Launching Yamaha Fazzio “fun & style”

selamat pagi kawan ……

Akhirnya tiba juga , launching fresh product dari Yamaha ini di Kota malang dan sekitarnya. Yups…. ini adalah Yamaha Fazzio yang banyak membuat kesengsem para wanita, ibuk ibuk, bulik bulik , dan banyak kalangan lainnya. Percayalah ….. tampangnya itu lho !!

pas bertepatan dengan tanggal 12 February kemarin, di lokasi cafe Social Palace resmi sudah Yamaha Fazzio dijual siap mengaspal di jalanan Kota Malang. Thanks to Yamaha Malang atas undangan launching Yamaha Fazzio ini.

My First Impression

Pertama Lihat …. jujur aja di penampakan muatta saya …. ini metic selain kecil tapi lucu dan nggemesin …. atau bisa disingkat “imut”. Garis desain yg bulet bujel alias oval sangat tampak di sekujur tubuhnya. Jika kemarin publik sempat di hebohkan dengan gambar Yamaha xbiq ( entah gimana cara baca-nya) …..maka dengan keluarnya Yamaha Fazzio ini ya bisa dikatakan sama heboh nya ……. sama imut-nya…sama lucu-nya…..

lalu…. apa saja kelebihan Yamaha Fazzio ini ? mari kita tiliki satu persatu seperti dibawah ini ….

Jika Yamaha sudah punya lini produk yang lengkap untuk metik ( sport, maxi, fungsional, entry level, retro, dsb ) maka Yamaha Fazzio ini kalo sama pabriknya dikategorikan tersendiri, yaitu kategory Classy Product. Maksudnya ialah Product yang menyasar pada kalangan yang fashionable pada generasi muda saat ini. Jadi selain stylish ,fiturnya smart, juga masih dapet teknologi modern lainya dimana fitur bejibun Fazzio ini akan kita bahas tuntas….tas…tas….

BLUE CORE HYBRID

Ini adalah fitur andalan di Yamaha Fazzio yg mana untuk range harga sekian menjadikan motor ini adalah motor Hybrid termurah di Indonesia. Btw, apa sih maksudnya Hybrid ? bahasa gampangnya ya dual power …. sebagai penggerak kendaraan, Yamaha Fazzio ini punya tenaga dari mesin bensin dan Mesin Listrik , hanya saja penjelasannya begono :

Hybrid pada Fazzio ini fix ditujukan bukan untuk unjuk power …. tapi untuk meng-efisienkan bahanbakar. Lha kok bisa ? mari kita siapkan camilan …….

Metik itu kan borosnya bbm ada di angkatan awal …… perlu gas agak mendalam untuk berangkatnya…… nah Power Electric pada Yamaha Fazzio ini membantu tenaga mesin bensin pada saat kondisi tersebut. Jadi “tenaga dalam” hybridnya muncul saat 3 detik pertama kendaraan start setelah itu ya pakai mesin bensin biasa ….. dan karena ini otomatis, maka hybrid tsb akan nyala mati secara otomatis pula tanpa perlu pijit tombol apa apa ….. apalagi pijit plus -plus …. sungguh engga perlu ….

Saat launching kemarin kan ada tuh sesi tesride terbatas …. maka Ompuns optimalkan rasa ingin tahu didalam diri ini untuk fokus kepada fitur blue core Hybrid : seberapa istimewa dan seberapa pengaruh sih ???? dan realnya begini :

Saat pertama coba …. memang Ompuns langsung tancap gas agak dalem …. dan benar saja …. tenaga dalam si Hybrid keluar dengagn tiba tiba …. kentara di indikator layar speedo. Hhhhmmm… akan membagongkan ketika yang pegang emak emak belok kanan sein kiri ….. rasanya akan segera latah dia-nya. Tetapi …. lhaini …. keadaan berbalik 180 derajat ketika saya berangkat dengan gas diurut dan pelan pelan ….. fitur Hybridnya nggak jalan alias masih naik motor seperti biasa walau dari kondisi stop. Kemudian , saya coba saat berboncengan , hasilnya ya sama aja ……..

Kesimpulan saya sementara ini ya fitur smart-nya disini …. tenaga dalam Hybrid akan keluar secara otomatis hanya disaat dibutuhkan bbm lebih saat berangkat , ada semacam sensor yang membaca pergerakan puntir gas-nya kalem atau dadakan.

Sektor MESIN

Pada Yamaha Fazzio ini Yamaha memasangkan mesin BlueCore 125cc SOHC berpendingin udara yang sudah terbukti handal di beberapa lini productnya macam mio m3 sampai yamaha freego. Dengan power 6.2kW/6500 rpm dan torsi 10.6Nm / 4500rpm. Dengan membaca spek diameter x langkah sebesar 52.4 mm x 57.9 mm …. wajar saja ini motor mengedepankan efisiensi bbm terutama di lini rpm menengah kebawah. Kalo feeling awal saya naik ini sih mirip mirip powernya dengan naik freego ……

oh iya …. motor ini sudah menggunakan Diacyl cylinder dan forged piston ….

Yamaha Motorcycle connect

atau disingkat Y-Connect. Yaps ….. ini dia fitur andalan Yamaha saat ini di banyak product flagship-nya….. dan ternyata diturunkan pula ke Yamaha Fazzio menjadikan motor ini semakin valuable. Fitur ini bisa menghubungkan motor anda dengan smartphone anda melalui koneksi Bluetooth. Selain simpel , fitur ini menawarkan beberap keunggulan seperti :

  1. Ada notifikasi di layar speedometer sehingga walau HP di dalam tas atau saku , agan akan tetep tahu kalo ada yg menghubungi agan. Tidak akan ada informasi yg hilang baik itu sekedar janjian ngapel sama pacar maupun agreement dengan partner bisnis anda.
  2. Di layar HP anda juga nggak akan ketinggalan banyak informasi tentang motor anda sendiri, baik itu pengingat ganti oli, letak parkir , dan banyak lagi yg mungkin akan kita bahas nextday.

SMART KEY

atau biasa juga disebut dengan keyless. Jadi anda cukup ngantongin remot motor ngga perlu colok colok kunci ke motor. Untuk Smart Key dari Yamaha ini mempunyai fungsi fungsi sebagai berikut :

  1. Immobilizer …. wah… keren nih !! anda cukup berada didekat motor agar motor anda bisa dinyalakan …. dan secara otomatis motor nggak akan nyala kalo anda jauh dari motor , biarpun kang maling pake kunci T model apapun …. dengan fitur ini Fazzio termasuk bikin maling susah nyolong. Yang belum saya tahu …. bagaimana kalo dibegal dijalan dan motor diserahkan saat mesin hidup ???? sedangkan kunci masih dikantong kita.
  2. Answer Back System , umumnya sih ini bunyi alarm untuk nyari motor di parkiran …… bunyinya …tttiiitt ….. ttiittt ….. dan jarknya setahu saya kuranglebih 30 meteran saja. Cukup lah ya ???
  3. Keyless …. nah ini ada hubunganya sama immobolizer tadi. Dengan Keyless ini sudah nggak perlu masukin anak kunci ke motor …. anda tinggal berada di deket motor sahaja.

STOP START SYSTEM ( SSS )

Ini juga salah satu fitur hemat BBM ala Yamaha dengan cara kerja mematikan mesin saat motor berhenti dan tinggal ngegass aja saat berangkat. Fitur ini bisa di nonaktifkan dengan tombol di sebelah kanan ya sob. Sudah familier kan ???? Nah, disaat riding fitur ini hanya akan aktif jika :

  1. tombol SSS di On kan
  2. Motor sudah jalan minimal 10 km/jam
  3. Suhu mesin optimal … saat mesin dingin otomatis SSS ngga bisa nyala
  4. Tegangan aki normal tidak drop

Gimana ? Sudah jelas ya sob ??? Next ….

SMART MOTOR GENERATOR

Jika pada umumnya dinamo stater motor dihubungkan dengan gear atau rantai ke as kruk ….. maka pada SMG ini cukup sepul motor untuk menggerakkan as kruk sehingga motor hidup. Lha apa fungsinya nggak tabrakan ? yo enggaklah sob ….. kan itu gantian kerjanya …. ya kayak sift sift-an gitu deh …. hhihihihi …… yang ngatur namanya SGCU (Starting Generator Control Unit), yang letaknya jadi satu dengan ECU (Electronic Control Unit). Disaat awal tombol stater dipijit, sepul akan berfungsi jadi dinamo stater , setelah mesin nyala sepul akan berfungsi seperti biasa yaitu ngecharge aki. Lanjoooootttt …..

TANKI BENSIN & BAGASI

Fazzio ini menurut saya agak istimewa …. dia punya tanki bensin 5,1 liter dimana ini termasuk besar dikelasnya dan sekali fulltank bisa dibwa minggat kemana …… cucok untuk yang ngapel agak jauhan atau sekedar jalan jalan boncengin doi seharian penuh ….. dan itu masih ditunjang dengan isi bagasi yang lumayan besar yaitu 17,8 liter ….. wowoowowowo …. bisa nih buat keranjang belanjaan emak atau isi baju se-lemari pas minggat kemana maana ……..

ELECTRIC POWER SOCKET

ini adalah yg paling vital menurut saya , bisa buat ngecaz dijalan baik itu power bank atau langsung HPnya sekalian ….. soalnya ya percuma dong ada Y-Connect kalo HPnya kehabisan batre ….. belum lagi kalo janjian ama temen di negeri antah berantah dan pas berangkat batre tinggal 6% …… wwwkkkwkwk … saya sering tuh …..

HAZARD LAMP

menurut filososi -nya…. lampu Hazard adalah lampu darurat yang memang hanya dinyalakan saat darurat …. nah di Fazzio ini juga sudah tersemat sekalian lho ….. ajibnya ini fitur yang biasa ada di motor mahal sudah nyempil ada disini.

Sob ….. anu ….. sekian dulu nggih artikel nya …. masih banyak kok fitur fitur ajib si Fazzio ini yang InshaAllah akan kita bahas minggu depan …… soalnya lebih afdol jika membahas motor ini disambi tesride yang lebih mendalam ….. sehingga explore motor bisa lebih luas lagi.

salam lemperrr …..

eh….

salam ggasss pppuuooolllll …….

Info Harga Yamaha Fazzio di kota malang :

Type Neo 23.450jt
Type Lux 23.770

wassalamu’alaikum wr wb

3 thoughts on “Launching Yamaha Fazzio “fun & style””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s