Tips Soak : Per Rem belakang putus ( for bebek )

hai sobat soak semua….

pernahkah saat anda riding, tiba tiba rem belakang nggak balik ??? Nah, biasanya sih itu dikarenakan per tuas rem putus/hilang dijalan.

Jika demikian, maka bikersok punya tips instan bin brilian buat anda semua. Tips ini kebanyakan berlaku untuk motor bebek , walo motor lakipun bisa juga. Tergantung kreatifitas masing masing…..

Oke sob, untuk lbh jelasnya mari kita pelototin video berikut ini :

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/04/vid_20180406_142825.3gp

Nah, dr pidio diatas intinya ialah tuas rem nya agar kembali balik keatas , pada kasus saya…. ini per putus dijalan…. jadi sayapun cari solusinya dijalan…. yaitu karet ban yg nemu dijalan …… jiannnnn wkwkland tenaaannnnnn lahhhh……

yang penting motor bisa jalan lagi, bisa diperes keringetnya lagi, dan yg penting bisa cair lagi buat beli per rem.

Motor anda ngabisin uang anda atau menghasilkan uang buat anda ?”

Advertisements

Yamaha New R15 : cara naruh helm boncenger

guys…..

apakah anda ojek onlen ?

apakah anda sering antarjemput pacar ?

apakah anda sering anter istri kepasar,mall atau kemana mana ?

atau bahkan anda juga ojek pengkolan ?

jika anda pemakai Yamaha New R15 yg memang top level ini …. apakah anda bingung naruh helm boncenger anda ???

Melihat dan merasakan jok motor New R15 ini bagi bikersoak memang istimewa, yaitu

  1. Jok empuk, depan blakang
  2. Jok lebar bagi rider
  3. Jok lumayan panjang, mudah merubah riding position
  4. tali melintang dijok boncenger, menurut sy ini mempermudah saat parkir
  5. dan yg unik dan beda dg motor fairing lain ialah, jok yamaha New R15 yg bisa dibuka malah jok rider, bukan jok boncenger !!

Maka demi melihat bbrp hal diatas, dan jika anda membingungkan diri dengan helm boncenger, maka saya ada satu solusi simpel nan mudah buat naruhnya. Ya justeru di bawah jok rider spt gbr dibawah !! yakin 100% nggak ngeganggu rider saat riding. caranya ???

adapun cara mencangklongkan helm boncenger ialah :

1. buka jok tengah dg anak kunci , jangan pake linggis !!!

2. setelah terbuka, carilah cantolan berupa lubang atau apapun

3. buka tali helm, cantolkan sisi yg terkuat dilobang tadi. Biasanya yg ada besi nya.

4. atur tali helm agar tdk terlalu rapat agar jok bisa ditutup

5. Baru dech jok dipasang kembali.

Masih bingung ??? sediakan kopi dan zoom berkualitas untuk pict berikut ini

nnnaaahhhh….. sudah jelas kan ?

jadi berakhirlah artikel yg satu ini. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

plus sy haturkan terimakasih atas waktu dannkuota anda sudah mampir di blog goblig ini …. maturtenkyuuu…… keep safe and health…. jangan lupa bahagia…… !!!!

keistimewaan SpeedoMeter Yamaha New R15

sobat bikers yang disayangi anu ….. masih ingatkah kalian akan flagship motorsport 150cc dari Yamaha ? yooiii… dialah new R15 dengan segudang keunggulannya. Selain wajah nya yg maskulin, powernya yang padat berisi, badannya yg bohay bin bongsor sekelas 250cc, tentu anda semua nggak boleh lupa bahwa dia memiliki layar MID yang dapat dikategorikan sitimewa dan belum terupdate di lawan maen-nya. Apakah saja itu ?….eh, apa sajakah itu ?….. eh, apa saja itukah ??? btw, letsgo beib , mari kita maksimak satu persatu…..

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/02/vid_20180221_205942.3gp

Speedometer new R15 itu sangat kotak, semua orang pasti tahu …. cuman seperti pepatah dont judge by a cover …. maka dapat sy simpulkan sbb :

1. Indikator Gear, ada dipojok atas sebelah kiri. Fungsinya ? ya tentu saja ngasih tau ente kalo gigi ente lagi dimana ? eh, maksutnya tuh. ente lagi pake gigi berapa….. gituuu….

2. Tachometer, maksudnya ialah indikator rpm. .

3. fuel meter, artinya adalah penunjuk sisa bensin di tanki ! perlu diingat, meteran ini tidak peduli isinya permium,pertalit, pertamax,bensol bahkan air kencing onta sekalipun….. 4. Speedometer = penunjuk kecepatan realtime. Saya pernah dapet 132kmh on speedo, dan saat itu saya sudah merasa dekat sekali dengan Tuhan. Cuman, berhubung sy inget kalo belum bikin artikel ini….. jadi saya turunin gas, kendorin adrenalin, dan jadilah apa yang harus terjadi !

nah, 4 hal diatas tentu sudah biasa dilayar mid lain.

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/02/vid_20180221_205856.3gp

5. vva indicator : seperti kita ketahui kalo new R15 ini punya fitur vva , sehingga napasnya puanjaaannngggg !!! lhah funsi dr indikator vva ini ya menunjukkan bahwa katup vva mulai aktif, biasanya sih nyala di rpm 7500 keatas !!! wujud indikator ini adalah sebaris tulisan vva disertai lampu kelapkelip di box speedo bagian atas !!! banyak yg salahfaham saat lampu tsb nyala artinya waktunya opergigi …… jadi salahkaprah dechhh !!!!

6. konsol box sebelah kiri bawah, inilah yang paling sitimewa !!! Di baris tsb, bisa memuat banyak informasi yang tentunya bisa anda pilih sendiri. Caranya ? klik aja tombool select , terus akan saya jelaskan satu persatu. jangan lupa Siapkan kopi,gula dan gorengannya.

Odometer ialah pengukur total jarak yang anda tempuh selama hidupnya motor.

Trip 1 dan trip 2 adalah jarak yg bisa anda set disaat menempuh perjalanan , sifatnya sementara dan bisa anda reset ke nol dengan memencet tombol “reset” disebelah select. Fitur ini bermanfaat misalnya anda menempuh perjalanan luarkota, misal dari surabaya menuju tempat wisata coban rondo. aanda bisa nol kan trip 1 kemudian menuju malang, terlihatlah jaraknya. Sedangkan dari malang ke lokasi wisata bisa anda set dari nol lagi. Jadi ketauan seberapa jarak srby-malang dan malang -cobanrondo.

trip F ini akan selalu kembali ke nol saat anda matikan mesin. Fungsinya ? selain mencatat perjalaanan sementara anda, ini juga bisa jadi acuan verapa habis bbm point to point pada average fuel consumption dibawah.

fitur clock jelas menunjukkan waktu / jam. Jadi anda tahu waktu kalo pulang malem dan bini kunci pintu rumah.

Average speed ialah kecepatan ratarata yg anda tempuh selama satu perjalanan. Diaini memakai satuan km perjam.

average fuel consumption adalah berapa perkiraaan habisnya bensin anda berbanding jarak yg anda tempuh. Saya dapet 1:42-47 kmpl dan ini termasuk irit karena non ecoriding.

Nahhh….. ini diaaa…..

gambar diatas menunjukkan perkiraan konsumsi bbm anda saat perjalanan !!!! ingat… saat motor jalan lho…..

efeknya ??? anda bisa mengatur ritme gas / throttle saat lerjalanan, keliwtan banget itu irit enggaknya…. lhawong angkanya jalan terus.

Mode yg tersedia adalah km/liter dan liter/100km, cara ngerubahnya tinggal dipencet agak lama tombol selectnya saat mode tsb.

nah….. demikian sobat…. sekedar info agak detil tentang layar MID pada Yamaha New R15. Semiga bermanfaat untuk anda semua…..

selamat pagi….

semangat pagi…….

marikita ngopi …….

Trik U-Engines : Cooling system

sobat bikers sekalian,

jika kita penggemar khasanah per otomotif-an tentu sdh nggak asing lagi sama bermacam2 konfigurasi engine yg dipakai produsen motor/mobil. Lha untuk sekarang ini, kebanyakan make inline ( silinder sejajar ) dan V engine, kemudian adapula boxer engine yg silindernya 180′. Padahal diluar tiga itu masih ada beberapa konfigurasi mesin yg kurang diminati untuk diproduksi. Entah karena cost production ataupun life time mesin itu sendiri. Diantaranya ialah :

  1. mesin rotary , piston berbentuk bintang bisa segi 3, segi lima, dst.
  2. mesin radial, ini masih pake piston biasa tetapi gerak as kruknya seperti orbit planet
  3. W engine, ini jajaran piston seperti huruf W dengan satu as kruk
  4. L engine, konfigurasi pistonnya saling membentuk sudut siku terhadap piston laiinnya, sejatinya ini V engine dg derajat kemiringan 90′
  5. U engine, lha ini samaskali nggak masyhur….. mari kita bahas setelah yg satu ini
  6. …. dst…..

U engine sejatinya adalah mesin normal satu silinder dijajarkan. Jadi ada 2 piston, 2 stang piston, dan dua askruk. untuk lbh jelasnya bisa tanya bang Wiki ini, atau cekidot gbr berikut :

nah, dua as kruk tadi bisa dihububgkan baik dg gear, belt,rantai, dsb.

Kelebihan U Engine

Konfigurasi ini menurut saya sebenarnya hebat, karena setiap as kruk itu punya momentum, maka dua as kruk sama saja dengan mempunyai 2x lipat momentum dibandingkan konfigurasi 2 piston dan 1 ak kruk. Bahasa mudahnya ? torsinya nampol banget bahkan di motor overbore skalipun. Kemudian karena punya as kruk terpisah, maka sirkulasi oli memiliki jalur sendiri2 setiap solilindernya.

Kelemahan U Engine

Setiap konfigurasi mesin pasti memiliki kelemahan di satu sisi nya. Lha U engine ini , kelemahan terbesar dan belum terpecahkan ialah panas mesin di blok mesin bagian belakang. Susah lho…. lha poro insiwur aja sdh coba pake radiator coolant, ya tetep aja…. akan melemah kekuatan mesin belakangnya.

Nah, entah setan apa ( semoga bukan setan ) siang ini bikersoak kedapatan wangsit untuk memberikan sentuhan lain di konfigurasi ini, yaitu dirubah dari posisi puston konvrnsional berdiri menjadi tiduran macam motor bebek. Lha iseng2 pake head honda seri C100 jadinya spt dibawah ini :

jadi intinya tuh mesin dua duanya dapet pendinginan dari udara depan, sdh ngga pusing panas lagi. Tinggal mikirin bentuk sasis sama keseimbangan motor…. wkwkwkwk…. ( itu bukan tugas saya, biarlah mungkin setan lain lewat …. ya ngga tau lagi )

Demikian sobat, artikel ngga penting kali ini…. semoga bisa menambah fantasy anda … dan syukur2 ada yg mau mweujudkannnya….. hahahah…..

keep safety riding no sleding !

Tips Kirim spareparts by ekspedisi

Selamat sore sobat bikers….. Lama sudah rasanya bikersoak engga share trik dan tips gemblung di blog ini. Nah…. untuk mengobati rasa dongkol kalian, kali ini bikersoak akan membagikan tips seputaran kirim barang by expedisi, utamanya adalah spareparts yg tahan banting macam besi. Jika anda suka jual beli online, entah lewat fb, web, dsb….. tentu mafhum jika barang yg anda kirim jangan sampe lecet apalagi rusak di negara tujuan. Nah, bikersoak kebetulan mau kirim barang ke jw barat, berujud :

  1. Plat Jok RX king
  2. Tuas Rem belakang RX new
  3. Tuas perseneling Rx new
  4. kupingan lampu RX K dan RX100
  5. arm blakang Rx
  6. Plunger Blakang

Dan kesemuanya itu bikersoak jadiin satu… ngga pake peti kayu atau apalah…. Lha barangnya bijimana ? ngga rusak tuh ??? Begini caranya :

  1. masing masing barangbdibungkus kertas koran, kemudian disolasi kecil yg rapet.
  2. barang yg tajem , atau menonjol , itu anda bungkus pake bekas kemasan minyak goreng, pewangi lantai, dsb pokoke yg plastiknya lentur tp tebal. jgn lupa disolasi keliling.
  3. Kemudian semua barang ditata, usahakan masuk kedlm satu wadah, lha saya pake karung biasa yg harganya serebuan.
  4. Barang yg masih menonjol , dalemnya sy ganjel pake plastik bekas beras dirumah …. wkwkwkwk…
  5. kemudian tali kencang pake rafia
  6. kemudian disolasi keliling pake lakban
  7. kasih nama alamat no hp
  8. brangkat dech…..

Trik ini sdh bbrp kali sy lakukan dan alhamdulillah aman sampe tujuan. Bayangkan jk anda pake peti kayu dimana bobotnya lumayan nambah ongkir ??? mau lbh jelasnya ?liat pic berikut ini :

dan hasilnya ? ….. taaaarrraaaa….

jadi rapi kan ??? Adapun kelebihan sistem beginian ialah tidak menambah berat packing secara signifikan, tdk spt peti kayu. Btw kelemahannya ada juga sih…. yaitu hanya bwt barang yg tahan banting, tahan lempar, dan atos tentunya. Semogaaa…. dg artikel soak yg singkat ini bisa menambah manfaat, wawasan, dan membuka pikiran dan hati anda….. keep safety riding no sleding !!!

First Impresion : Yamaha New R15 yg perkasa !

huuiikkk…. !!! selamat pagi sobat sabit skalian…..

Alhamdulillah ya…. terjadi sesuatu dengan bikersoak dalam beberapa hari ini. Intinya adalah bikersoak diijinkan mereview toplevel sport product dari Yamaha kelas 150cc , yaitu New R15 + vva. Sebelumnya bikersoak haturkan terimakasih atas waktu dan unitnya ,trutama kepada Yamaha RSSM ( Roda Sakti Surya Megah ) utamanya yg main dealer Malang yg telah memberikan kepercayaan kpd orang soak kayak gini untuk test dan review product…. dan apakh anda penasaran akan seperti apakah jadinya ? mari kita ikuti dunia dalam berita berikut ini.

First Look, pada pandangan pertama saya…. secara secara visual desain keseluruhan tentang motor ini ialah body sporty,besar/bongsor tapi compact , liat dashboard canggih juga, bisa saling sapa antara motor & rider ….. wkwkwkwkkkk.

Kalo kita blejeti satu persatu begini jadinya :

Muka atau rai : New R15 ini menurut saya ikut dalam katagori maskulin, desain dua lampu depan sipit ber Led Headlamp seakan seperti senyuman…. kurang garang dibanding R25 yg agak melotot, dan itulah kenapa bikersoak julukin si motor maskulin !!!! whateper ada yg bilang kaya motor cc 600 sebelah…. yg pasti kalo liat langsung enggak lah. … dia punya desain sendiri walo jadinya agak mirip.

Kemudian disematkannnya shock depan sistem upsidedown, jiannnnn…. nambah caem tampilan saja. Masalah perfoma shock nya kita lanjutin di artikel berikutnya. okreee ???

Tengah / badan : lhaini ….. ini …. gawat nih…. bikin mata saya berdersir ….. lekuk body nya sporty bingit, baik dilihat dari samping maupun atas ! cek gambar dibawah kalo kaga percaya ! pemakaian fairing yg ngga kebesaran dipandu dengan body yg besar… aura nya dapetlaahhh ….. ditambahin dg rangka deltabox yg terlihat jelas, plus jok tinggi dan bentuk tanki yg tegas……hhmmm….. good job ! ngga malu2in walau gonceng rondo kempling ….

Pantat / sektor blakang : Pantat New R15 ini menurut ane terlalu nungging…. tp itu sesuai lah sama tema sportty -nya. Jarak ban blakang dengan body blakang termasuk jauh. Kalau lekuk desin, dari samping sudah oke…. lancipnya dah bagus, cm kalo diliat dari atas kaya ada sayapnya… mungkin ini semacam winglet tapi kok dibelakang ?? wkwkwkk….. justeru itulah….. winglet ini kuat banget lho…. bisa jadi pengganti pluner belakang buat pegangan yg boncengff…

Kemudian cek ke lampu rem, keliatan ini nyempil di buritan, mungkin masih trending juga sih… wong gsx & cbr juga gitu….. and spakbor blakang juga sdh mumpuni menahan cipratan air dengan menjulur keluar. Jangan khawatir…. kuat kok ini karena ada rangka besi nya.

Kemudian , dengan ukuran ban depan belakang yg gambot dipadu dengan pelek yg lebar…. plus body bongsor… dapat saya simpulkan….. dari sisi view pandangan mata, desain new R15 ini sudh proporsional, dan tentu dengan body bongsor nya sangat ngaak malu2in bahkan dijejer sama motor 250cc skalipun. Kelihatan sekali Yamaha AllOut untuk produk top level 150cc ini dengan pembuatan yg sangat berbeda dengan seri R15 sebelumnya.

Berikut adalah spesifikasi teknis Yamaha New R15+vva berdasarkan sheet pabrikan :

Spesifikasi All New Yamaha R15 2017

Dimensi : 1.990 X 725 X 1.135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 815 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.325 mm
Berat : 137 kg
Tipe Mesin Liqquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Jumlah Silinder : Single Cylinder
Volume Silinder : 155,1 cc
Bore X Stroke : 58 X 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum14,2 kW (19,3 HP) @ 10.000 rpm
Torsi Maksimum14,7 Nm @ 8.500 rpm
Sistem Starter : Electric
Kapasitas Bahan Bakar 11 Liter
Sistem Pembakaran : Fuel Injection
Clutch Type : Wet Type Multi-Plate Clutch
Ukuran Ban Depan : 100/80-17 M/C 52P
Ukuran Ban Belakang : 140/70-17 M/C 66S
Suspensi Depan : UpSide Dow
nSuspensi Belakang : Aluminium Rear Arm

Kalo tentang impressi berkendara, power , handling, dsb bisa dech kita lanjutin ke artikel berikutnya….. stay tuned on this blog ! ….. yeahhh

Tips Pulsar 135 LS : manipulasi sensor TPS

hai sobat bikers…..

jika anda pemakai Pulsar series, apalgi yg seri P135Ls , tentu anda mafhum ada banyak sensor berjejalan di body nya…. padahal doi masih motor karbu. Manfaat sensor2 tsb memang dahsyat…. karena pada saat itu… motor ini sdh menyamai bahkan melampaui power2 motor 150cc jepun, tetapi tetap irit seirit motor bebek !!!

Dan tau ngga ? top levelnya Pulsar 220 lebih gila lagi sensornya…. sehingga membutuhkan komputer 16bit sbg otaknya. Powernya diatas kompetitor, tp masih tetep irit seirit sport 150cc.

Nah, sepanjang yg admin tahu… pulsar 135LS ini mempunyai sensor :

  • Sensor Panas, letaknya di liner blok bagian belakang. Fungsinya mematikan motor saat overheat.
  • Sensor lampu depan , pada moto fullwave lain, jika kontak on maka lampu depan juga nyala. Lha pies ini enggak ! nunggu mesin nyala baru lampu depan nyala. Namanya hcu/headlamp control unit, intinya semacam relay, jadi ketika mesin nyala ,tegangan berarus ac dari sepul akan masuk ke hcu dan mengaktifkan tegangan dc ke lampu.
  • Sensor TPS, yaitu sensor pengapian agar berubah saat skep karbu naik turun sesuai bejekan gas. Next akaj dibahas lbh lanjut.
  • AutoChoke, ini adalah sensor otomatis choke , make listrik aki…. jadi ngechoke nya otomatis. Blm jamak pada saat itu !
  • di dashboard panel speedo tertera indikator low voltage, artinya ada semacam sensor tegangan, tp sayang punya pies terlalu sensitip, jadi saat headlamp nyala ikut nyala pula….
  • dsb

Nah, dari beberapa sensor tsb, tentu membutuhkan kontrol unit, semacam komputerlah……shg di pulsarseries inilah ada motor karbu ber ecu, namanya BCU yg punya komputer 8bit. Fungsinya juga mengatur duanbusi yg nyaa bergantian sesuai rpm. Dari itu semua didapatlah power 13.5hp on wheel ( bertebaran digoogle pengukuran dyno nya ) dan gendenganya tetep irit…. pada kondisi baru 1 ltr bbm buat 60km bukan isapan jempol. Bandingkan dg sport jepun yg saat itu bermain di 11-12hp, itupun oncrank !!! dan berkutat di 1:40 bbmnya. oh iya, sampe saat inipun walo berinjeksi, yg lain masih kesulitan menyaingi keiritan pies ini…. walo power bolehlahh…. sdh banyak diatas pies …. ( inget cc ! )

kalo punya ane, masih dapatlah 1:50 dengan speeding maks 60kmh. padahal udah boreup jadi 152cc dan karbu sejuta umat, yaitu karbu RX.

okelah guys… demikian sekilas about pies, sekarang mari kita simak tulisan dari mbah Dedy Setiawan , si doctor exhaust dari purbalingga ! ( rekomended seller bagi yg mau apgred knalpot dg harga lbh miring, semiring manusia nya ). klik aja nama diatas untuk yg pengen tahu !!!

Manipulasi TPS/Throttle Positioning Sensor (Digital Variable Mapping CDI)
.
Seperti kita ketahui, CDI p135ls merupakan “smart CDI” karena di lengkapi TPS.
Yakni sensor variable “resistor” yang terpasang di karburator, yang mekanisnya mengikuti gerak terbuka dan menutupnya katup kupu2 di karburator.
Prinsip kerjanya merupakan variabel tegangan yang berubah-ubah sesuai gerakan bukaan gas yg terhubung dg sensor TPS tsb.
Tegangan yang berubah-ubah inilah yang dikirimkan ke driver pengapian cdi.
Konon, CDI pies sudah advance yang memiliki 10 mapping/grafik/timing pengapiadm yang dikendalikan oleh sensor TPS tsb.
.
“Ibarat sebuah potensiometer “volume” sebuah amplifier. Ketika diputar menutup, maka suara pelan. Dan sebaliknya ketika di putar semakin membuka, maka semakin keras suaranya.”
.
Lalu apa gunanya TPS tersebut? Yakni agar timing pengapian tidak lagi tergantung putaran mesin/rpm lagi, melainkan teknologi pengaturan timingnya sudah tergantikan oleh variable sensor mengikuti sudut bukaan gas di karburator.
Efeknya:
– emisi gas buang yang bersih karena grafik selalu tepat menyuguhkan diberapapun rpm.
– Akselerasi lebih baik daripada CDI analog “jadul” maupun CDI non TPS.
– Efisiensi pembakaran sekaligus menjadikan efisiensi bahan bakar.
.
.
Lalu bila kita mengganti karburator orinya yang terdapat sensor TPS dengan karburator lainnya seperti pe 26, vm 26, dll bagaimana? Gak fungsi donk fitur smart ini?
.
Jawab : benar, TPS jadi non aktif “ya iyalah, soketnya mau di colok kemana?”
Namun tidak akan mengurangi tenaga mesin selagi kita dapat setingan terbaik karburatornya.
Hanya saja, emisi gas buang tidak lagi sebersih pakai TPS “aktif” dan tentu saja, lebih boros daripada karbu orinya.
Karena :
1. TPS off di ibaratkan ketika katup gas di sensor di kondisikan menutup. 0.8 volt.
2. Timing pengapian di kondisi low walau api busi tetap terlihat tetap besar.
3. CDI kurang maksimal.
.
Lalu upaya apakah agar kita fungsikan TPS tanpa ribet ketika pake karbu lain?
.
Jawab : langkahnya, kita manupulasi/mengkondisikan Output tegangan dari soket TPS pada posisi full yakni 3.8 volt.
Caranya : lihat gambar : yakni dengan menjumper/menghubungkan soket no.1 dan no.3 dengan resistor 10 kilo ohm.
Karena dg resistor senilai 10k tsb didapat tegangan ideal 3.8 volt.
.
Adakah pengaruhnya terhadap akselerasi? Jika feellmu peka pasti merasakanya atau silakan naik dynotest.
Intinya : dg cara saya diatas, dapat meningkatkan efisiensi bbm ketika pakai karbu konvensional.
.
nb : saya pakai karbu king, waktu setingan belum dapet, FC : 1:32 km “buoros”
Sekarang dg custom jarum skep, pj 17.5 dan mj 150, di tambah manipulasi TPS, didapat fc rata rata 1:45 km, busi putih agak kecoklatan bersih. Sangat irit menurut saya dibanding sebelumnya. Hampir seirit karbu vakum namun tenaga sangat padat.
.
Sekian sharing hari ini :
#Doctor_exhaust

bikernya soak, motornya soak, otaknya soak ….lengkap sudah !!!!

Advertisements
%d bloggers like this: