpm tinggi, power juga muncul disitu ,maka yg paling memungkinkan adalah mesin dg tipe overbore, sehingga jika kita bandingkan diameter piston, maka sesuai urutan mulai dari yg terbesar = GSX 150 : 65mm, CBR 150: 63,5mm, R15 : 57mm
2. Selain itu, jika sama2 dlm keadaan standart ting ting, juga bisa dipertimbangkan kompresi mesin yg amat mendukung keluarnya power, dan urutan mulai yg terbesar kompresinya adalah = GSX 150 : 11,5 trus CBR 150 : 11 trus R15:10,4
3. Jumlah Kem / chamsaft = ( GSX150 & CBR 150 = DOHC ) sedangkan R15 masih SOHC . Dg DOHC , setiap kem akan sangat mudah dan mempunyai rentang yg lebih luas durasinya drpd tipe SOHC, sehingga dg sistem colek mencolek cewek kem secara sederhana saja sdh ketauan DOHC akan terkail lebih tinggi powernya.
4. Volume silinder, mulai dari yg terbesar ialah GSX 150 = 152,21cm3 dilanjtkan Yamaha R15 = 149,8cc dan dibontotin CBR150 = 149,4cc 5. Power di , diurutkan dari yg terbesar = GSX150 = 21,2 dk@9000rom, trus New CBR150 = 17,8PS@10.500rpm next R15 = 17 PS@8500rpm
5. Torsi mesin ngga usah dibahas ya ?? toh motor buat track bukan untuk ngangkut gabah atau rumput pakan sapi . ya to???? ( pemenangnya jelazzzz R15 , untuk tarik2an jabrix oke punya , tp sepengetahuan saya, kurva tenaga akan menurun di rpm tinggi dimana ngegas on track selalu main rpm tinggi ))
Sudah jelaskan ??? jika di”cul” atau dilepas ditrack siapa pemenangnya ???
Sedangkan untuk track yg berliku liku, selama itu track spek international ya sy rasa tdk akan berbeda jauh dg perbandingan diatas. Sudah sifat mesin overbore , lembut dibawah narik diatas, gampang diajak berlikalikulakilaki selama torsi dan power mumpuni. Yang menarik adalah jika track yg dilalui tiga motor diatas adalah track kejuaraan tarkam, atau track roadrace bebek…. saya akan angkat tangan dan angkat kaki dan angkat celana . Prediksinya jelas , torsi-lah yg diperlukan sehingga spek Overstroke akan berjaya disini, tetapi yg jadi masalah adalah R15 masih SOHC ??? nah…yo ???? mbuh kan ????? Kenapa Yamaha masih mikir mikir gacoanya untuk kejuaraan Indoprix 150cc ???? Jika alesannya safety saya kok kurang yakin…. mungkin maksudnya tidak safety untuk motor mereka ….. torsi badak atau babi adalah dua heewan yg sulit berbelok jika berlari ….. ( maksutnya apa ??? eeemmbbooohhhhh…. ) mungkin akan seperti kasus Ducati di Motojipi saat rider2nya pada kelimpungan kena ganas dan dahsyatnya torsi mesin V 90 derajat celcius tepok jidat !!!! Sekian dulu dari saya, mohon maaf sebelumnya !!!! semua hal diatas semata-mata opini pribadi saya, tidak bermaksut menjatuhkan dan mengunggulkan salah satu pabrikan apalagi owner fansboi masing2 motor diatas ….. Spesifikasi lengkapnya masing masing motor adalah :
1. Yamaha R15, knp ini yg dibahas pertama ??? tentu saja krn lagi anget2nya , lagi heboh2nya, lagi booming2nya, dsb dsb….. Spesifikasi :
Engine type | Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve |
---|---|
Cylinder arrangement | Single cylinder |
Displacement | 149.8cc |
Bore & Stroke | 57 × 58.7mm |
Compression ratio | 10.4:1 |
Maximum power | 17PS/ 8,500rpm |
Maximum torque | 15N.m / 7,500rpmm |
Starting system | Electric start |
Lubrication | wet sump |
Fuel tank capacity | 12 liters |
Fuel supply system | Fuel Injection |
Ignition system | T.C.I |
Primary / Secondary reduction ratio | 3.042 / 3.133 |
Clutch type | Wet Multiple-disc |
Transmission type | Return type 6-speed |
Gear ratios | 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364, 4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84 |
Frame type | Delta box |
---|---|
Caster / Trail | 26° / 98mm |
Tire size (Front / Rear) | 90/80-17 / 130/70-R17 |
Brake type (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) |
Suspension type (Front / Rear) | Telescopic / Linked type Monocross |
Headlight | Lo beam12V/35W X1, Hi beam12V/35W X2 |
Battery | 12V, 3.5Ah (10H) |
Overall length x width x height | 1,970mm x 670mm × 1,070mm |
---|---|
Seat height | 800mm |
Wheelbase | 1,345mm |
Minimum ground clearance | 160mm |
Kerb weight | 136Kg |
Semoga yg muncul di Indonesia melebihi spek diatas ….. dg lower price tentunya…. amin 2014 x !!!!
2. New CBR 150 R , motor ini sdh tdk bisa diragukan lagi !!! sy sdh mencicipi baik power delivery maupun handlingnya sejauh ratusan kilometer dan ribuan centimeter. Jozzz gandozzz pokoke …. ( selain harganya !!! ). Kekurangannya hanya satu : untuk tinggi badan diatas 170cm rasanya bakalan pegal line encok kumat semua !!!! Spesifikasi :
Varian | CBR 150R STD | |
Group | Spesifikasi | |
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 1.977 x 701 x 1.130 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 190 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 797 mm | |
Berat Kosong | 138 kg | |
Rangka | Pola Berlian (Diamond) | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Mono Suspension | |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17M/C 52P | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17M/C 62P | |
Rem Depan | Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal | |
Sistem Pengereman | ||
Tipe Mesin | CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal | |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik | |
Diameter x Langkah | 63.5 x 47.2 mm | |
Volume Langkah | 149.4 cc | |
Perbandingan Kompresi | 11.0 : 1 | |
Daya Maksimum | 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm | |
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | |
Starter | Starter Elektrik | |
Busi | ||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13.1 liter | |
Sistem Bahan Bakar | (PGM-FI/Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 liter | |
Transmisi | Constant Mesh 6-Speed Return | |
Pola Pengoperan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Aki | ||
Sistem Pengapian | Full-Transistor Battery Ignition | |
Lampu Depan | ||
Lampu Senja | ||
Sudut Caster / Trail | 25 00 / 90 | |
Radius Putar Minimum | 2.400 mm | |
Tipe Pelumasan | ||
Rasio Perpindahan Gigi 1 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 2 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 3 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 4 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 5 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 6 | ||
Rasio Reduksi Gigi Primer | ||
Rasio Reduksi Gigi Sekunder |
Varian | CBR 150R Repsol | |
Group | Spesifikasi | |
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 1.977 x 701 x 1.130 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 190 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 797 mm | |
Berat Kosong | 138 kg | |
Rangka | Pola Berlian (Diamond) | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Mono Suspension | |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17M/C 52P | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17M/C 62P | |
Rem Depan | Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda | |
Rem Belakang | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal | |
Sistem Pengereman | ||
Tipe Mesin | CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal | |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik | |
Diameter x Langkah | 63.5 x 47.2 mm | |
Volume Langkah | 149.4 cc | |
Perbandingan Kompresi | 11.0 : 1 | |
Daya Maksimum | ||
Torsi Maksimum | ||
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | |
Starter | Starter Elektrik | |
Busi | ||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13.1 liter | |
Sistem Bahan Bakar | (PGM-FI/Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 liter | |
Transmisi | Constant Mesh 6-Speed Return | |
Pola Pengoperan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Aki | ||
Sistem Pengapian | Full-Transistor Battery Ignition | |
Lampu Depan | ||
Lampu Senja | ||
Sudut Caster / Trail | ||
Radius Putar Minimum | ||
Tipe Pelumasan | ||
Rasio Perpindahan Gigi 1 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 2 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 3 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 4 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 5 | ||
Rasio Perpindahan Gigi 6 | ||
Rasio Reduksi Gigi Primer | ||
Rasio Reduksi Gigi Sekunder |
3. Suzuki GSX 150 , motor ini masih dalam penerawangan, tapi kalo menurut wangsit bakalan jadi keluar di Indonesia. Dan harapanya sih seperti biasa , lower price & more quality khas Suzuki . Spesifikasi tdk mengikat , bisa berubah setiap saat ada di hatimu :
SPESIFIKASI
|
GSX-150R
|
GSR-150
|
Dimensi | ||
Panjang Keseluruhan | 2.150 mm | 2.150 mm |
Lebar Keseluruhan | 720 mm | 720 mm |
Tinggi Keseluruhan | 1.021 mm | 1.021 mm |
Jarak Antara As Roda | 1.320 mm | 1.320 mm |
Jarak Mesin ke Tanah | 100 mm | 100 mm |
Berat Kendaraan | 130 kg | 125 kg |
Tinggi Tempat Duduk | 815 mm | 815 mm |
Mesin | ||
Jenis | 4-Tak DOHC 4-katup | 4-Tak DOHC 4-Katup |
Jumlah Silinder | 1 (satu) | 1 (satu) |
Diameter Silinder | 65 mm | 65 mm |
Langkah Piston | 50,2 mm | 50,2mm |
Kapasitas Silinder | 152.21 cm3 | 152,21 cm3 |
Perbandingan Kompresi | 11,5 : 1 | 11,5 : 1 |
Daya Maksimum / rpm | 21,2 Dk / 9.000 rpm | 21 Dk / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum / rpm | 13,4 N.m / 8.000 rpm | 13,6 N.m / 7.500 rpm |
Pasokan Bahan Bakar | Fuel Injection | Fuel Injection |
Sistem Starter | Elektrik | Elektrik dan Kick Starter |
Sistem Pelumasan | Perendaman Oli | Perendaman Oli |
Transmisi | ||
Kopling | Manual plat majemuk tipe basah | Manual plat majemuk tipe basah |
Transmisi | 6 Percepatan | 6 Percepatan |
Arah Perpindahan Gigi | 1 Ke bawah, 5 Ke atas | 1 Ke bawah, 5 Ke atas |
Rangka | ||
Frame | Deltabox | Deltabox |
Suspensi Depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monoshock | Monoshock |
Rem Depan | Cakram 320 mm | Cakram 320 mm |
Rem Belakang | Cakram 220 mm | Cakram 220 mm |
Ukuran Roda Depan | 110/80 – 17 | 100/80 – 17 |
Ukuran Roda Belakang | 130/80 – 17 | 120/80 – 17 |
Sistem Listrik | ||
Pengapian | TCI | TCI |
Busi | NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N | NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N |
Accu | 12 Volt 2,5 Ah 10 HR MF | 12 Volt 2,5 Ah 10 HR MF |
Kapasitas | ||
Tangki Bahan Bakar | 12 liter | 12 liter |
Oli Mesin | 1 liter | 1 liter |
OverAll, kesimpulannya ialah jika saya bisa beli semua motor diatas , saya tetap tidak akan beli !!! maklum balung tuwek ….. rasanya sdh tidak cocog dg motor nungging2 spt diatas ….. naik motor spt itu hawanya pengen pijet plus plus aja.
( click for pict source )
Nb. Disarikan dari berbagai sumber
bisa….
http://macantua.com/2014/04/08/mazda-astina-lahir-kembali/
LikeLike
Komparasi komplit….
LikeLike
wihh ganas, standar aja nyampe 21 DK. Njomplang banget kalo dibanding kedua saingannya. Torsi juga sedikit lebih unggul
Ayo dong SMI buruan keluarin ini motor binal
LikeLike
oh GSX…. kapankah kau datang
LikeLike
itu spek r15 apa old vixion????
LikeLike
thanks gan, sdh ane edit dg ambil source dr R15 India, hasilnya tetep tuh tdk berubah????
LikeLike
ane old cbr aja ah….
LikeLike
Buktiin bro….R15 tetep yg terbaik disemua aspek…motor buat cuma kenceng doang…tp perawatan susah n mahal…buat touring rontok….buktikan dijalan, speck unggul tp kualitas no. 10….hahaha, R15 is the best….Yamaha Semakin Didepan…
LikeLike
tp Fu yg Finish duluan 😀
LikeLike
dan honda pun nomor satu di motogp(kiblatnya motor)
LikeLike
suzuki joss…..!!!
LikeLike
Itu CBR OLD&NEW… Apa fungsinya Behel di blakang jog pnumpang???? Apa bwat pegangan klau lg ngebut???? Wuihhhhhh kerennnnnnnn… 😀 xixixixxi… Katanya Motor Kenceng..masih aja pgangan di blakang..(bayangin) tuing tuing…
SpeedoMeternya Ngibul BANGET…coba GPS aja.
Wajib PerTAMAXXXXX BROOO….Sangarrrrr bgt slera ni motor.. Tenaga baru muncul kalau minum pertamaX(gas oktan 92%)…klau gk ni motor loyo.
R15 cukup premium OK..pertamax Siap boss..pastinya siap Macet macetan di jalanan & klau HAUS siap minum lg di Pom trdekat..
Sorry boss new CBR kmarin apa ya?Ada yg Turun bero di balikin lg ke dealer resminya.
Apa sudah anda uji sendiri di sirkuit/jalanan?? Paatikan ya UJI SENDIRI.. Kmarin CBR pas di sentul gk kliatan di dinish ngumpet kmna ya? Apa ngumpet ke RumahMu skarang??
LikeLike
Yamaha semakin di depan..
Honda no satu…
Suzuki sampai duluan…. dahh hihi
LikeLike
Kece gila gsx 150 cepet muncul tu motor
LikeLike
Yamaha semakin di depan..
Honda no satu…
Suzuki sampai duluan…. dahh hihi
LikeLike