Category Archives: umum

Yamaha FreeGo S : Cara mudah & aman pake keyless

Siang dabb….

Jika kamu tau Yamaha FreeGo … Maka apakah kamu tau juga kalo yg versi S punya kecanggihan ABS dan kunci Keyless !? Jika ABS bikin kamu ngga ngesot saat ngerem mendadak …. Maka beruntunglah para angkot & emak2 alay yg suka rem mendadak. Ingat !!! Fungsi rem sebenarnya ialah untuk memperlambat laju kendaraan, bukan untuk menghentikan kendaraan , apalagi menghentikan mantan mencintaimu …. Camkan itu kisanak !

Baca juga : Review Yamaha FreeGo

Lha lalu ….. Keyless buat apa cynnn ?

Kunci Keyless ini secara metamorfologi adalah kunci tanpa kunci …. Jadi secara harfiah ngga punya anak kunci, tetapi secara batiniah ini maksudnya sama dg hati mantan yg sdg kamu kunci… !!

Tentu ini akan menguntungkan pemilik hati dan merugikan para pencuri hati . Apakah aman 100% ..? Sementara ini iyah .. Selama pencurinya blm canggih ! Dan msh bawa kunci T

Tapiiii… Nobody’s perfect !

Justru ketidak amanan bisa dr user ITU sendiri. Misal : remot hilang !! Entah jatuh atau nyemplung got …. Mengatasinya ialah bawa kode kunci yg disertakan saat pembelian ke dealer, bisa kok diurus !

Kemudian, bisa jg Dari kerusakan keyless yg ditimbulkan user ! Entah ITU keinjek truk atau apalah … Diantaranya ya pemakaian knop Keyless yg disamakan dg knop kompor gas… Asal puter dan muteernya ngaasal. Nah, untk mencegah ini teerjadi, simak yuk video beerikut ini :

https://youtu.be/oDT7I1vBiCM

Intinya ialah putaran knop keyless TDK boleh dipaksa ! Tahapannya ialah On – open – off – push tuk kunci setang.

Puter kanan : on open off bisa langsung kemudian tekan sambil diputar untuk ngunci stang.

Jika Dr posisi ngunci stang , Maka :

Puter ke kiri :

1. Tekan sambil puter ke kiri “off” = release kunci stang

2. Nah.. Ini… Dr off Jangan lsg ke open, tp tekan bentar sampai bunyi “tek” atau lampu tanda kunci menyala Maka rasakanlah mudahnya Dr off ke open ( berlaku sebaliknya )

3. Selanjutnya mudah saja bisa lsg.

Oke dabb .. Semoga bisa jelas sejelas2kan …. Semoga bisa bermanfaat dan sukses selalu untk anda …

Advertisements

Kymco j2k : filter udara unik !

Assalamu’alaikum wr wb

Selamat pagi sobat biker, selamat berpuasa bagi yg menjalankan dan selamat menfhormati yg puasa bagi yg tidak puasa.

Sebelumnya, sy ingin memberi fakta kpd sodara semua ttg j2k lansiran th 2000 ini, sekaligus keunggulan dibanding metik jaman now :

1. Tanki bbm 6 ltr, model lbh baru tanki dpn

2. Bagasi lega ( helm fullface masuk )

3. fc 1:40 rata2

4. Kelistrikan full dc

5. Karbu : vm autochoke

6. Part substitusi : rem dpn thunder, rem blakang vario/beat, aki ninja 250

sekian lamanya kymco jetmatic trend 2000 ( disingkat j2k ) ini berada digarasi saya, terus terang sy ngga pernah yg namanya bongkar dan bersihin filter udaranya. Memang bbrp kali mogok sih… tp kebanyakan krn kehabisan bensin. Sehingga suatu masa, sy menxoba open filter yang ttyt napasnya membuat lebih panjang si j2k ini. Lama lama keenakan open filter sampai sy lupa entah kpn bongkar dan bersih2 karbu… Swhingga pada masanya saya seperti di “keplak” sama j2k ini …. Tepatnya pas mau ke warung beli sabun mandi buat anu. Padahal jarak ke warung cm bbrp puluh mtr …. dan itupun brangkatnya normal aja ….. good good saja … Lha dalah….. pulang dr warung kok gamau di stater ! Semprul tenan….

Sempet copot jok + bagasi buat liat karbu ( jgn bayangin metic jepang yg susyeeeee…. itu ). Lha ketika jemari ini nguthik2 lobang karbu kok ktemu lumpur … FIX !!! ini karbu kudu di bongkar !!! ( dan mendoronglah sy kerumah bbrp puluh meter itu ).

Sesampai dirumah , bongkar gudang dan box filternya masih cantik terparkir di rak nomer duwa. Pikir sy, skalian bongkar ah ….. buat bersihin busa filternya …. ( th segitu blm musim filter kertas ).

Pertama sih bongkar karbu …. Sy skip aja certanya krn tdk ada kepentingan yg berwajib. Pokoke karbu beres dan sdh nangkring di mesin.

Kedua , bongkar box filter…. Nah disitu sy agak kaget !!! Tyt filternya DUA sodara2 ….. Filter utama pake kertas, kemudian masih dilapisi busa … Jiannn ora umum memang metic cina yg nggak Dr cina ini …. Hihihi …..

SilAkan liat Pict INI… Jiannn dalemannya msh buerzsihhh…. SAlAm kuku ireng !

Kesimpulan yg bisa sy ambil adalah : dg dobel filter, tyt umur filter kertas jauh lebih awet…. Dan yg busa masih bisa dicuci bolak balik ! Jadi awetnya dobel …. !!!! Bagemana ??? Ora umum kan ? Kata org jawa “ono rego ono rupo” dan metik ini memang dulu harganya jauh melampaui motor bebek yg lagi in , bahkan metic jepang skalipun ( awal kluar mio ). Hampir setara lah sama harga motor sport batangan jmn itu ….

Sayangnya box filternya urung sy pasang, krn baut ddudukan filter yg nancep ke mesin patah di dalam… Jadi ? Entahlah…. Si Box ane masukin lagi gudang…. Mungkin esok cari filter racing aja kali ya ???

Waaaalamu’alaikum wr wb

JAngan kaget SIM model baru

Selamat pagi, Rek.

Buat kalian yang Surat Izin Mengemudi (SIM)-nya nggak jadi-jadi karena alasan kehabisan blanko. Sepertinya nanti kalau jadi bakal nerima SIM dengan desain baru nih. Selain desainnya yang baru, SIM ini bakal dilengkapi dengan chip dan bisa difungsikan sebagai uang elektronik. Makanya dinamakan Smart SIM.

Smart SIM memiliki warna merah putih dengan logo lantas yang invisible ink di bagian depan. Informasi data diri ditulis dengan font anti copy.

Di bagian belakang ada dua hidden image bertuliskan SIM & INA beserta microtext bertuliskan SIM.

Chip yang disematkan dalam Smart SIM ini berisi data lengkap kepentingan forensik kepolisian dan identitas pemegang SIM. Semua pelanggaran mulai ringan hingga berat bakal tersimpan di sana.

Selain itu Smart SIM ini juga bisa digunakan sebagai uang elektronik (emoney) yang bisa buat bayar tol, kereta api, dan belanja. Pemegang SIM bisa mengisi saldo maksimal Rp2 juta.

Lantas kapan SIM ini bakal diberlakukan dan kapan SIM kita jadi? 😂. Smart SIM sendiri baru bakal diluncurkan 22 September 2019 nanti. Untuk pengaplikasiannya dan distribusinya semoga segera mengikuti ya 😊

Sumber: beritagarid.

#infogresik #gresik #gresiktoday #photooftheday

BeritA lain :

https://www.kompasiana.com/supartonjw/5d5f654b097f3675a81ce062/22-september-2019-sim-baru-berlaku-di-indonesia

Kendaraan fit dengan voltage stabilizer ( bag. 2 ) DIY

sobat biker semua…. seperti yang kemarin sy janjikan pada artikel pertama

https://ompuns.wordpress.com/2018/10/18/kendaraan-fit-dengan-voltage-stabilizer-bag-1/

dan demi kebenaran dan kebaikam umat manusia …. dan sebelum negara api menyerang, maka …. saksikanlah wahai rakyat semua …. bahwa artikel kemaren dulu sengaja berlanjut hari ini ….. ( lebay lah )

sebelumnya,jika pd artikel kemaren masih ada yg blm mudeng perumpamaan kapasitor & tempat tandon air, jadi gada salahnya sekarang sy ceritakan tentang makan makan dan rumah makan aja. biasanya kalo mbahas makan makan itu gairahnya langsung naik atau napsunya bertambah …. yaa kaaann ??? semoga tertarik !

Lazimnya sebuah resto/rmh makan, tentu ada bagian dapur dan bagian meja layanan tamu. Jika tamu membutuhkan makanan, tinggal pesan dan para pelayanlah yg bolak balik dari meja ke dapur. Keliahatannya simpel, but …. coba bayangkan jika ada 20 meja, yang 10 meja meminta makanan bersamaan ???? efeknya para pelayan supersibuk ambil menu ke dapur. Nah, agar ngga keterteran,perlu nampan besar atau pelayan perlu meja dorong yg sekali jalan muat beberapa menu untuk bbrp meja sekaligus. Selain lebih cepat sampai ke meja, total waktu penyelesaian order juga lebih cepat. So ? mari kita lihat :

1. dapur = aki

2. Nampan/Meja dorong = Kapasitor dg kapasitas tertentu

3. makanan = listrik yg dipakai

4. pelayan = media pembawa ( bisa berupa kabel dsb )

5. tamu & meja = parts yg membutuhlan listrik

nampan/meja dorong besarnya disesuaikan dg rata rata banyaknya order perhari, sehingga perlu perhitungan agar tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar shg mubazir !

Sudah konek ?????

Adapun manfaat pada kendaraan dg dipasangnya kapasitor bank ( yg berfungsi jg sbg stabiliser tegangan ) adalah Prima nya part kelistrikan sehingga menyumbang perfoma keseluruhan. Bayangan diatas jadi gini : misal coil membutuhkan listrik mendadak saat dibejek… maka tenaga listrik sdh ready scr instan dari capasitor, sehingga maka jangan heran akan didapat :

  • tarikan ringan
  • otomatis bbm lbh hemat, gas ga perlu dalem
  • kelistrikan stabil ( klakson, sign, audio, dsb )
  • suara mesin dan perpindahan gigi lbh halus
  • AC lbh ringan kerjanya, jadi lbh dingin
  • dst….

dimana kesemuanya itu hanyalah efek dari bagusnya kelistrikan dan juga besarnya pengapian. Jika pada mesin diesel, konon polarisasi solar lebih baik lagi….. Coba anda pikir, jika kelistrikan tdk/kurang berpengaruh pd mesin, kenapa ada cdi racing ? knp ada tci ? kenapa ada busi dua ? ( bajaj & honda idsi ) sebab kesemuanya itu demi percikan busi yg sempurna dan stabil…. bukan hanya besar !!!

Boleh dikata gini nih : saat kita berlari keliling lapangan, maka ada saat tertentu kita kelelahan butuh charge energi , dg demikian sama aja lah spareparts elektronik di kendaraan….. semuanya ttg charge & discharge energy. Saayangnya charge & discharge energi pada accu lebih lambat drpd kapasitor….. ( sdh dijlaskan pd artikel kemarin)

ok guys….
Setelah tahu apa itu kapasitor / kondensator dan cara kerjanya…. juga efek2nya…. maka sudah saatnya kita mencoba DIY dg bahan yg murah meriah. Kali ini sy akan membuat buat spdmotor scr general ( tdk khusus motor merk tertentu ) dgn bahan dan resep sbb:

  1. kabel merah hitam
  2. sekring motor bulat
  3. solder+timah
  4. Sekun aki 2 bh
  5. solasi panas
  6. elco kapasitas 10000uF x 2 atau sebiji 20000 uF dg tegangan 50 volt
  7. colokan laki ligther mobil jika motor anda sudah ada colokan rokok elektrik.
  8. lampu led + Resistor 1 KOhm

Pada prinsipnya, bahan diatas buat 2 tipe motor, yaitu yg ada charger hp nya dan yg enggak. Yang ada soket chargernya berarti make poin 7, jika enggak poin 4 yg dipake.

Nah , rangkaian dasarnya bisa anda lihat pada skema berikut ini :

 

vs

mudah bukan ?

KENAPA SY MAKE ELCO 10.000 uF ? Karena ini adalah edisi murah meriah, dan ukuran tersebut umum ada di pasaran, maka jangan anda bandingkan dg produk2 yg beredar diluaran sana, sebab mereka tdk hanya pakai kapasitor, tapi super capacitor bahkan ultra capacitor . But …. tapi…. jangan khawatir, unjuk hasil kinerja hampir mirip ….. beti beti aja sih …. , berikut sy sertakan video test nya , anda bisa klik di channel yutub saya ” bikersoak” … oke ?

Secara umum rangkaian diatas sudah cukup untuk semua kendaraan , walau kenyataanya pada tiap kendaraan hasilnya akan berbeda ! ini dikarenakan setiap kendaraan berbeda2 kapasitas aki dan pemakaian listriknya. Jika anda ingin hasil terbaik tapi masih edisi murmer, mungkin pada artikel berikutnya anda akan saya ajak ke dunia hitung menghitung seberapa besar kapasitas kapasitor yg dibutuhkan kendaraan anda ??? tertarik ???? sy cuman bisa bilang sabarrr…. takkan lari gunung dikejar kecuali yg kembar ! clue nya adalah hitung menghitung “energi” aki berbanding kapasitas kapasitor yg dibutuhkan … satuannya bisa waatt atau joule

Ohiya, biar makin penasaran… pemasangan diatas adalah baru level satu …. level berikutnya nunggu saya semedi dulu ya…. aaaa….

clue nya adalah pemasangan kapasitor sbg powerbank aki dan sebagai peringan beban kelistrikan……

semoga anda puas dia lemas ….

ini adalah salahsatu testimoni yg udah minta dibikinin di saya , ( sudah ada box nya )

Screenshot_29

 

Tips menghadapi Debt Collector

gaess…. tenang dulu ya … jangan terprovokasi sama judul diatas …. !!!

aselinya ini saya mung dapet seliweran di wall fb ….. silakan dibaca dan disimpulkan sendiri sendiri :

Tips aman menghadapi Collector bank atau finance lembaga riba lainnya

Meskipun tetap tidak disarankan membeli apapun melalui bank atau leasing karena adanya riba, tapi bagi yang sudah bertaubat dan menghindari penyitaan dari pihak leasing, bank ataupun debt collectornya, berikut tips yang bagus sekali dari member Masyaakat Anti Riba

Wahyu Al Waisan Zafar

SEKEDAR SHARING

1. Motor/mobil sudah dibayar kreditnya serta bayar angsurannya, maka sahabat juga punya hak atas motor/mobil tsb sebagaimana dijelaskan oleh Bank Indonesia (BI) dalam Surat Edaran BI No 15/40/DKMP tanggal 23 September 2013 yang mengatur bahwa syarat uang muka Down Payment (DP) kendaraan bermotor melalui bank minimal 25% untuk kendaraan roda dua dan 30% untuk kendaraan roda tiga atau lebih untuk tujuan non produktif. Serta 20% untuk kendaraan roda tiga atau lebih untuk keperluan produktif. So, itu tandanya pihak dealer tak boleh tarik secara paksa karena kendaraan itu punya sahabat juga.

2. Terus, kalau mau ditarik paksa, Sahabat bisa kasih tahu ke dealer tentang Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.130/PMK.010/2012, tentang pendaftaran lelang Fidusia bagi perusahaan pembiayaan yang dikeluarkan tanggal 7 Oktober 2012 (bisa ketakutan tuh dealer-nya hihihi 😂😂😂).

3. Kalau ada debt collector ( yang bersikap seperti “preman-preman” gitu) yang datang ke rumah maksa narik kendaraannya, dia bisa kena penjara loh. Karena tercantum dalam pasal 368, pasal 365 KUHP ayat 2, 3 dan junto pasal 335 yang berbunyi, ” Tindakan leasing oleh debt collector/mata elang yang mengambil secara paksa kendaraan di rumah, merupakan tindak pidana pencurian”. Jika pengambilan dilakukan di jalan, merupakan pidana perampasan. (So, diomongin baik-baik bahwa belum ada uang untuk membayarnya. Kalau si debt collector-nya ngeyel ya teriakin maling saja).

4. Kalau sahabat benar-benar tidak mampu lagi membayar angsuran maka ajukan lelang ke pengadilan dengan meminta #SETIFIKAT FIDUSIA nya biar nanti Pihak Pengadilan yang melelang kendaraannya, terus hasilnya bagi hasil sama pihak dealernya (oops, kadang ada juga pihak dealer yang bersikap curang dengan sengaja tidak mau kasih Akta Fidusianya lo).

Silahkan dishare

Yamaha FreeGo : amazing & exciting !!!

Gaes…. di jagad maya kemarin sempat beredar tanda tanya besar dibenak pelaku dunia maya, yaitu tentang motor baru apakah yg akan dilaunching Yamaha. Saat itu banyak yg mengira nmax facelift atau new MT150 yang bak predator alien seperti di negeri tetangga.

Nah, di IIMOS 2018 ini. .. jebul ndilalah Yamaha menelorkan produk baru bernama FreeGo !!! yaitu metic 125cc yang desain nya ( menurut kacamata bikersoak ) rasa nya lebih mudah dityeriima masyarakat Indonesia. Selain sektor depan yang manis, eyecatching, sektor tengah dan belakang juga sudah bagus . Desainnya mengalir begitu saja dari depan sampai blakang. klop lah !!!

Ada beberapa keunggulan Yamaha FreeGo ini, yang disinyalir bisa membuat orang berbelok hati meminangnya…. yaitu :

Bagasi Besar
Setiap orang yang berkendara dengan FreeGo akan merasakan fungsi fitur-fitur yang luar biasa. Seperti ukuran bagasi 25 liter, bahkan lebih besar dari NMAX, membuat berkendara lebih praktis karena barang bawaan dapat disimpan ke dalam bagasi. Para pengendara dapat menyimpan barang-barang bawaan seperti helm full face, tas, jaket, sepatu hingga bola basket ke dalam bagasi FreeGo yang luas ini.
Smart Front Refuel
Pengisian bahan bakar di FreeGo sangat praktis karena lubang tangki pengisian yang berada di posisi depan sehingga pengendara tidak perlu membuka jok. Tangki bensinnya berkapasitas 4.2 liter dengan posisi ada di dek kaki. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMAX.
• 12 inch Wheel Wide Tubeless Tire
FreeGo menggunakan velg 12 inch dan ban tubeless tapak lebar sehingga membuat motor lebih stabil saat bermanuver.
Long Seat & Spacious Flat Footboard
Berkendara sendiri atau bersama pasangan tetap nyaman karena long seat dengan ukuran 895 mm. Ruang kaki yang lega pada FreeGo juga semakin menambah kenyamanan saat berkendara.
• LED Headlight & Hazard Lamp
Berkendara pada malam hari tidak perlu ragu karena FreeGo menggunakan LED Headlight yang lebih terang untuk berkendara. Pada kondisi darurat pengendara dapat memberikan tanda dengan menyalakan lampu hazard yang ada pada FreeGo.
Electric Power Socket
Pengendara juga tidak perlu khawatir kehilangan koneksi saat perjalanan jauh karena bisa mengisi daya smartphone melalui electric power socket.
Amazing Sensation
Smart Key System (SKS)
Beragam fitur berkelas disematkan pada FreeGo. Seperti salah satunya Smart Key System (SKS) yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman karena Immobilizer dan Answer Back System.
Full Digital Speedometer
Tampilan speedometer FreeGo semakin keren dan modern dengan Full Digital Speedometer yang lebih stylish, modern, dan informatif. Sepeedometer ini dilengkapi dengan ‘Multi Information Display’ (MID) yang berisi informasi seputar sepeda motor.
Antilock Brake System (ABS)
Selain itu, FreeGo juga dilengkapi sistem pengereman canggih Antilock Brake System (ABS) . ABS membuat daya pengereman FreeGo menjadi maksimal sehingga mengurangi risiko ban slip saat pengereman.
Amazing Blue Core Engine
Smart Motor Generator (SMG)
Urusan kehandalan dan keiritan mesin jangan ragu. FreeGo menggunakan mesin 125cc Blue Core konsep baru dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG) sehingga akselerasi dan starter menjadi halus.
Forged Piston & DiASil Cylinder
FreeGo juga menggunakan teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang telah lama teruji 3x lebih awet, 3x lebih kuat, 3x lebih ringan yang dengan garansi 5 tahun.
Stop & Start System (SSS)
Dilengkapi Stop & Start System (SSS), FreeGo semakin irit karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik sehingga menghemat konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dan akan otomatis hidup saat tuas gas diputar.

warna yg tersedia apa aja gan degan ??? agan bisa liat dipict artikel iniyah …. lengkap ko …..

ohiya, market mana yg digempur sama FreeGo ? setelah kemarin bikersoak dibingungkan dg price positioning Yamaha Lexi yg nanggung, sekarang gamblang sudah !!!! tyt si adek FreeGo ini lah yg mengisi nya…. jadi dikelas 125cc , yamaha punya dua gacoan menghadang kompetitor satu satunya 125cc. Price nya menarik sih…. karena mepet atas bawah …. sehingga konsumen dibikin clingak clinguk … loe mo yg mana ? yg lbh murah fitur lbh komplit ada ! yg lbh mahal dan berkelas juga ada … wkwkwkwkwkkkk.. . ppeeepppeeetttt jjjooonnnn …..

o

Ohiya, ada yg mau bikersoak komentarin ttg FreeGo ini :

  • tanki bawah + bukaan depan : baru kali ini metic mopang ada !!! selain mempermudah akses isi bbm, tanki bawah juga membantu keseimbangan keseluruhan kemdaraan. Walo blm nyoba, ane yakin nih kualitas riding ma handlingnya !!
  • Colokan charger…. sekilas remeh…. tapi dikelas ini kan blm ada ? dan enaknya lagi… sy lbh mudah jualan voltage stabiliser buat motor jenis ini….. tinggal colok dah… power motor serasa padat berisi. Apaan tuh ? pm yaks…
  • ban 12″ … waduh…. berkat ban segini, jangan jangan FreeGo juga mau mengorek2 skupi ??? mungkin bagi yg ngga doyan style fashion kali ya
  • ABS …. wow…. metic kelas ini dikasih abs ???? sekali lagi ….. wow….. !!!!! anda akan pede ngerem ngga takut selip !!!
  • Bagasi besar ? iyalah….. dg dipindahkannya tanki dari area jok, jelas bagasi jadi leluasa !!! ini sdh sy lihat di metic kecil kymco 100cc… yaitu body imut bagasi maksi !!!! smart choice buat Yaamaha ….
  • mesin ikut yang mana pak ?? menurut info kabarnya burung …. mesin freeGo ini generasi terbaru mesin bluecore berpendingin udara alias tanpa radiator…. !!! catet !!! jadi beda dg gen soul gt125 apalagi lexi …. apakah itu kelemahan ? sy rasa tidak ! mesin berpendingin udara perawatan jauh lbh simpel,troubel lbh minim dan penanganan lbh mudah !!!

Masih tertarik ? oke gaaeesss.. segera siapkan KTP aseli berserta slip gaji untuk Harga Yamaha Free Go area Malang , jawa timur :

kendaraan fit dengan Voltage Stabilizer !!! ( bag. 1 )

kawan… apakah anda sudah pernah dengar voltage Stabilizer yg dipasang di kendaraan ??? Nah, sebenarnya apa sih manfaatnya ? dan apa benar menambah tenaga serrta menghemat bbm sekaligus ??? apa bisa dibuat yg murah meriah aja daripada yg beredar dipasaran ? ( 800rb keatas ). Jawabanya BISA ! bahkan hanya dg bbrp lembaran puluhan ribu rupiah saja. Penasaran ? lanjooott……. gan

######## skip ….. ######

Okelah kawan…. kali ini bikersoak akan membahas hal yg tumben lebih serius dibandingkan sama artikel2 lainnya. Stay tune dan siapkan kopi kental yaaaaa….. okre ???

Voltage stabiliser secara katakosa artinya penstabil tegangan. Lha emang kenapa perlu distabilkan ? kan aki sudah stabil ? Memang, tegangan tersimpan di aki sudah stabil…. tetapi itu hanya pada pemakaian konstan dimana itu adalah hal mustahil di kendaraan. Maksud saya, pada pemakaian ya ….. ingat !!! kemdaraan selama dipakai itu rpm mesin naik turun…. secara elektronnik, sistem pengapian membutuhkan daya juga naik turun ! kemudian kendaraan jaman now sudah injeksi disertai sensor2, nah…. itu juga bekerja seirama rpm memakan setrum… dan itu masih ditambah banyak hal lain macam lampu , audio, klakson, dsb.

Kalo diibarat kata nih.. kaya PLN dirumah kita…. saat makai mesin cuci tentu nyedot daya yang variabel, ngga konstan kayak lampu yg menyala terus…. belum lagi kalo punya pompa sanyo, pemanas air, kulkas, dll dimana mereka menyedot daya lebih besar saat ppemakaian pertama daripada daya yg seharusnya

Nah, voltage stabiliser yang beredar dipasaran ini 90% ber inti kan kapasitor , yaitu suatu alat elektronik yg bisa menyimpan arus sementara. Lhah kok sementara ? iyalah…. memang karaktermya spt itu ! tapi jgn lupaaaa…. dia juga veryfast charging & release , alias kalo diisi sangat cepat penuh dan saat tegangan dipakai dia akan mengeluarkannya secepat kilat…. lebih cepat drpd aki ….. cateeetttt !

Berdasarkan karakter itulah …. sejatinya stabiliser tegangan bekerja…. dan tentu saja bermanfaat bagi kelistrikan kendaraan keseluruhan. Banyak kawan2 yg masih rancu atau bingung dg cara kerja kapasitor. Nah… agar enggak puyeng …. anda bisa mengandaikan nya begini :

Anda butuh ngisi air di bak mandi sebesar 3 meter kubik. Sedangkan Sumber air terdekat adalah bendungan yg isinya ber-ton2 kubik air. Jika ember anda isinya 5 liter air, atau jerigen anda isinya 25ltr air… berapa kali anda bolak balik ke Bendungan agar bak mandi anda penuh ??? lama juga kan ? ngopi segelas juga tandas duluan…..

Nah, jika ditengahnya bendungan dan rumah anda dikasih tandon air, walo isi tandon cm 10 meter kibik…. lebih cepat mana anda ngisi bak mandi anda ?

catetan :

  • bendungan = aki/accu
  • tandon = kapasitor
  • bak mandi = pemakaian setrum

Nah… sekarang sudah jelasss kan pada ????

Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Wikipedia

Kapasitor itu sendiri mempunyai banyak jenis… tetapi hanya digolongkan menjadi dua, yaitu kapasitor bernilai tetap dan tidak tetap atau variabel.

Nnnnaaahhh….. yg manakah yg cocok buat kendaraan ? sebenernya sih tergantung pemakaiannya buat apaan, tapiii… menurut ane jenis elektrolitlah yg pas…. biasa disebut elco kalo ditoko elektronik.

Setelah memahami how its works ! tentu anda masih penasaran bagaimana membuat atau merakitnya sendiri dengan mudah , murah dan meriah tentunya. DIY yg pengen bikersoak sampaikan akan ada si artikel besok besok besok….. yaaa….. ( maklum nih jempol mulai kram … udah nulis sampe berbusa busa gini ).

Jadi.. jangan lupa pantengin terus blog soal ini …. agar arwah anda tidak penasaran…..