Tahapan penggantian oli sesat di motor

Siapkan ini untuk kenyamanan dan kekhusyukan anda membaca

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi kawan…. Salam sejahtera dan semoga kita selalu dalam rahmat dan lindunganNyA.

Saudaraku…. Dan saudariku ….. Dan saudaranya semua …. Apakah ada yg masih belum tahu apa itu oli sesat ? Apakah ini semacam sekte sesat dari oli mesin ??? Ataukah oli nya dipake untuk ritual ritual sesat semacam pesugihan ? Simak dong ulasan berikut ini ….

Yang saya maksud oli sesat ialah oli yg bukan peruntukannya dan dalam bab kali ini saya khususkan untuk per-oli-an sepeda motor yah ….

Dalam dunia pemotoran kita , oli sesat yg dituangkan ke mesin tercinta kita biasanya dibagi dua yang jelas dan satu yg abu abu….

Lhoh …. Kok gitu ? ….wkwkwkwkk…. Karena yg satunya bukan oli tapi setengah oli. Kalo hidup anda penasaran, begini jlentrehan-nya :

  1. Memakai oli mobil , biasa disebut pcmo. Logika sederhananya ialah oli mobil mempunyai harga lebih mahal dr oli motor. Jadi Harusnya lebih bagus dari oli motor. Emang cocok ? Saya yakin untuk motor metic tidak ada masalah, tp untuk motor yg punya plat kopling basah memerlukan beberapa merk oli untuk cocok dan sesuai di motor kita.
  2. Memakai oli diesel ,biasanya disebut hdeo. Oli diesel ini kadang ngga cocok dg logika diatas , dikarenakan ternyata ada oli diesel yg harganya setara bahkan dibawah harga oli motor , misalnya Meditran SX yg kemasan disini masih harga 45 sd 47rb/liter sedangkan yg curah drum hanya 30-35rb/ltr. Tapi satu yg jelas oli diesel memgandung detergent lebih banyak dari oli lain yg artinya bisa “mencuci bersih” jeroan mesin anda sekaligus melumasinya !
  3. Nah…. Yang menarik ialah yang setengah ini …. Apaan sih maksudnya ? Yap…. tidak lain dan tidak bukan ialah masuknya MINYAK GORENG ke dalam mesin kendaraan. Dari literatur grup grup fb yg saya ikuti , satu yg membuat saya berkesan ialah grup isuzu panther dan 1001 masalah dan solusinya. Disitu saya mulai mengenal yang namanya flushing oli make minyak goreng dan bahkan dipakai rutin sebagai campuran oli mesin. So … Pada motor saya yang sudah ditrial beberapa kali diantaranya ialah bebek smash 2002 yg dipakai harian sekitar 80-100km/day. Impressinya bagus, mesin panas makin lama malah tambah alus bahkan oper giginya. Resepnya 500cc oli mesin plus 300cc minyak goreng merk terserah. Ini bahkan terjadi pada oplosan oli bekas + minyak goreng.

PCMO = Passenger Car Motor Oil, artinya oli buat mobil berpenumpang yang biasa kita pakai buat harian. Rata rata ini buat mesin bensin. Hdeo = heavy duty engine oil. Artinya oli ini oli yang siap bekerja keras dipakai dimanapun. Biasanya dipakai untuk mobil truck diesel atau bahkan traktor diesel.

Lanjut ya gan …. Balik ke leptop. bagaimana penggantian oli biasa ke oli sesat ? Langsung diganti aja atau memerlukan tahapan tertentu agar mesin tidak rusak ?

Jawaban saya ialah MEMERLUKAN TAHAPAN TAHAPAN TERTENTU agar mesin mesin anda tetap sehatttt wal afiat …. Jangan seperti black campaign di medsos yg bilang oli sesat ini menghancurkan mesin karena setelah ditelusuri ternyata sebab sebabnya mudah saja,manfaat oli sesat ini ialah

  • Long drain , maksudnya pergantian oli intervalnya jauh lebih lama
  • Membersihkan mesin” sehingga kotoran dan kerak2nya pada rontok.

Jadiiii …. pada mesin lama yg terbiasa pada oli motor kemudian ujug2 diganti oli sesat tanpa tahapan tertentu maka kotoran2 di jeroan mesin akan rontok dan ikut ke jalur oli dan tentunya akan MENYUMBAT entah itu jalur oli bahkan FILTER OLI. Hasil akhirnya make oli sesat bikin bejat langsung menghujat kedunia sejagat !!!

Agar mesin sehat wal afiat pake oli sesat tanpa hujat memerlukan tahapan tahapan pergantian oli yang saya sebut sebagai FLUSHING OLI dan ini saya bagi dalam 3 LEVEL , yaitu level beginner , level medium dan level hard …. Eh, level advance !!! Kepoin yok ….

LEVEL BEGINNER

Pada level ini, korban oli sesat cukup mengganti oli motor dengan oli sesat dengan patokan kilometer. Biasanya yg dipakai ialah 500km + 500km + 500km , jadi setiap 500km ganti oli sesat dan filter olinya. Selanjutnya oli sesat terus. Atau bisa juga 500km + 1000km + 1000 km.

LEVEL MEDIUM

Disini korban oli sesat memakai tisu sebagai indikator pergantian oli. Jadi patokan pertama ganti 500km kemudian oli ditetesin ke tisu. Kemudian ganti lagi dan ditetesin lagi ke tisu. Begitu seterusnya sampai benar benar didapat tetesan yang bening. Jadi ngga peduli berapa lama pokoknya tiap 500km ( bisa juga 1000km ) ganti terus sampai didapat yg bening barulah dilanjutkan long drain nya.

LEVEL ADVANCE

Aduh bok … pada level ini saya cukup geleng geleng kepala. Soalnya bisa saya bilang level sultan. Si korban oli sesat ini maunya praktis praktis saja, walau memerlukan doku lumayan juga. caranya ialah BONGKAR MESIN seluruhnya, dibersihkan tiap part dan diganti skalian jika perlu. Lalu setelah dirakit kembali, langsung tancap gas dengan oli sesat. Mudah kan ??? Wkwkwkwk …

Ada lagi sih cara mudah juga , yaitu : ganti bpkb skalian motornya dg comot di diler langsung deh dituang pake oli sesat selamanya.

Lalu, mana yg saya rekomendasikan untuk anda ? Disesuaikan saja ya … Misalnya begini :

  • Pas punya uang lebih pakailah level advance
  • Pas mau teliti dan akurat dg mesin lama pakelah cara level medium
  • Pas mau pake cara mudah nggak banyak mikir pakelah cara beginner.
  • Pas bokek pake banget ini juAranya : pakelah cara oplosan minyak goreng … Wkwkwk ….

Nah …. Sekiranya seperti itu ya kawan kawan semua tentang tahapan penting peralihan oli motor ke oli sesat. Jika ada kurang lebihnya mohon dikoreksi lewat kolom komentar. Semoga artikel kali ini membawa manfaat bagi umat manusia semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s