Tag Archives: gsx

Suzuki GSX150S : explore the power …… beast in the beauty

Brader….. 

Rasanya masih keterusan ini blog membahas Suzuki GSX150S. Gpp ya ? lha kan materinya blm habis…. wkwkwkkkkk

Disaat kita menilik spesifikasi resmi Suzuki GSX150S ini, kita akan mendapatkan data power 19hp yg dicapai oleh mesin yg lebih mungil drpd kompetitor, yaitu berdisplacement 147,x cc.
Nah, bagaimanakah data tersebut akan sinkron dilapangan / realnya ?? Kali ini saya tidk akan membandingkan dengan brand lain, melainkan murni impressi riding saya bersama produk ini selama berhari hari.

Berikut penuturan kisah pelaku dan korban : Disaat saya jalan pelan, dibawah 40kmh dan rpm dibawah 5rb…. rasanya motor ini under power…. kayak kurang powernya, tetapi ternyata dg mencolek gas lbh dalam sedikit saja sudah mampu membuat anda njengat njengat nikmat !!! Jadiiiiiiii , bukan omongkosong kalo overbore satu ini klimaksnya di rpm atas. 

Next, pengalaman riding dg cara economist pun masih nyaman, walau underpower saat gas kecil, tp sy ngga pernah menjumpai mesin ngelitik. Mesin rasanya enteng aja berkitir 6-7rpm dengan tenaga yg sangat cukup.

Pd kecepatan 50-70kmh…. motor ini termasuk having fun banget… selain jinak, suspensinya juga oke, handling juga oke…. so ? bwt perjalanan touring plus posisi riding yg tegak membuat motor ini nyaman dihati, nyaman di body, tapi nggam nyaman dipikiran, bawaanya pengen betot teruuuuusssss…..

Pada kecepatan 70-110 kmh, motor ini bahkan cukup melayani rider dengan gigi 5 saja. Bagi saya termasuk gila ini…. motor 150cc yg lain mulai pake teriak engine…. yg ini masih dehem dehem plus senyum  jahat. Aseli enjoyable ……… 

Kemudian, untuk kecepatan diatas 110kmh on speedo…. sy harap anda masih memakai akal sehat ….. sebab, teriakan mesin yg halus ngga sebanding dengan laju yg beringas…. mendadak senyum jahatnya hilang, yg ada setan satu ini tinggal narik2 jaket anda kebelakang !!!! Bukti sahih yg saya dapet sendiri sbb : 

Dan kalau anda lihat videonya , kecepatan segitu bahkan belum mendekati limiter…. dia masih melambai lambai genit seolah olah memanggil sang adrenalin dengan mesra…. .. untungnya limiter di hati+otak masih jalan. Gas segera mengendor, secepat nyali yg menciut ….. wkwkwkwkkk…. inget umur coy …..

konon, motor ini mampu berlari lebih dr 148kmh lebih pada keadaan standart ! dengan efisiensi mesin yg tinggi yaitu irit tapi high output power, dipadu dengan material berkelas sehingga mampu dilimit 13rb rpm. 

entahlah…. pada keadaan standart pabrik, GSX series ini paling gila (menurut saya ). Silahkan anda bandingkan dg produk sekelas lain !!!

Apakah sebatas itu ? tentu tidak… masih ada satu pic lagi yg saya coba bahkan dengan motor standar ting ting dari pabrik ini : 

Bagaimana hal diatas dilakukan ? ya…. cukup dg mesin .umpuni,tangan yg gatel plus sedikit suntikan adrenalin… puas rasanya ngangkat angkatin ban depan ……

Semoga, sedikit gambaran diatas bisa mendeskripsikan monster yg menipu anda dengan mesin halus dan design cantiknya ( paling tidak itulah yg mata saya dapetkan ). 

respect the other, and u’ll get pride + respect from people “

Advertisements

Yamaha R15 vs CBR 150 vs Suzuki GSX 150 : Ramalan On Track

Melihat geliat spirit motorsport tahuun ini, ditambah dg kuping panas dan hati panas  pihak Suzuki …. wajar dong kalo saya akan membanding produk2 yg sudah keluar, yg hampir keluar dan akan keluar menurut ramalan joyoboyo. Masing-masing prinsipal jepang saya kira sudah mewakili kecuali Pabrikan Kawak yg masih blawur dan  sulit dibaca pergerakan produk barunya, termasuk sport fairing kelas 150ccnya !!! Dan karena temanya perbandingan di track, maka yg akan sy bandingkan tentu saja sisi engine terlebih dahulu …. mana yg mesinnya paling kuat dan punya potensi besar dioprek dan mana yg underdog.

Dan mohon maaf sebelumnya jika di tulisan ini sarat akan opini pribadi berdasarkan pengalaman penulis yang soak ini .  Maklum saja, saya bukan penggemar sport kelas 150cc Jepang karena powernya sdh bisa disaingi dg P135LS ( karbu & air cooled ) karena jika ingin sport kencang ya idealnya 200 sd 250cc sesuai batas maksimal peraturan di negeri ini. knp ??? karena sy yakin harga tdk terpaut jauh ( kecuali beda jmlh silinder ) serta fuel consumption juga beti beti aja ….. yg sangat “kacek” dan njomplang dan bikin puas adalah power, torsi dan riding feel-nya…. sy rasa amat-amat jauh dg kelas 150cc. Eniwei, mari kita bahas saja selanjutnya : Untuk track spt sentul yg straightnya menengah keatas ( panjangnya ) , sy rasa yg diperlukan adalah spesifikasi mesin yg mumpuni, sehingga mari kita kerucutkan ke pembahasan mesin sesuai spesifikasi standart pabrik saja ( dan anggaplah info spek yg sy dapet adalah benar ). Kemudian katanya juri didapat score tertinggi sd terendah :

1.GSX 150 :

Jenis 4-Tak DOHC 4-katup
Jumlah Silinder 1 (satu)
Diameter Silinder 65 mm
Langkah Piston 50,2 mm
Kapasitas Silinder 152.21 cm3
Perbandingan Kompresi 11,5 : 1
Daya Maksimum / rpm 21,2 Dk / 9.000 rpm
Torsi Maksimum / rpm 13,4 N.m / 8.000 rpm

2. CBR 150

Tipe Mesin CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Diameter x Langkah 63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah 149.4 cc
Perbandingan Kompresi 11.0 : 1
Daya Maksimum  13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum  12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
Kopling Wet Multiplate with Coil Springs
Starter Starter Elektrik

3. Yamaha R15(india)

Engine

Engine type Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Cylinder arrangement Single cylinder
Displacement 149.8cc
Bore & Stroke 57 × 58.7mm
Compression ratio 10.4:1
Maximum power 17PS/ 8,500rpm
Maximum torque 15N.m / 7,500rpmm
Starting system Electric start
Lubrication wet sump
Fuel tank capacity 12 liters
Fuel supply system Fuel Injection
Ignition system T.C.I
Primary / Secondary reduction ratio 3.042 / 3.133
Clutch type Wet Multiple-disc
Transmission type Return type 6-speed
Gear ratios 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364, 4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84

Alasan alasan saya mengambil kesimpulan kalo yg paling joss gandosss di track  adalah :

1. Syarat track apalagi straight adalah mesin teriak di rpm tinggi, power juga muncul disitu ,maka yg paling memungkinkan adalah mesin dg tipe overbore, sehingga  jika kita bandingkan diameter piston, maka sesuai urutan mulai dari yg terbesar = GSX 150 : 65mm, CBR 150: 63,5mm, R15 : 57mm

2. Selain itu, jika sama2 dlm keadaan standart ting ting, juga bisa dipertimbangkan kompresi mesin yg amat mendukung keluarnya power, dan urutan mulai yg terbesar kompresinya adalah = GSX 150 : 11,5 trus CBR 150 : 11 trus R15:10,4

3. Jumlah Kem / chamsaft = ( GSX150 & CBR 150 = DOHC ) sedangkan R15 masih SOHC . Dg DOHC , setiap kem akan sangat mudah dan mempunyai rentang yg lebih luas durasinya drpd tipe SOHC, sehingga dg sistem colek mencolek cewek kem secara sederhana saja sdh ketauan DOHC akan terkail lebih tinggi powernya.

4. Volume silinder, mulai dari yg terbesar ialah GSX 150 = 152,21cm3 dilanjtkan Yamaha R15 = 149,8cc dan dibontotin CBR150 = 149,4cc 5. Power di , diurutkan dari yg terbesar = GSX150 = 21,2 dk@9000rom, trus New CBR150 = 17,8PS@10.500rpm  next R15 = 17 PS@8500rpm

5. Torsi mesin ngga usah dibahas ya ?? toh motor buat track bukan untuk ngangkut gabah atau rumput pakan sapi . ya to???? ( pemenangnya jelazzzz R15 , untuk tarik2an jabrix oke punya , tp sepengetahuan saya, kurva tenaga akan menurun di rpm tinggi dimana ngegas on track selalu main rpm tinggi ))

Sudah jelaskan ??? jika di”cul” atau dilepas ditrack siapa pemenangnya ???

Sedangkan untuk track yg berliku liku, selama itu track spek international ya sy rasa tdk akan berbeda jauh dg perbandingan diatas. Sudah sifat mesin overbore , lembut dibawah narik diatas, gampang diajak berlikalikulakilaki selama torsi dan power mumpuni. Yang menarik adalah jika track yg dilalui tiga motor diatas adalah track kejuaraan tarkam, atau track roadrace bebek…. saya akan angkat tangan dan angkat kaki dan angkat celana .  Prediksinya jelas , torsi-lah yg diperlukan sehingga spek Overstroke akan berjaya disini, tetapi yg jadi masalah adalah R15 masih SOHC ??? nah…yo ???? mbuh kan ?????  Kenapa Yamaha masih mikir mikir gacoanya untuk kejuaraan Indoprix 150cc ???? Jika alesannya safety saya kok kurang yakin…. mungkin maksudnya tidak safety untuk motor mereka ….. torsi badak atau babi adalah dua heewan yg sulit berbelok jika berlari ….. ( maksutnya apa ??? eeemmbbooohhhhh…. ) mungkin akan seperti kasus Ducati di Motojipi saat rider2nya pada kelimpungan kena ganas dan dahsyatnya torsi mesin V 90 derajat celcius tepok jidat !!!! Sekian dulu dari saya, mohon maaf sebelumnya !!!! semua hal diatas semata-mata opini pribadi saya, tidak bermaksut menjatuhkan dan mengunggulkan salah satu pabrikan apalagi owner fansboi masing2 motor diatas ….. Spesifikasi lengkapnya masing masing motor adalah :

1. Yamaha R15, knp ini yg dibahas pertama ??? tentu saja krn lagi anget2nya , lagi heboh2nya, lagi booming2nya, dsb dsb….. wallpaper4-1024 Spesifikasi :

Engine

Engine type Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve
Cylinder arrangement Single cylinder
Displacement 149.8cc
Bore & Stroke 57 × 58.7mm
Compression ratio 10.4:1
Maximum power 17PS/ 8,500rpm
Maximum torque 15N.m / 7,500rpmm
Starting system Electric start
Lubrication wet sump
Fuel tank capacity 12 liters
Fuel supply system Fuel Injection
Ignition system T.C.I
Primary / Secondary reduction ratio 3.042 / 3.133
Clutch type Wet Multiple-disc
Transmission type Return type 6-speed
Gear ratios 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364, 4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84

Chassis

Frame type Delta box
Caster / Trail 26° / 98mm
Tire size (Front / Rear) 90/80-17 / 130/70-R17
Brake type (Front / Rear) Hydraulic, single disc (Front / Rear)
Suspension type (Front / Rear) Telescopic / Linked type Monocross
Headlight Lo beam12V/35W X1, Hi beam12V/35W X2
Battery 12V, 3.5Ah (10H)

dimensions

Overall length x width x height 1,970mm x 670mm × 1,070mm
Seat height 800mm
Wheelbase 1,345mm
Minimum ground clearance 160mm
Kerb weight 136Kg

Semoga yg muncul di Indonesia melebihi spek diatas ….. dg lower price tentunya…. amin 2014 x !!!!

 

2. New CBR 150 R , motor ini sdh tdk bisa diragukan lagi !!! sy sdh mencicipi baik power delivery maupun handlingnya sejauh ratusan kilometer dan ribuan centimeter. Jozzz gandozzz pokoke …. ( selain harganya !!! ). Kekurangannya hanya satu : untuk tinggi badan diatas 170cm rasanya bakalan pegal line encok kumat semua !!!! cbr150r-repsol   Spesifikasi :

Varian CBR 150R STD
Group Spesifikasi
Dimensi Icon Dimensi (P x L x T) 1.977 x 701 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda 1.310 mm
Jarak Terendah ke Tanah 190 mm
Ketinggian Tempat Duduk 797 mm
Berat Kosong 138 kg
Rangka Icon Rangka Pola Berlian (Diamond)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Mono Suspension
Ukuran Ban Depan 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang 130/70-17M/C 62P
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem Belakang Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Sistem Pengereman
Mesin Icon Tipe Mesin CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Diameter x Langkah 63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah 149.4 cc
Perbandingan Kompresi 11.0 : 1
Daya Maksimum  13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum  12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
Kopling Wet Multiplate with Coil Springs
Starter Starter Elektrik
Busi
Kapasitas Icon Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13.1 liter
Sistem Bahan Bakar (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 liter
Transmisi Constant Mesh 6-Speed Return
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan Icon Aki
Sistem Pengapian Full-Transistor Battery Ignition
Lampu Depan
Lampu Senja
Fitur Lainnya Icon Sudut Caster / Trail 25 00 / 90
Radius Putar Minimum 2.400 mm
Tipe Pelumasan
Rasio Perpindahan Gigi 1
Rasio Perpindahan Gigi 2
Rasio Perpindahan Gigi 3
Rasio Perpindahan Gigi 4
Rasio Perpindahan Gigi 5
Rasio Perpindahan Gigi 6
Rasio Reduksi Gigi Primer
Rasio Reduksi Gigi Sekunder

 

Varian CBR 150R Repsol
Group Spesifikasi
Dimensi Icon Dimensi (P x L x T) 1.977 x 701 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda 1.310 mm
Jarak Terendah ke Tanah 190 mm
Ketinggian Tempat Duduk 797 mm
Berat Kosong 138 kg
Rangka Icon Rangka Pola Berlian (Diamond)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Mono Suspension
Ukuran Ban Depan 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang 130/70-17M/C 62P
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem Belakang Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Sistem Pengereman
Mesin Icon Tipe Mesin CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Diameter x Langkah 63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah 149.4 cc
Perbandingan Kompresi 11.0 : 1
Daya Maksimum
Torsi Maksimum
Kopling Wet Multiplate with Coil Springs
Starter Starter Elektrik
Busi
Kapasitas Icon Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13.1 liter
Sistem Bahan Bakar (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 liter
Transmisi Constant Mesh 6-Speed Return
Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan Icon Aki
Sistem Pengapian Full-Transistor Battery Ignition
Lampu Depan
Lampu Senja
Fitur Lainnya Icon Sudut Caster / Trail
Radius Putar Minimum
Tipe Pelumasan
Rasio Perpindahan Gigi 1
Rasio Perpindahan Gigi 2
Rasio Perpindahan Gigi 3
Rasio Perpindahan Gigi 4
Rasio Perpindahan Gigi 5
Rasio Perpindahan Gigi 6
Rasio Reduksi Gigi Primer
Rasio Reduksi Gigi Sekunder

3. Suzuki GSX 150 , motor ini masih dalam penerawangan, tapi kalo menurut wangsit bakalan jadi keluar di Indonesia. Dan harapanya sih seperti biasa , lower price & more quality khas Suzuki .maxresdefault Spesifikasi tdk mengikat , bisa berubah setiap saat ada di hatimu :

SPESIFIKASI
GSX-150R
GSR-150
Dimensi
Panjang Keseluruhan 2.150 mm 2.150 mm
Lebar Keseluruhan 720 mm 720 mm
Tinggi Keseluruhan 1.021 mm 1.021 mm
Jarak Antara As Roda 1.320 mm 1.320 mm
Jarak Mesin ke Tanah 100 mm 100 mm
Berat Kendaraan 130 kg 125 kg
Tinggi Tempat Duduk 815 mm 815 mm
Mesin
Jenis 4-Tak DOHC 4-katup 4-Tak DOHC 4-Katup
Jumlah Silinder 1 (satu) 1 (satu)
Diameter Silinder 65 mm 65 mm
Langkah Piston 50,2 mm 50,2mm
Kapasitas Silinder 152.21 cm3 152,21 cm3
Perbandingan Kompresi 11,5 : 1 11,5 : 1
Daya Maksimum / rpm 21,2 Dk / 9.000 rpm 21 Dk / 8.500 rpm
Torsi Maksimum / rpm 13,4 N.m / 8.000 rpm 13,6 N.m / 7.500 rpm
Pasokan Bahan Bakar Fuel Injection Fuel Injection
Sistem Starter Elektrik Elektrik dan Kick Starter
Sistem Pelumasan Perendaman Oli Perendaman Oli
Transmisi
Kopling Manual plat majemuk tipe basah Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi 6 Percepatan 6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi 1 Ke bawah, 5 Ke atas 1 Ke bawah, 5 Ke atas
Rangka
Frame Deltabox Deltabox
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Monoshock Monoshock
Rem Depan Cakram 320 mm Cakram 320 mm
Rem Belakang Cakram 220 mm Cakram 220 mm
Ukuran Roda Depan 110/80 – 17 100/80 – 17
Ukuran Roda Belakang 130/80 – 17 120/80 – 17
Sistem Listrik
Pengapian TCI TCI
Busi NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N NGK CR8E atau DENSO U24ESR-N
Accu 12 Volt 2,5 Ah 10 HR MF 12 Volt 2,5 Ah 10 HR MF
Kapasitas
Tangki Bahan Bakar 12 liter 12 liter
Oli Mesin 1 liter 1 liter

OverAll, kesimpulannya ialah jika saya bisa beli semua motor diatas , saya tetap tidak akan beli !!! maklum balung tuwek ….. rasanya sdh tidak cocog dg motor nungging2 spt diatas ….. naik motor spt itu hawanya pengen pijet plus plus  aja. Motorcycle-massage-seat

( click for pict source )

Nb. Disarikan dari berbagai sumber 

Permasalahan pada New Suzuki : GiXXer

suzuki-gixxer-150-india

Lhadalah…. ini motor belum keluar kok bermasalah ??? hahahaha….. masalah yg saya maksud adalah :
1. Liat deh platform mesin !!! Saya rasa belum ada engine seperti itu di deretan engine suzuki Indonesia, dan saya yakin effort yg akan dikeluarkan terlalu besar dibanding commonpart engine yg sdh ada. Dan pabrikan sekecil ini tentu akan mikir terlebih dahulu kecuali tekad sdh bulat dan maen import untuk awwal dan akan diproduksi sendiri JIKA SUDAH LARIS !!!!

2. Dan masalah akan menjadi jadi ….. sueeerrr bangetttt …. jika si GiXXer cebol ini mengaplikasi engine satria FU dg power segede FXR… ( masalah buat pabrikan lain maksudnya ). Saya yakin seyakin2nya Duo Byson dan NMP bakalan ketar ketir, opmaneh kalo dipasangin harga sedikit diatas non Verza…. Siapa yg ngga mafhum kemasyhuran engine DOHC termurah ini ??? dg Banderol dibawah Duo Ymh dan hOndda , si gixder bermesin fu akan sangat diperhitungkan tentunya…. dan sesuai bisikan wangsit… ini hanya mimpi indah sesaat saja kayaknya…. ( maap, kemenya sdh habis )

Keelebihan si giXXer sementara ini yg saya liat :
1. sdh apply monoshock… padahal disini sdh barang biasa
2. Speedo-nya cantik, full digital…. dan sdh ngga perlu beli jam tangan … ( ada alarm subuh nggak ya ???)suzuki-gixxer-150-11_thumb
3. Platform engine, jika dilihat sekilas rasanya menganut lubang inlet outlet tegak, tdk spt mesin thunder yg landai. Efeknya ialah power yg didapat sekaligus torsi lebih besar krn kabut bahan bakar hampir langsung menuju ruang bakar . Nah, kelemahannya tentu lbh boros bbm, tp itu gampang diakali pakai Throttle Position Sensor , perbaikan pengapian, dan perkecil gesekan mesin, sukur2 dicangkok super Fi ….. jaman sdh canggih gitu loh …..

suzuki-gixxer-150-17_thumb4. Knalpotnya gede dan mantab… cm sesuai nggak ya ama body ????gixxer4

suzuki-gixxer-150-22_thumb
5. Lampu LED blakang, jadi bagus krn aplikasi pertama suzuki pada motor batangan, pdhl si bebek sdh dr dulu make
6. Design tanki : sdh bagus, kalo kekarnya belum tahu sih,kan baru liat di gambar …. dan kalo memang kekar brarti ada aspek lain yg menyebabkan keliatan cungkring spt : area kosong di belakang roda depan dg center bone serta bawah jok buritan

Kelemahan :
1. Area stang, segitiga komstir dan speedomtr nampak biasa saja …. coba aplikasi setang jepit kayak FU , tentu secara nampilan lbh wah …

suzuki-gixxer-150-8_thumb
2. Design body : dari samping kok kayak NMP karbu ???? sekilas sih …. trutama bagian samping kebelakang

cb-unicorn-dazzler-pearl-nightstar-black-colour1
3. Design batok lampu : malah mirip pies di kecilin ya ? atau old vixy agak digedein…. tp its oke …. cuman jadi keliatan jadul kalo liat headlamp Verza & CBSFnya suzuki-gixxer-150-20_thumb
4. Belum aplikasi magnetic key shutter, tp its okeylah … kyknya maling ngak minat sebelum motor ini laris
5. Posisi plat nomer enggak banget …. mungkin memang sambil nyelem ketelan air …. sekalian jadi windshield maksudnyah….
6. Ada jeda antara tanki dan shroud… terkesan jadi kurang rapi …. coba lihat bedanya dg Verza yg sama2 aplikasi shroud kecil ….suzuki-gixxer-150-15_thumb
7.Lampu sign : bosss…. disini lagi ngetrend mika bening berlampu kuning atau LED skalian …. knp ente msh pake mika kuning orange ???? dan bentuknya itu lho… mbok diperruncing ben sesuai ama body.
8. Rangka : blm detect … tp kalo liat di engine mounting depan rasanya ini rangka menganut paham pahe … just like pies & xcd

suzuki-gixxer-150-5_thumb
Overall : Suzuki keliatan banget bermain aman dg body selera kebanyakan yg sporty dan ngga neko2 …. rasanya sdh benar jalanmu nak…. tinggal nerusin inopasi design yg lbh extreme ( tp dg basic slera masyarakat, bukan yg aneh2 dan hanya bagus dikertas dan layar moonitor) dan saya yakin seyakin2nya tuh tanki nggak njendoL ….. itu yg penting !!!!
sbg new Hope …. boleh bangetlah …. asalkan dua pabrikan lain ngga ngrubah desgn yg lebih eye cacthing tahun ini ….

note : pict ngambil di tmcblog.com & pertamax7.com