Category Archives: Uncategorized

apa itu SWDKLJJ ???

COBA BACA DAN LIHAT STNK ANDA, Apa Kegunaan SWDKLLJ? Pernah mendengar/membaca SWDKLLJ ? coba rekan2 cermati STNK kendaraan. Saat kita membayar pajak kendaraan otomatis kita akan dikenai biaya SWDKLLJ. Terus SWDKLLJ apakah itu ? kegunaannya untuk apa ? SWDKLLJ yaitu kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Nah dengan membayar SWDKLLJ masing-masing bayar pajak kendaraan, otomatis diri kita tercatat ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja. Besarnya tarif SWDKLLJ tergantung dari tipe kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s. d. 250 cc akan dikenai tarif Rp 35rb. Sedang untuk jenis sedan, jip dan lain-lain sebesar Rp143 rb. Kegunaan yang didapat dari SWDKLLJ yaitu kita memperoleh perlindungan asuransi bila berjalan kecelakaan jalan raya. Besarnya santunan yang diperoleh oleh Jasa Raharja berdasar pada Ketetapan Menteri Keuangan RI No 36/PMK. 010/2008 dan 37/PMK. 010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yaitu : – Meninggal Dunia, sebesar Rp 25 juta – Cacat (Maksimal), sebesar Rp 25 juta – Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp10 juta – Biaya Penguburan, sebesar Rp. 2 juta Bagaimana caranya dapatkan santunan ? 1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat. 2. Isi formulir ajukan dengan memasukkan (laporan kecelakaan dari pihak kepolisian atau pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter, KTP/jati diri korban/ahli waris korban). 3. Jika korban luka2 jadi dilampirkan kwitansi biaya perawatan & pengobatan yang asli sedang jika meninggal dunia jadi dibutuhkan Kartu Keluarga atau Surat Nikah. 4. Hak santunan jadi tidak berlaku bila mengajukan lebih dari 6 bulan. sejak mulai terjadinya musibah atau tak diakukan penagihan kurun waktu 3 bln, sejak mulai hak santunan di setujui oleh Jasa Raharja. Oh ya, santunan ini diberikan tidak cuma pada seseorang/pengemudi tapi juga berlaku pada berapa penumpang yang turut jadi korban kecelakaan. Jadi kita harus tahu hak kita & jangan pernah terlambat memprosesnya !! Kirim ke teman dan keluarga anda semoga bermanfaat, Karena tidak pernah ada sosialisasi Soal ini..“`✌✌✌✌✌ Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 dan 16 /PMK.10/2017 Tanggal 13 Februari 2017 Meninggal dunia (ahlij waris) naik dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. – Cacat tetap naik dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. – Biaya perawatan luka-luka maksimal naik dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta. – Penggantian biaya P3K dari tidak ada menjadi Rp 1 juta. – Penggantian biaya ambulans dari tidak ada menjadi Rp 500 ribu. – Biaya penguburan (jika tidak ada ahli waris) naik dari Rp 2 juta menjadi Rp 4 juta. Kita semua wajib tahu .. karena ada haknya… Semoga bermanfaat…👍👍👍 ” mohon di share “

Advertisements

Panduan Lengkap Cara Membuat Android Lebih Cepat, Responsif dan Enak Digunakan

Panduan Lengkap Cara Membuat Android Lebih Cepat, Responsif dan Enak Digunakan

oleh Aplikanologi.

Banyak orang beranggapan Android itu lelet atau nggak responsif sehingga kurang nyaman digunakan, awalnya sih nyaman-nyaman aja, tapi lama-lama rasanya kok semakin berat aja. Mau buka Aplikasi Facebook aja loadingnya setengah menit, belum lagi kalo buka aplikasi Instant Messenger yang notifikasinya sampai ratusan setiap jamnya.

Ah, sebenarnya itu kan bisa dibenerin, sebagai pengguna smartphone tentu kita harus sadar bahwa sistem operasi yang digunakan terus menerus akan menghasilkan banyak file sampah, dan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan juga akan memperlambat jalannya Android.

Kita harus merawat smartphone Android agar tetap responsif dan nyaman digunakan setiap hari, bisa memakai bantuan aplikasi dan bisa juga memakai cara manual. Secara nggak sadar kita sering membiarkan beberapa perangkat yang tak terpakai tetap dalam keadaan aktif, seperti Bluetooth, Wifi, GPS, dan lain sebagainya. Oh, dan jangan lupa, file-file sampah juga bisa menyebabkan Android jalannya jadi kurang responsif.

Nggak pengen pakai Android yang lambat kan? Simak deh panduan lengkap cara membuat Android lebih cepat, responsif dan nyaman digunakan berikut ini.

Mematikan Semua Animasi di Android.

Mematikan animasi bisa jadi pilihan tepat juga buat pengguna gadget kelas menengah ke bawah, soalnya dengan kemampuan prosesor dan memory yang pas-pasan animasi malah bikin emosi. Begini cara matiin semua animasi di Android, simaklah dengan sepenuh hati.

  1. Masuk ke Settings -> Developer options.
  2. Cari pilihan Window Animation Scale, lalu matikan.
  3. Cari pilihan Transition Animation Scale, lalu matikan juga.
  4. Terakhir, cari pilihan Animator Duration Scale, lalu matikan.
Mematikan Animasi

Bersihkan Cache Aplikasi.

Sudah menjadi hal yang biasa bagi para pengguna sistem operasi apapun untuk membersihkan file cache dari memory, termasuk Android. Sistem cache bertujuan untuk mempercepat proses, tapi lama kelamaan file cache itu akan memenuhi memory smartphone. Padahal sering kali file itu hanya sekali dipakai, setelah itu menjadi sampah yang kalau tidak dihapus akan mengotori memory.

Sebelum Android 4.2, sistem operasi mobile ini nggak punya fitur bawaan untuk menyelesaikan masalah ini. Para pengguna harus meggunakan aplikasi tambahan untuk menemukan filenya dan menghapusnya. Akhirnya fitur penting ini muncul di Android 4.2, cukup dengan beberapa kali tap semua cache akan musnah dari muka bumi.

Caranya masuk ke Settings -> Storage. Di situ ada beberapa kategori file, silakan pilih “Cached data”, lalu akan muncul sebuah kotak dialog yang menawarkan pembersihan file cache, pilih “OK” saja. Fitur ini akan menghapus semua file cache yang dihasilkan oleh aplikasi yang terinstal.

 

Membersihkan Cache Memory

 

Cara lain untuk dapat membersikan memory chace, dengan memakai bantuan aplikasi pembersih cache, nah kalo yang ini kamu bisa pilih-pilih aplikasi mana aja yang mau dibersihkan cache-nya. Tim Aplikanologi akan merekomendasikan beberapa aplikasi pembersih memory yang dapat kamu pilih dan kamu Install:

  1. Cache Cleaner: Aplikasi ini akan mengindex semua aplikasi dan mendeteksi semua cache dari aplikasi-aplikasi tersebut. Kamu bisa menghapus semuanya sekaligus dalam satu klik, bisa juga pilih-pilih aplikasi apa saja yang mau dibersihkan. Cache Cleaner nggak menyediakan pengaturan sama sekali, cuma ada dua pilihan yang tadi itu. Tampilannya intuitif, navigasinya tinggal geser kanan dan kiri saja. Soal performa juga bagus, proses dari pengindexan sampai pembersihan cepat.
  2. AVG Memory & Cache Cleaner: AVG Memory & Cache Cleaner ini mampu membersihkan file sampah berupa history dari browser, downloads, clipboard, dll. Bahkan bisa juga buat membersihkan catatan panggilan dan SMS. Enaknya aplikasi ini bisa otomatis membersihkan secara berkala, pilihannya bisa setiap hari atau setiap minggu dan kamu bisa bisa pilih apa saja yang mau dibersihkan secara otomatis.
  3. History Eraser: Fitur utamanya adalah membersihkan jejak dari berbagai aktivitas di Android, yang bisa dibersihkan antara lain : History Browser, Panggilan, Clipboard, Cache Aplikasi, SMS, MMS, dan pencarian Google Maps, Google, Youtube, dan Gmail.
  4. Android System Cleaner: Aplikasi ini punya 4 pilihan pembersihan, Process Clean, Cache Clean, History Clean, dan App 2 SDSs. Beberapa hal yang bisa dibersihkan oleh aplikasi ini antara lain : Cache Aplikasi, Proses Sistem, History Browser, Clipboard, jejak panggilan, dan jejak pencarian Gmail, Google, Google Maps dan Play Store.
  5. Smart Cleaner: Aplikasi ini mengijinkan kamu buat menentukan aplikasi-aplikasi yang nggak boleh disentuh oleh aplikasi pembersih ini. Karena tampilan utamanya memang beda, kamu nggak diberi memilih aplikasinya. Yang bisa dibersihkan oleh Smart Cleaner antara lain : Cache Aplikasi, Temporary Internet Files, History Browser, Proses Sistem, Jejak Pencarian, dan file yang pernah didownload.

Mengoptimalkan RAM.

Random Access Memory atau sering disebut RAM adalah barang yang sering dianggap bertanggungjawab atas kelemotan yang terjadi pada smartphone Android. Nasibnya sama seperti prosesor, hehe. Bedanya, RAM lebih bisa dioptimalkan kinerjanya tanpa proses rooting.

Maksudnya begini, aplikasi yang berjalan di Android nggak serta merta langsung terhapus dari RAM ketika dimatikan. Hal inilah yang sering jadi penyebab Android jadi lemot. Cara ngeceknya gampang, silakan buka Settings -> Apps lalu pilih tab Running, di situ terlihat aplikasi apa saja yang mengisi RAM.

Biar gampang mengelola RAM-nya kamu pakai aja aplikasi yang memang dirancang khusus buat membebaskan RAM yang nggak terpakai tapi nggak bisa dipakai juga, semacam terbelenggu gitu. Silakan coba aplikasi Clean Master, aplikasi ini banyak direkomendasikan para pengguna Android.

Mengoptimalkan RAM dengan DU Speed Booster

Pada dasarnya, untuk mendapatkan performa Android secara maksimal memang butuh spesifikasi hardware yang tinggi, tapi dengan mematikan animasi, membersihkan file sampah, memaksimalkan penggunaan RAM, dan beberapa pengoptimalan lainnya, bisa menjadi solusi selain harus mengganti Smartphone Android ke tingkatan yang lebih baru.

Selain itu, ada beberapa tips lain yang layak kamu simak. Berikut tipsnya:

Memperbaiki Push Notifications (ROOT).

Push notifications punya mekanisme yang memungkinkan kamu untuk menerima sebuah update informasi tanpa harus menunggu waktu refresh aplikasi. Misalnya email, kamu akan mendapatkan notifikasi email baru sesaat setelah ada email baru masuk dalam inbox, hampir real-time. Masalah yang sering muncul adalah keterlambatan, kayak pacar aja telat jemput pas malem mingguan. 😐

Keterlambatan itu bisa diperbaiki lho, nggak perlu ke konsultan percintaan, cukup install sebuah aplikasi bernama Push Notifications Fixer (PNF). Udah ketahuan dari namanya, fungsi utama dan satu-satunya adalah mempercepat datangnya notifikasi biar makin terasa push-nya.

Push Notification

Aplikasi ini mengubah nilai interval heartbeat smartphone, itu cuma istilah untuk tingkat kepekaan smartphone untuk menerima notifikasi yang dikirim dari server. Secara default, Android memasang interval heartbeat di 28 menit untuk koneksi data dan 15 menit untuk koneksi Wifi. Nilai interval ini silakan diubah jadi makin kecil, mentoknya sih 1 menit, tapi itu akan menyebabkan baterai cepat habis.

Mempercepat Kinerja Google Now.

Android Jelly Bean dilengkapi dengan Google Now, sebuah mesin pencari yang menyajikan hasil pencariannya dengan cara yang lebih menarik dan nyaman di Android. Kamu bisa mencari apapun dengan Google Now, seperti mencari dengan website Google. Menariknya, Google Now mampu mencari sesuatu yang ada di dalam smartphone kamu, seperti nama aplikasi, kontak, dan bahkan email.

Ada banyak aplikasi yang mendukung pencarian Google Now, tapi justru inilah yang kadang membuat Google Now berjalan lambat. Contoh kasusnya ketika kamu memasukkan kata yang mau dicari di Google, tapi Google Now juga mencarinya di memory smartphone. Hal seperti inilah yang perlu dioptimalkan.

Untuk pencarian dalam smartphone, sebenarnya bisa diatur aplikasi apa saja yang mau dimasukkan dalam daftar pencarian Google Now. Semakin sedikit aplikasi yang dicentang, maka semakin cepat kinerja Google Now. Cara mengurangi daftar aplikasinya bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Google Now, pilih tombol menu dan pilih Settings.
    insert google now setting.
  2. Pilih Phone search, hilangkan centang pada aplikasi yang nggak diinginkan.
    insert google now setting 2.

Setelah itu niscaya Google Now akan bekerja lebih cepat.

Membersihkan File Yang Terdownload di WhatsApp.

Berkomunikasi dengan WhatsApp ternyata menyisakan banyak file, karena teman-teman kamu pasti sering banget kan berbagi gambar,suara atau bahkan video. Nah, semuanya itu kalau mau dilihat harus disimpan dulu ke memory hape, dan semuanya akan jadi file sampah ketika nggak terpakai lagi. Duh, lama-lama memory bisa penuh gara-gara WhatsApp-an tiap hari.

Semua file itu bisa dibersihkan dengan cara manual, cari filenya satu per satu lalu dihapus, tapi cara ini akan menghabiskan waktu berharga kamu. Bisa berjam-jam kamu habiskan cuma buat ngutak-atik WhatsApp. Coba deh pakai aplikasi WCleaner, ini akan mempercepat proses bersih-bersih file sampah dari WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp Cleaner

 

Jenis file yang bisa dideteksi oleh WCleaner antara lain: gambar, suara, video, dan backups. Ketika membuka aplikasi ini semua file itu akan otomatis terdeteksi, kamu bisa langsung hapus semuanya atau mau dipilih-pilih dulu juga boleh. Waktu memilih file ada previewnya, jadi jangan khawatir salah hapus.

Jika semua hal di atas udah kamu lakukan tapi Android masih terasa berat dan nggak nyaman digunakan, trik pamungkas yang sering saya lakukan adalah melakukan factory data reset, hal ini bisa kamu lakukan lewat menu Settings -> Backup & Reset lalu pilih Factory data reset.

Namun patut diingat dan diketahui dengan seksama, bahwa cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memory hape dan mengembalikan semua pengaturan ke default, yaitu sama dengan waktu kamu beli hape baru. Ada yang kurang nggak ya? Kalo kamu punya pertanyaan jangan segan untuk mengungkapkannya ke Kak Tania ya, klik aja url link berikut ini, TANYA TANIA.

Harga sparepart motor Kawasaki January 2012

Kawasaki Blitz Joy
Kampas Rem Depan
90.000

Kawasaki Blitz Joy
Kampas Rem Belakang
35.000

Kawasaki Blitz Joy
Kampas Kopling Set (per lembar)
33.000

Kawasaki Blitz Joy
Saringan Udara
15.000

Kawasaki Blitz Joy
Saringan Oli
13.000

Kawasaki Blitz Joy
Rantai Roda
115.000

Kawasaki Blitz Joy
Sproket Depan
55.000

Kawasaki Blitz Joy
Sproket Belakang
125.000

Kawasaki Blitz Joy
Piston
105.000

Kawasaki Blitz Joy
Ring Piston
120.000

Kawasaki Blitz Joy
Kabel Gas
21.000

Kawasaki Blitz Joy
CDI
300.000

Kawasaki Blitz Joy
Bohlam Lampu Depan
20.000
Kawasaki Blitz Joy
Bohlam Lampu Belakang
26.000

Kawasaki Blitz Joy
Bohlam Lampu Sein
10.000

Kawasaki Blitz Joy
Sokbreker Depan
563.000

Kawasaki Blitz Joy
Sokbreker Belakang
17.000

Kawasaki Blitz Joy
Paking Kepala Silinder
19.000

Kawasaki Blitz Joy
Paking Kopling (per buah)
19.000

Kawasaki Blitz Joy
Gasket Karburator
9.000

Kawasaki Blitz R
Kampas Rem Depan
90.000

Kawasaki Blitz R
Kampas Rem Belakang
35.000

Kawasaki Blitz R
Kampas Kopling Set (per lembar)
33.000

Kawasaki Blitz R
Saringan Udara
15.000

Kawasaki Blitz R
Saringan Oli
13.000

Kawasaki Blitz R
Rantai Roda
115.000

Kawasaki Blitz R
Sproket Depan
45.000

Kawasaki Blitz R
Sproket Belakang
125.000

Kawasaki Blitz R
Piston
85.000

Kawasaki Blitz R
Ring Piston
110.000

Kawasaki Blitz R
Kabel Gas
21.000

Kawasaki Blitz R
Kabel Rem
93.000

Kawasaki Blitz R
CDI
300.000

Kawasaki Blitz R
Bohlam Lampu Depan
20.000

Kawasaki Blitz R
Bohlam Lampu Belakang
26.000

Kawasaki Blitz R
Bohlam Lampu Sein
10.000

Kawasaki Blitz R
Sokbreker Depan
563.000

Kawasaki Blitz R
Sokbreker Belakang
170.000

Kawasaki Blitz R
Paking Kepala Silinder
19.000

Kawasaki Blitz R
Paking Kopling (per buah)
19.000

Kawasaki Blitz R
Gasket Karburator
9.000

Kawasaki Edge
Filter Udara
15.000

Kawasaki Edge
Kampas Rem Depan
35.000

Kawasaki Edge
Kampas Rem Belakang
18.000

Kawasaki Edge
Rantai
75.000

Kawasaki Edge
Gir Depan
42.500

Kawasaki Edge
Gir Belakang
65.000

Kawasaki Edge
Bohlam Depan
38.000

Kawasaki Edge
Bohlam Belakang
38.500

Kawasaki Edge
Kabel Gas
26.000

Kawasaki Edge
Kampas Kopling
99.000

Kawasaki Edge
Piston
70.000

Kawasaki Edge
Ring Piston
84.000
Kawasaki Kaze E & R
Kampas Rem Depan
90.000

Kawasaki Kaze E & R
Kampas Rem Belakang
32.000

Kawasaki Kaze E & R
Kampas Kopling Set (per lembar)
25.000

Kawasaki Kaze E & R
Saringan Udara
25.000

Kawasaki Kaze E & R
Saringan Oli
15.000

Kawasaki Kaze E & R
Rantai Roda
13.000

Kawasaki Kaze E & R
Sproket Depan
55.000

Kawasaki Kaze E & R
Sproket Belakang
45.000

Kawasaki Kaze E & R
Piston
58.000

Kawasaki Kaze E & R
Ring Piston
28.000

Kawasaki Kaze E & R
Kabel Gas
28.000

Kawasaki Kaze E & R
Kabel Rem
230.000

Kawasaki Kaze E & R
CDI
25.000

Kawasaki Kaze E & R
Bohlam Lampu Depan
45.000

Kawasaki Kaze E & R
Bohlam Lampu Belakang
10.000

Kawasaki Kaze E & R
Bohlam Lampu Sein
9.000

Kawasaki Kaze E & R
Sokbreker Depan
840.000

Kawasaki Kaze E & R
Sokbreker Belakang
14.000

Kawasaki Kaze E & R
Paking Kepala Silinder
22.000

Kawasaki Kaze E & R
Paking Kopling (per buaah)
20.000

Kawasaki Kaze E & R
Gasket Karburator
9.000

Kawasaki Ninja 150
Kampas Rem Depan
130.000

Kawasaki Ninja 150
Kampas Rem Belakang
130.000

Kawasaki Ninja 150
Kampas Kopling Set (per lembar)
60.000

Kawasaki Ninja 150
Saringan Udara
45.000

Kawasaki Ninja 150
Rantai Roda
200.000

Kawasaki Ninja 150
Sproket Depan
45.000

Kawasaki Ninja 150
Sproket Belakang
69.000

Kawasaki Ninja 150
Piston
192.000

Kawasaki Ninja 150
Ring Piston
98.000

Kawasaki Ninja 150
Kabel Gas
48.000

Kawasaki Ninja 150
Kabel Kopling
29.000

Kawasaki Ninja 150
CDI
90.000

Kawasaki Ninja 150
Bohlam Lampu Sein
27.000

Kawasaki Ninja 150
Sokbreker Depan
450.000

Kawasaki Ninja 150
Paking Kepala Silinder
21.000

Kawasaki Ninja 150
Paking Kopling (per buah)
30.000

Kawasaki Ninja 150
Gasket Karburator
32.000

Kawasaki Ninja RR 250
Kampas Rem Depan
205.000

Kawasaki Ninja RR 250
Kampas Rem Belakang
205.000
Kawasaki Ninja RR 250
Kampas Kopling Set (per lembar)
80.000

Kawasaki Ninja RR 250
Saringan Udara
45.000

Kawasaki Ninja RR 250
Rantai Roda
1.150.000

Kawasaki Ninja RR 250
Sproket Depan
45.000

Kawasaki Ninja RR 250
Sproket Belakang
96.000

Kawasaki Ninja RR 250
Piston
200.000

Kawasaki Ninja RR 250
Ring Piston
98.000

Kawasaki Ninja RR 250
Kabel Gas
50.000

Kawasaki Ninja RR 250
Kabel Rem
33.000

Kawasaki Ninja RR 250
CDI
360.000

Kawasaki Ninja RR 250
Bohlam Lampu Belakang
38.000

Kawasaki Ninja RR 250
Bohlam Lampu Sein
14.000

Kawasaki Ninja RR 250
Sokbreker Depan
2.542.000

Kawasaki Ninja RR 250
Sokbreker Belakang
2.542.000

Kawasaki Ninja RR 250
Paking Kepala Silinder
108.000

Kawasaki Ninja RR 250
Paking Kopling (per buah)
50.000

Kawasaki Ninja RR 250
Gasket Karburator
78.000

Kawasaki ZX 130
Kampas Rem Depan
130.000

Kawasaki ZX 130
Kampas Rem Belakang
25.000

Kawasaki ZX 130
Kampas Kopling Set (per lembar)
25.000

Kawasaki ZX 130
Saringan Udara
12.000

Kawasaki ZX 130
Saringan Oli
12.000

Kawasaki ZX 130
Rantai Roda
13.000

Kawasaki ZX 130
Sproket Depan
115.000

Kawasaki ZX 130
Sproket Belakang
45.000

Kawasaki ZX 130
Piston
55.000

Kawasaki ZX 130
Ring Piston
65.000

Kawasaki ZX 130
Kabel Gas
84.000

Kawasaki ZX 130
Kabel Rem
25.000

Tour ke Bromo : GAGAL TOTAL !!!!!!

.
Ceritanya tuh ada temen mampir ke rmh dan berhubung dirumah jg kebetulan lg jadi bujangan, akhirnya ya dibikinlah rencana mendadak untuk iseng-iseng touring ke Bromo lewat dkt rumah, yaitu melewati medan purwodadi-gerbo-nongkojajar-pananjakan bromo. Sama sekali tdkada persiapan !! dan mungkin itulah kelemahan di kami. Karena saya merasa motor jg biasa-biasa aja, tiap hari juga bwt gawe is no problemo !!! ngga pernah yg namanya mogok (kecuali pas keabisan bensin…..heheheh ! ).
Sekilas ttg kendaraan yg dipakai ialah Honda win MCB100 thn rakitan 2000 kondisi standart tapi kombinasi gear depan belakang yg termasuk berat. Bayangkan !!! Gear sproket depan belakang standart Win adalah 14-41 mata, krn saya merasa torsi Honda Win ini lumayan besar, maka saya bulatkan tekad untuk memperberatnya dg kombinasi 14-36 (hehehehe…… turun-nya banyak ) dgn asumsi saya tidak perlu main di rpm besar untuk jalan shg bisA mEmPERIrit bbm dan ini terbukti !!! dan bonusnya speed bisa nambah !! Pd keadaan normal motor ini sangat irit dan bisa sampai 1 liter untuk 50 s/d 70km untuk rute jalan biasa,dulu saat saya bawa ddari Jogja ke malang lewat jalur Pujon Batu malah menempuh rekor hanya habis premium 4,5 liter . Saya juga sadar senyadar-nyadarnya kalo perbandingan gear yg berat juga akan menyiksa motor saat membawa beban apalagi sewaktu menempuh jalan tanjakan !!! Tapi saya juga yakin se-yakin2-nya kalo torsi motor akan sangat menolong !!
Dan dg kepedean yg tinggi tanpa ba-bi-bu-du-bi-du-bi-da kami berdua berangkat berboncengan !!
Rute 5 km pertama lancar jaya, trek Purwodadi – cowek yg tanjakanya lumayan ditempuh dg gigi 2 & 3 !!!
Nah, ini nih !! begitu melewati km berikutnya ada yg aneh dg ini motor , setiap jalan 100 meter kok mbrebet-2 dan MOGOK !! tapi saat di kickstarter ya nyala lagi, seperti itu berulang-ulang !! akhirnya dg “semakin pasrah” kami bikin analisa :
1. Bensin tdk lancar ! shg yg kita tuduh adlh filter bensin ,solusi : cabut !! SEMENTARA TANPA FILTER !!!
2. wEladalah !!! tyt kok idem !!! samaaja, kondisi smsekali tdkberubah !!! kmdn judge berlajut ke karburator ( mungkn kotor )  dan solusi : bongkarrrrrrrr !!! bersih sana – bersih sini – bersih situ – sebal sebul bah !!! buh !!! atur pelampung untuk ditinggikan ( bisa aja to krn bensin di mangkuk bensin terlalu sedikit ) dan pasang dehhhh !!! begitu dicoba …… lhoh kok tetep ??? tanda tanya diotak kamipun semakin membesardan menggelembung !!!
3. Analisa berlanjut !! menurut pengalaman bisa aja to krn fungsi coil yg sudah sekarat !! jadi setiap jalan bbrp lama dia jadi kacaw fungsi kerjanya karena terkena sindrom panas !! akhirnya kamipun menyerah dan turun kembali kerumah sambil nyari yg jualan coil. Di deket pertigaan Purwodadi tyt ada toko  spareparts yg buka dan kamipun nyamperin. Adanya coil punya GL Neotech yg seharga 25rb buatan Thailand, mau ngga mau ya ok deh dibungkusssss !!! ( murah amir ?? ).

Sesampai di rumah lsg bongkar sana sini situ mulai dari tanki sampai jok motorpun ikut dilepas. Kemudian cari tempat untuk pasang coil baru krn dudukan baut koil lama dan yg baru berbeda. krn tdk nemu juga akhirnya ditaruh deh tu koil dibawah jok !! Untung kabel ke busi msh nyampe. Koil lamapun dilengserkan dan saat ngambil chop busi di koil lama tiba-tiba dada kami nyesek buangettttt !!!!!!!!!!! weladalahhhhh……… ternyata titik join kabel busi ke chop busi sudah keropos dan sudah patah pula !!! siaaalllll ……. tiwas beli koil tyt biang keladi masalah hanya seputar chop busi doang !!! asemkecutgulolegisingpaitbrotowali !!!!
Ya Tuhan, tabahkanlah hati hambamu ini yg kurangteliti jadi montir jalanan !!! hehehe………

 

Tour ke Bromo : GAGAL TOTAL !!!!!!

.
Ceritanya tuh ada temen mampir ke rmh dan berhubung dirumah jg kebetulan lg jadi bujangan, akhirnya ya dibikinlah rencana mendadak untuk iseng-iseng touring ke Bromo lewat dkt rumah, yaitu melewati medan purwodadi-gerbo-nongkojajar-pananjakan bromo. Sama sekali tdkada persiapan !! dan mungkin itulah kelemahan di kami. Karena saya merasa motor jg biasa-biasa aja, tiap hari juga bwt gawe is no problemo !!! ngga pernah yg namanya mogok (kecuali pas keabisan bensin…..heheheh ! ).
Sekilas ttg kendaraan yg dipakai ialah Honda win MCB100 thn rakitan 2000 kondisi standart tapi kombinasi gear depan belakang yg termasuk berat. Bayangkan !!! Gear sproket depan belakang standart Win adalah 14-41 mata, krn saya merasa torsi Honda Win ini lumayan besar, maka saya bulatkan tekad untuk memperberatnya dg kombinasi 14-36 (hehehehe…… turun-nya banyak ) dgn asumsi saya tidak perlu main di rpm besar untuk jalan shg bisA mEmPERIrit bbm dan ini terbukti !!! dan bonusnya speed bisa nambah !! Pd keadaan normal motor ini sangat irit dan bisa sampai 1 liter untuk 50 s/d 70km untuk rute jalan biasa,dulu saat saya bawa ddari Jogja ke malang lewat jalur Pujon Batu malah menempuh rekor hanya habis premium 4,5 liter . Saya juga sadar senyadar-nyadarnya kalo perbandingan gear yg berat juga akan menyiksa motor saat membawa beban apalagi sewaktu menempuh jalan tanjakan !!! Tapi saya juga yakin se-yakin2-nya kalo torsi motor akan sangat menolong !!
Dan dg kepedean yg tinggi tanpa ba-bi-bu-du-bi-du-bi-da kami berdua berangkat berboncengan !!
Rute 5 km pertama lancar jaya, trek Purwodadi – cowek yg tanjakanya lumayan ditempuh dg gigi 2 & 3 !!!
Nah, ini nih !! begitu melewati km berikutnya ada yg aneh dg ini motor , setiap jalan 100 meter kok mbrebet-2 dan MOGOK !! tapi saat di kickstarter ya nyala lagi, seperti itu berulang-ulang !! akhirnya dg “semakin pasrah” kami bikin analisa :
1. Bensin tdk lancar ! shg yg kita tuduh adlh filter bensin ,solusi : cabut !! SEMENTARA TANPA FILTER !!!
2. wEladalah !!! tyt kok idem !!! samaaja, kondisi smsekali tdkberubah !!! kmdn judge berlajut ke karburator ( mungkn kotor )  dan solusi : bongkarrrrrrrr !!! bersih sana – bersih sini – bersih situ – sebal sebul bah !!! buh !!! atur pelampung untuk ditinggikan ( bisa aja to krn bensin di mangkuk bensin terlalu sedikit ) dan pasang dehhhh !!! begitu dicoba …… lhoh kok tetep ??? tanda tanya diotak kamipun semakin membesardan menggelembung !!!
3. Analisa berlanjut !! menurut pengalaman bisa aja to krn fungsi coil yg sudah sekarat !! jadi setiap jalan bbrp lama dia jadi kacaw fungsi kerjanya karena terkena sindrom panas !! akhirnya kamipun menyerah dan turun kembali kerumah sambil nyari yg jualan coil. Di deket pertigaan Purwodadi tyt ada toko  spareparts yg buka dan kamipun nyamperin. Adanya coil punya GL Neotech yg seharga 25rb buatan Thailand, mau ngga mau ya ok deh dibungkusssss !!! ( murah amir ?? ).

Sesampai di rumah lsg bongkar sana sini situ mulai dari tanki sampai jok motorpun ikut dilepas. Kemudian cari tempat untuk pasang coil baru krn dudukan baut koil lama dan yg baru berbeda. krn tdk nemu juga akhirnya ditaruh deh tu koil dibawah jok !! Untung kabel ke busi msh nyampe. Koil lamapun dilengserkan dan saat ngambil chop busi di koil lama tiba-tiba dada kami nyesek buangettttt !!!!!!!!!!! weladalahhhhh……… ternyata titik join kabel busi ke chop busi sudah keropos dan sudah patah pula !!! siaaalllll ……. tiwas beli koil tyt biang keladi masalah hanya seputar chop busi doang !!! asemkecutgulolegisingpaitbrotowali !!!!
Ya Tuhan, tabahkanlah hati hambamu ini yg kurangteliti jadi montir jalanan !!! hehehe………