a very special HBD : 1 dekade JATIMOTOBLOG

Selamat pagi kawan ……

Jika kita berbicara waktu , sungguh tidak terasa ia akan berjalan dan berlari begitu saja tanpa mempedulikan apapun itu. Mungkin hanya menghentikan rotasi bumi sajalah yg berkuasa akan waktu.

dan jika,

kita bicara umur manusia , mungkin 10 tahun hanyalah masa kanak kanak sahaja, masa nya bersenang senang dan bersenda gurau. tetapi jika bicara tentang sebuah komunitas … umur 10 tahun tentu bukan main main. Sangat jarang sebuah komunitas ( motor ) yang bisa bertahan selama itu. Onak dan duri tentu ada, tapi apa gunanya sabit dan mesin potong rumput ? dan apa yg saya lihat , apa yg mempersatukan kita … semata mata hanyalah “seduluran saklawase !”

ya … di Jatimotoblog ini , yang saya rasakan ialah Dulur dadi konco dan konco dadi dulurrr …. kita sudah biasa saling gojlok menggojlok , saling hujat menghujat , juga saling membicarakan kode-kode-an , atauuuu curhat mulai dari masalah pribadi, masalah domain hosting bahkan masalah keuangan …….. selain saling dekat secara fisik , tentu kita juga dekat secara hati ….. biar apapun itu yang menghadang ( termasuk istri istri kita ! ) ……. wkwkwkwk…. just kidding !

Nah … di HBD yg ke 10 ini , saya memang termasuk suprise juga … very very special dibandingkan HBD sebelumnya. Tidak lupa saya haturkan terimakasih kepada segenap warga dan panitia JatimOtoblog serta Terimakasih tak lupa kita ucapkan kepada MPM Jatim dan MPM Insurance yang telah mensupport penuh acara ini dari awal sampai akhir. Kemudian saya haturkan pula terimakasih kepada MotoEast Java , sebuah komuni trail yang membimbing kita kita yang sangar di jalanan aspal tapi plegak pleguk di jalan offroad.

emang apaan sih yang special sampe kamu segitunya ??? nihh catettt ….. Acara HBD X JatimOtoblog kali ini dimeriahkan dengan :

  1. Trabas ! lhaaa….. ini benar benar menarik hati saya … walopun tajuknya funofforad tentu asyik lah yaw … bagi mahluk aspal seperti saya yang jarang keluar gunung.
  2. Untuk menginap kali ini , juga beda dari biasanya. Jika acara sebelumnya bau bau kasur … baik itu di hotel maupun di kediaman teman teman … maka nginep kali ini bau bau pasir dan laut ….. alias camping di pantai …. dan tentunya nanti akan ada acara menarik selama bermalam dipantai.
  3. Malam nya ada jurit malam ….. api unggun dan bakar bakar jagung, sosis, dan ikaaannnnn…. ( udeh ngiler belum ? ) eh…. tak lupa fun game nya juga bikin pusing ….
  4. Spot foto di pantai yang indah

Baiklah …. ketika anda sudah mulai kebelet a.k.a kepingin , mari kita kisahkan sejak awal keberangkatan sampai ke tempat tujuan dengan jumpalitan.

Start

Sesuai perjanjian, kita tikum di garasi MotoEastJava , Malang. Disana dilakukan screening test antigen swab semua peserta, kemudian briefing tentang prokes selama acara dan bekal ilmu untuk menaklukan CRF150 di jalanan yg hora umum. Kalo saya sih cuma ngangguk ngangguk aja … soalnya saya kekenyangen nasi jagung yang disediakan tadi pagi. hihihi…..

setelah selpi selpi sebentar , kita nyengklak motor yang sudah disediakan panitia … yaitu Honda CRF 150 yang siap diajak begajulan sekitar 14 motor. Saya sempet keder juga lho …. lha tinggiku 174cm aja masih jinjit naik CRF 150 ini …. tetapi setelah geber geber sebentar ….. ough …. ternyata easy riding …. dan powernya bisa keluar juga ….. ( nanti akan keluar artikel sendiri ttg motor ini …. stay tuned ! )

Day One , etape pertama yg kita lalui ialah :

  • Garasi MotoEast java ( start )
  • Sawojajar
  • Gunung Mburing
  • Tajinan tugu brimob ( menyusuri sungai )
  • Bululawang ( susur sungai )
  • Krebet ( susur sungai )
  • Putuk Rejo
  • Ganjaran
  • Sumber Taman ( cofee break …. kalo saya es teh break ! )
  • Brongkal
  • Kanigoro ( naik gethek )
  • Rejoyoso
  • Wonokerto ( ISHOMA )
  • Sumberrejo
  • Gedangan
  • Sindurejo
  • Glagahrejo
  • Sitiarjo
  • Tambakrejo
  • Pantai Tamban ( finish day one )

Berangkat dari garasi MotoEast Java , kita melalui jalalanan yang ramai cenderung agak macet …. sampai kemudian kita keluar aspal dan menyusuri sungai …. hati sempet keder juga …. karena selain jalan tanah , ternyata kita dilewatin piinggiran kali yang bener bener mepet kanan nyebur sungai atau ngiri nyebur ke sawah ….. sungguh dibutuhkan keseimbangan yang memadai.

Ternyata ini belum seberapa sob …. setelah perjalanan sampai di kanigoro , kita juga dibuat terkesan dengan “nyebrang gethek” alias menyebrang sungai dengan perahu bambu. Lumayan ngeri juga sih ….. lha naik getheknya kudu extra hati hati sob, agar nggak nyemplung ke kali yg lebar banget itu. Mana bukan motor sendiri juga…. yakan ?

Next …. setelah lumayan lama menunggu menyebrang , kita melanjutkan perjalanan dengan medan yang masih bernuansa fu offroad ….. sehingga sampai ke temu spot bagus lagi …. dan lebih asyik lagi …. yaitu bermain air …. alias kita ketemu sebuah sungai yg yaaa…. masih sangguplah disebrangi motor , bukan kayak sungai diatas yang pastinya bikin tenggelam. Sembari istirahat di area tersebut , sayang rasanya kalo dilewatkan buat poto poto …..

Singkat cerita kita lanjut perjalanan bbrp jam sehingga sampailah kita di pantai tujuan, yaitu Pantai Tamban. Awal masuk sudah terasa angin garam dan debur pantai nya….. sampai kemudian Disana kita sudah disambut oleh teman teman yg aspal road dan duluan sampe … dan yg bikin saya exciting ya sudah tersusun rapi tenda tenda romantis tempat kita menginap…. hati terasa mak cesssss disuguhi pemdangan seperti itu. Ga percaya ? cek aja gambar berikut ….. ehmm…. gimana malammnya yak …???

Sesampai tenda , kita briefing sebentar ttg pembagian kamar …. kemudian lanjut deh jam bebas terserah mo ngapain sambil enunggu malam syahdu datang. Kalo saya setelah naruh tas langsug ngobrol ngobrol sama teman teman dari bbrp daerah …. asik aja sih … kan kayak lama nggak ketemu dulur dulur dari berbagai kota. Kesimpulan yg bisa saya ambil, ternyata teman teman sekarang tambah ndut saja ….. berarti pada cocok susu-nya !

Lama nggak ketemu bukan berarti kita nggak kangen …. makanya obrolan pun berlangsung seru dan nggak hanya ngekek…. sampe ngakak ngakak pun jadi. Kalo sudah gitu … sungguh rasanya lupa segala masalah hidup didunia ini …. termasuk segala permasalahan hutang dankode kodean .

Tak terasa ngobrol lama sudah …. waktu menjelang magrib pun tiba … saya segera mandi menuju tempat yang sudah ditunjukkan. Lalu sholat magrib dan sekalian lanjut makan malam , dibukaalah acara formal 1 dekade HBD JatimOtoblog dengan harapan kita jangan pernah putus persaudaraan , tambah kompak selalu , dan semoga bisa berlanjut biarpun sampe kita tua dan punya cucu nanti. hiks…..hiks … terharu deh saia …..

Setelah kelar hidup loe ….. acara makan malam …. lhaini … ternyata keasyikan berlanjut dengan bbrp fungames …. yang entah ide darimana ada satu games yg bisa membuat arwah jadi penasaran …. karena memang game nya unsolved bray …..

Ketika malam beranjak larut … dan fun games telah selesai … percayalah ! temu kangen pun belum selesai … ada banyak ekor yang belum puas ngobrol ngalor ngidul kesana kemari sesore tadi ….dan …. ini contohnya …..

Sambil bakar api unggun …. kita juga bakar jagung , sosis dan ikan segar …… saya sendiri cuma kuat sampe jam 11an ,,,, maklumlah selain faktor U … saya juga hrs prepare untuk trabas lagi besok nya.

Eh … tak crita ya … malamya saya kebelet pipis …. di sekitar jam 3 pagi …. teman teman sdh pada klenger kecuali satu orang …. Mas Novan ini ngga tau kenapa ngga bisa tidur …. mungkin karena suasana nya kali ya ?? Jadi nggak ada salahnya saya terusin bobok manisnya dakuh …. maklum ngantuks berat. maapkeun daku mas … ngga nemenin ….

Day Two

Pagi nya …. saya kesiangan juga Subuhan …. dan sudah banyak temen temen yang berkeliaran jalan jalan ke pantai. Saya langsung cari cari kunci kontak CRF 150 dan ngibrit ke musholla …..

kelar subuhan …. eh… ternyata saya terpesona dg pantai ini …. selain masih sepi , hawa nya masih sejuk dan tentu saja pasirnya masih padat. So ? ngga pake lama , saya langsung menyusuri pantai pelan pelan saja …. sambil menikmati semilir angin yang mengandung garam itu . Meli. ntir gas nya pake perasaan aja , disesuaiakan dengan kecepatan angin yang semilir. Percayalah …. ini semacam secuil surga yang diturunkan Tuhan ke muka bumi.

Dilanjut dengan sarapan pagi di warung terdekat , cerita perjalanan hari keduapun kita mulai. Mapping perjalanan kita adalah sbb :

  • Pantai Tamban ( start )
  • Sitiarjo
  • Glagahrejo
  • Sindurejo
  • Gedangan
  • Sumberrejo
  • Wonokerto ( ISHOMA )
  • Rejoyoso
  • Pagak
  • Gunung SLamet
  • Puncak PAL
  • Gunung geger
  • PLTA Bendungan Sengguruh
  • Kepanjen
  • Karang Duren
  • Kendalpayak
  • Jembatan Pelor
  • Bumiayu
  • Sawojajar
  • Garasi MotoEast Java ( Finish )

Dan tak lupa juga …. sebelum berangkat trabas …. masih ada ceremony buat kenang kenangan kita dihari tua nanti ….. sesi photo photo lengkap dengan anggota yang melalui perjalanan aspal dan non aspal. Saya sendiri nyempil dibelakang …. yang mana hayooooo ???

Trabas hari kedua pun dimulai …. feeling saya ngga enak nih …. dan ternyata betul …. hari kedua ini track nya lebih extreem dari hari sebelumnya. Tenaga pun dikuras lebih banyak lagi daripada hari pertama , tapi beneran saya nggak nyesel. Saya enjoy sekali menikmati perjalanan nan terjal ini sembari menggali selah selah motor CRF150 ini …..

Dan yang bener bener memberi tantangan adalah ketika mulai mendaki puncak PAL …. lumayan ngeri sebenarnya ….

Si CRF ini disiksa denga medan tanjakan dan penuh batu batu besar dan keras . eh… iyalah… batu gitu lho .. dan lebih nggak menyesal lagi ketika kita sampai di puncaknya …. pemandangan yang indah dan tempat yg aneh adalah membawa suasana tersendiri bagi saya. Rasanya ngga perlu dijelaskan …. lewat foto foto berikut mungkin anda bisa menggambarkanya sendiri yaks ….

eh… setelah puas di puncak , maka tantangan pun berlanjut. Kita diharuskan riding dg turunan tajam sekali berupa tanah dan kerikil. Pesan dari mentor adalah jangan ragu ragu , santai aja , masuk ggigi satu , turun pelan pelan sambil memainkan rem depan …. tarik lepas tarik lepas ….. dan rem belakang sesekali saja …… hanya buat imbangin. Alhamdulillah Ompuns selamat sampai bawah …. walaupun tangan dan pundak ini serasa tegang sekali.

Selepas dari area tsb, kita semua kembali ke Warung Makan di Wonokerto untuk ISHOMA sekalian melepas penat sebentar. Dan nggak pake lama …. selepas Wonokerto kita disuguhkan dg jalanan yang kebanyakan aspal. Kita bisa gasspoll agar nggak tertinggal dan kesasar …..

well…. tak terasa sudah sampai aja kita kembali ke garasi Motoeast Java ….. ngbrol ngobrol sebentar dan pulanglah kita menuju area rutin masing masing dengan hati puwas maksimal. Siap menyambut hari senin dg penuh semangat lagi …. kan baru di charge

Khusus untuk saya , ehemm…. diluar dugaan…. ternyata senin pagi saya masih ada tugas menyusuri aspal sepanjang 187 km ( by google timeline )

uedaannnn…. tenannnnn ….. lempooooohhhhhhhh ……

Biar ngga capek capek banget …. Revo saya kandangin dulu dan berangkat make si pulsar biru …. yg entah belum ada ide mau dikasih nama apa …

si Revo Turbo

Akhir kata , Terimakasih sekali lagi untuk semua pihak …. atas suksesnya acara HBD X JatimOblog ini …. khususon teruntuk MPM Jatim dan MPM Insurance serta MotoEast Java.

Noted :

Buat yang mau nge trail ….. jangan lupa pake sempak ! sayangilah burung anda …..

One thought on “a very special HBD : 1 dekade JATIMOTOBLOG”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s