Penyebab Honda menguasai pasar Indonesia

image

Nb. Guyon lho gan ! Wkwkwk…

Posted in umum | 1 Comment

Royal Enfield : terkinthil – kinthil

image

Hai kawans ….. tidak berlebihan rasanya jika saya mengangkat judul diatas. Lha wong getarannya masih terasa nikmatnya setelah sehari semalam hare !
Tepatnya hari minggu 19 april 2015, saya a.k.a bikersoak+otaksoak diberi kesempatan sama bro ameck untuk tesride motor kebo ini. Siapa itu bro ameck ? Dia adalah the lost one , salah satu blogger tua yg hilabg dari predaran spt saya, jadi istilahnya kawan tua saya di dunia perbloggeran. Kalo ngga salah kita sdh gentayangan didunia blog sejak 2003-2004 sejak blogspot merajalela didunia maya dan alhamdulillah masih kerasa banget persodaraanya sampe sekarang.
Back to topik !

image

Berlokasi di area mc D juanda , saya bersama teman2 Jatim Oto Blog memulai acara tesride unofficial ini setelah makan siang. Makan siangnya nggak usah dibahas !
Pertama melihat, gile lu ndro ! Klasik ajib pokoke ! Detil ke klasikanya kentara banget, apalagi yg versi Classis Chrome spt diatas. Handbuilt-nya juga termasuk ajib…. tidak sia sia rasanya saya kesini !
 
Berhubung foto2nya blm kumpul… artikel ini berlanjut besok aja yaaaaaa ….. terimakasih sudah mampir …. ! Nggak boleh sakit ati lhooooo….

Posted in umum | 4 Comments

Mio M3pun bisa tak luput dari Bully lanjutan ….

wpid-img_20150119_141456.jpg

Mohon maaf sebelumnya sobat…..

Jika melihat judul diatas, jangan negatip thingking dulu yaaa….. ceritanya begini : Saat produk ini masih desas desus, dan saat saya melihat gambarnya…. woww…. designya bagus, terutama sektr depan, kalo sektir belakang rasanya sdh akrab saja….

wpid-img_20150119_141447.jpg

Orang boleh bilang mirip2 ke metik sebelah, tapi disaat kita melihat real nya…. sangat beda kok …. ( bahkan kalau sy melihat sepintas dijalanpun akan mengatakan berbeda ). walau secara global design muka-nya memang segaris. Halal halal ajalah… lhawong dulu saat New Blade muncul dan mirip ama jupie juga nggak heboh heboh amat ….. ( nggak separah hebohnya m3 ).

Terus apa coba yg bisa berpotensi di bullynya produk ini ?? ( selain design ).

Kalo menurut biker soak, ada yg aneh dan janggal dan tidak sesuai dg manisnya tampilan mio m3 ini …. yaitu powernya …… sungguh memnmbuat saya bingung …. dari volume silinder yg 125cc dan mengedepankan harga yg setara kelas 110cc harusnya ini value banget , hanya saja….. kenapa powernya juga dibikin 11-12 sama kompetitor yg 110cc ???? kalo menurut pribadi ane…. rasanya enggak boleh banget…. harusnya ya diatasnyalah…..

untuk lebih jelasnya, mari kita lakukan perbandingan berikut ini :

1. Yamaha mio m3, power tercantum 7,0 KW/8000 rpm = 9,387 hp/8000 rpm

2. Suzuki Address 9,4ps = 9,27 hp

3. Honda Beat fi = 6,38 kw (8,68 ps / 7.500 rpm) = 8,56 hp

4. Honda Scoopy new = 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm = 8,4 hp

5. TVS Dazz = 8,34 hp

Spesifikasi masing2 motor diambil dari website resmi produk yg bersangkutan. Seluruh power tercantum penulis konversikan ke satuan horse power agar lebih mudah membandingkan.

Nah….. kalau kita lihat power mesin mio m3 yang 125cc hanya selisih sedikit dari produk kompetitor yg selevel harga. Sama sekali nggak ada selisih 1 hp pun, dan ini termasuk membuat saya kecewa. Apalagi sekarang telah keluar sang kakak GT125 yg powernya mencapai 11,4 ps alias 11,2 hp.

Yang saya engga tahu, mungkin memang sengaja di setting demikian sebagai pembeda antar produk yang nantinya akan sama semua cc-nya. Tapi sengaja atau tidak ini akan memancing kembali bullying di media maya sehingga Yamaha perlu waspada …… dan perlu diingat !!!  Media blog masih efektif … bahkan sangat efektif menyebarluaskan berita2 sehingga sudah seharusnya pabrikan memberikan produk yg benar2 kompetitif ke masyarakat luas.

Sebagai pengalaman pribadi, dan tidak mengurangi rasa hormat kpd siapapun ….. sayapun dulu sempat tertarik…. bahkan sangat tertarik sama produk ini ( saat itu saya butuh motor untuk kerja ) tetapi dari value yang ditawarkan, akhirnya sy memilih produk sebelah karena =

1. Kapasitas tanki, ini krusial sekali karena sebelum ini saya pakai nex harus bolak balik ke pombensin …. padahal kalo pas buru2 dan ketemu antrean panjang bikin keki dihati. Disini saya milih yg punya tanki 5ltran

2. Bagasi, walau m3 ini termasuk luang …. tapi melihat kompetitor yg bahkan helm fullface bisa masuk ( dan masih bisa ditambahin jas ujan ) membuat saya meliriknya. bukannya apa-apa ….  kalo pas bawaan banyak rempong banget cantol sana sini …belum lagi ngeganggu konsentrasi riding krn takut bawaan jatuh. Disini, feeling kenyamanan riding masih unggul produk sebelah

3. Fuel Consumption. Jika sudah ngomong irit, ya dapat dipastikan iritnya yg kemarin sy beli lebih irit drpd m3 ini ….. krn uji nyali dan tesride dimana2 sudah dibuktikan.

4. Power , dg cc yg cuma sekian bisa menandingi power m3 yg notabene lbh besar cc-nya.

5. terusterang saja, melihat lampu belakang m3 dan saat saya sentuh… lha kok uglak uglik … kayak ngga kenceng dan itu sy lakukan bahkan di 3 diler dan hasilnya sama semua.

6. Build quality, m3 ini sebenernya sdh bagus…. tapi kalo melihat adeknya… bahkan sekelas mio j dan soul gt aja sy bisa illfeel …. apalagi kalo dibandingkan xeon … wuaahhhhhhhh….. kesan produk dibuat murah kentara banget.

Demikian sekilas inpo …. semoga berkenan di hati …. karena saya tidak membandingkan PWR atau power to weight ratio …..

wpid-img_20150119_141347.jpg

( semua foto hasil jepretan A7s punya sendiri, silahkan dipakai krn sengaja tidak ane cantumin watermark apalagi waterfall )

Posted in umum | 7 Comments

Apa sih fungsi “Sayap” di motor motogp DUCATI GP15 ?????

Melihat begitu dominan nya motor ducati sejak freeparctice sampai balapan pertama motogp cukup mengundang decak kagum dan banyak pertanyaan di kepala kepala yg ada sedunia …… bagaimana bisa ???? apa yg beda dg motor sebelumnya ????

Satu hal yg pasti adalah penambahan sabun  WINGs alias sayap di tengah fairing motor. Apaakah itu perlu ??? atau buat aksesori saja ??? dan apakah cuma Ducati yg makai ??? ternyata tidak beroooo ….. jika duc GP15 punya dua sayap yg nggak ngepak dan tidak terbang di kanan kiri …. maka justeru ada yg jauh lebih sangar lagi, yaitu Kawasaki H2R yg jelas motor tsb lebih nggegirisi , bukan hanya krn power yg mencapai 300hp tapi justeru lekuk body yg sangar yang sampai punya 4 sayap untuk jabanin speed yg didapat.

Kembali ke leptop soak !!!!!

Menurut penerawangan otak soak saya, mari kita preteli satu satu dari dua motor tsb.

1. DUCATI DESMOSEDICI GP15

ducati-gp15-dovizioso-iannone-motogp-qatar-2015-2ysuyjakzlqlcws9c804qy

SPECIFICATION :

ENGINE
Liquid-cooled, 90° V4, four-stroke, evo
desmodromic DOHC, four valves per cylinder.
CAPACITY
1,000cc
MAXIMUM POWER
Over 240hp
MAXIMUM SPEED
Over 340 km/h (211mph)
TRANSMISSION
Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final
drive.
CARBURATION
Indirect electronic injection, four throttle
bodies with injectors above and below the
butterfly valves. Throttles operated by the new
EVO 2 TCF (Throttle Control &Feedback) system.
FUEL
Shell Racing V-Power
LUBRICANT
Shell Advance Ultra 4
EXHAUST
Akrapovič
FINAL DRIVE
D.I.D Chain
FRAME
Aluminum alloy twin-spar
SUSPENSION
Öhlins inverted 48mm front fork and Öhlins
rear shock absorber, adjustable for preload,
new factory evolution damping system.
ELECTRONICS
Magneti Marelli ECU programmed with Ducati
factory software
TYRES
Bridgestone 16.5″ front and rear
BRAKES
Brembo, two 320mm/340mm carbon front
discs with four-piston callipers. Single stainless
steel rear disc with two-piston calliper
DRY WEIGHT
158kg (348 lbs.)

2013-ducati-streetfighter-s-street-predator-excellence-photo-gallery_03

TEMANS….. saya amat yakin sekali, fungsi sayap disamping fairing tsb adalah untuk menambah gaya downforce alias gaya tekan kebawah bukan jatuh. Kemudian, apa keuntungan dari downforce yg diperbesar ??? lanjutanya adalah daya cengkeram roda lebih baik, karena seolah olah motor ditekan kebawah seiring bertambahnya kecepatan, alias menambah daya cengkeram ke aspal ( tapi tidak sampai merobek aspal spt pabrikan sebelah… xixixixi ).

Lanjut gan….. apa efeknya di motor duc GP15 menguntungkan ??? spt kita tahu, dari jaman sebelum rossi sampai rossi di duc, power Duc GP sangat besar, apalagi saat dipegang stoner, bahkan dikatakan tenaganya sangat liar…. ( tapi di jaman rossi malah diturunkan powernya agar mudah dikendalikan ). Bukti lain adalah saat adu drag di terk lurus motor ini selalu menang, bahkan nggegirisi saat nyalip alias bikin kaget yg disalip …. dan saking gede powernya yg disalurkan ke roda belakang, maka motor ini  mudah sekali wheelie ( dan pada kondisi ini ban depan sangat berkurang daya cengkeramnya ) sehingga apabila dipadu dengan jalan yg berbelok efeknya sangat merepotkan, seolah2 roda depan melayang. ( lha pas belok hare !!! ).

Saya rasa pada saat kritis itulah sayap ini bisa berfungsi, bahkan membuat fungsi keseluruhan motor lebih baik … yaitu menekan motor khususnya roda depan lebih mencengkeram aspal. Efeknya menikung lebih smooth dan berani dilakukan rider, lihatlah bagaimana rider2 duc GP15 di qatar kemarin lebih mudah “belok” dibandingkan motor2 duc sebelumnya.

Apakah di trek lurus juga berpengaruh ??? lha belok aja sdh membantu apalagi trek lurus,,,, begitulah analisa otak soak sementara ini …

trus…. bagaimana dg sayap H2R ??? mari kita telaah di poin berikut ini.

2. Kawasaki H2R

H2R

SPECIFICATION :

POWER
Engine
Liquid-cooled, 4-stroke in-line four
Displacement
998cc
Bore x Stroke
76.0 x 55.0mm
Compression ratio
8.3:1
Fuel System
DFI® 50mm throttle bodies x 4 with dual injection
Intake System
Kawasaki supercharger
Ignition
Digital
Transmission
6-speed, return, dog-ring
Final Drive
Chain
PERFORMANCE
Front Suspension / Wheel Travel
43mm inverted fork with rebound and compression damping, spring preload adjustability and top-out springs / 4.7 in
Rear Suspension / Wheel Travel
NEW Uni-Trak® with gas-charged shock, piggyback reservoir, dual-range (high/low speed) compression damping, rebound damping and preload adjustability, and top-out spring / 5.3 in
Front Tire
120/70 ZR17 M/C (58W)
Rear Tire
190/65 ZR17 M/C (78W)
Front Brakes
Dual radial-mount, opposed 4-piston calipers, dual semi-floating 330mm discs, KIBS ABS
Rear Brakes
Opposed 2-piston calipers, single 250mm disc, KIBS ABS
Cooling System
Water-cooled
DETAILS
Frame Type
Trellis, high-tensile steel, with swingarm mounting plate
Rake/Trail
25.1 degrees / 4.3 in
Overall Length
81.5 in
Overall Width
30.3 in
Overall Height
45.7 in
Ground Clearance
5.1 in
Seat Height
32.7 in
Lubrication
Forced lubrication, wet sump with oil cooler
Curb Weight
476.3 lb**
Fuel Capacity
4.5 gal
Wheelbase
57.1 in
Color Choices
Mirror Coated Black/Real Carbon
OK… lanjut gan …. mari kita perhatikan gambar berikut ini :

KAWASAKI-H2R_01-640x420_c

Tampak sekali ada empat sayap utama dan dua sayap sekunder, sayap utama menurut otak soak ane … fungsinya sama dg penjelasan sebelumnya, yaitu menambah gaya downforce demi meladeni power dan speed gendengnya. Sedangkan sayap sekunder letaknya di bawah air ram, dimana itu ??? yg bolongan dua kayak headlamp itu lho ??? itu sebenernya air ram duct alias jebakan betmen udara agar mengalir ke air filter dimana motor ini sdh menyiapkan supercharger dibalik tankinya. Sangar mbok …. !!!!  jadi udaranya diperangkap dan dipaksa masuk ke lubang bolongan yg diharapkan untuk dimanfaatkan menambah pasukan oksigen. Dan kalo air ram duct ini semua moge seinget saya pake dech …. diatas 1000cc lhoya…

jika kurang jelas juga, nih ane kasih congornya :

l32zzwgl.v1k

jika spek diatas adalah aseli dr website kawak dan tidak dicantumkan, maka diluar sungguh beredar konon powernya sampai 300hp dg speed melebihi motogp…

Sedemikian penjelasan ane selaku biker soak… tentu masih banyak ke alpaan sana sini…. dan cuma atu yg ane penasaran… bisa gak ya diterapkan dimotor harian atau korekan bali ??? xixixixixiii…..

Pict Sorce : Kawasaki Website

Posted in umum | 2 Comments

Vario Ala Suzuki = address

IMG_20141129_140658[1]

temans…..

setelah saya meminang address bbrp bulan yg lalu, dan setelah melakukan pengamatan yg kurang mendalam …. rasa rasanya kok banyak sekali kemiripan antara vario 125 dg suzuki address, terutama dlm hal body ( krn mesin jelas beda ). Mengapa sy berkata demikian ????  karena eh karena beberapa hal berikut ini :

1. Jok : mempunyai bentuk yg agak mirip , walaupun beda bahan dan kulitnya. ini buktinya :

IMG_20150221_142244[1]

versus

IMG_20150221_142249[1]

2. Behel belakang sangat miirip malahan :

IMG_20150221_142232[1]

versus

IMG_20150221_142238[1]

3. Tumpakan : dari segi kenyamanan sungguh mirip…. mungkin krn selisih sedikit wheelbase keduanya …. akan tetapi dari sisi handling sudah jelas beda… masih enteng dan lincah address ….. gatau ya knp ??? disinyalir beda geometri sasis ……

IMG_20150221_142211[1]

jarak sumbu roda Vario 125 = 1280 mm sedangkan Addresss = 1260 mm … tuh kan mirip ????

Dimensi vario 125 = 1918 x 689  versus Address = 1845 x 665 ….. tuh kan mirip lagi ???

tapi jika di jejerkan bersama , maka akan keliatan bannget lebih gede Address

IMG_20150221_142201[1]

( njaluk disampluk nek jik ngomong efek kamera ! )

Posted in Iseng, umum, Utak - atik | 8 Comments

Ini dia spek motor di motogp 2015

image

SPESIFIKASI MOTOR MOTOGP 2015
=============================

image

DUCATI DESMOSEDICI GP15

ENGINE
Liquid-cooled, 90° V4, four-stroke, evo
desmodromic DOHC, four valves per cylinder.
CAPACITY
1,000cc
MAXIMUM POWER
Over 240hp
MAXIMUM SPEED
Over 340 km/h (211mph)
TRANSMISSION
Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final
drive.
CARBURATION
Indirect electronic injection, four throttle
bodies with injectors above and below the
butterfly valves. Throttles operated by the new
EVO 2 TCF (Throttle Control &Feedback) system.
FUEL
Shell Racing V-Power
LUBRICANT
Shell Advance Ultra 4
EXHAUST
Akrapovič
FINAL DRIVE
D.I.D Chain
FRAME
Aluminum alloy twin-spar
SUSPENSION
Öhlins inverted 48mm front fork and Öhlins
rear shock absorber, adjustable for preload,
new factory evolution damping system.
ELECTRONICS
Magneti Marelli ECU programmed with Ducati
factory software
TYRES
Bridgestone 16.5″ front and rear
BRAKES
Brembo, two 320mm/340mm carbon front
discs with four-piston callipers. Single stainless
steel rear disc with two-piston calliper
DRY WEIGHT
158kg (348 lbs.)

image

YAMAHA YZR-M1 2015

ENGINE :
1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with
crossplane crankshaft
CHASSIS :
Aluminium twin tube delta box with multi-
adjustable steering geometry
Aluminium swingarm
TRANSMISSION : 
Six-speed cassette-type gearbox with
alternative gear ratios available
WHEELS : 
MFR Forged Magnesium 16.5 front, 16.5 rear
BRAKES : 
Brembo, two 320mm carbon front discs, two
four-piston calipers. Single stainless steel rear
disc, twin-piston caliper
POWER : 
Over 240 horsepower – 176KW
SUSPENTION : 
Ohlins upside down front forks and Ohlins rear
shock, all adjustable for pre-load and
compression , rebound damping
TYRES : 
Bridgestone, 16.5 inch front, 16.5 inch rear,
available as slick and wet tyres
WEIGHT : 
158 kg.

image

HONDA RC213V 

DIMENSIONS
LxWxH
2052mm x 645mm x 1110mm
WHEELBASE (mm)
1435mm
ROAD CLEARANCE (mm)
115mm
WEIGHT
160 Kg (based on FIM regulations)
ENGINE
Liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
DISPLACEMENT (cc)
1000cc
MAXIMUM POWER
Over 175 KW
FRAME TYPE
Aluminum twin-tube
WHEELS
Front : 16.5″ inch / Rear : 16.5″ inch
SUSPENSIONS
Front : Telescopic fork / Rear : Pro-link
FUEL TANK CAPACITY
20 Litres

image

SUZUKI GSX-RR 2015

Overall length x width x height: 2,096mm x
720mm x 1,140mm.
Wheelbase: 1,457mm.
Body weight: 160kg (based on FIM regulation).
Engine type: Water-cooled, four-stroke in-line
four-cylinder, DOHC four-valve.
Displacement: 1,000cm3.
Maximum output: Over 169kw (230PS).
Frame type: Twin-spar aluminum.
Tyres (front/rear): 16.5in/16.5in.
Front suspension: Ohlins, inverted fork.
Rear suspension: Ohlins.
Brakes (front/rear): Carbon disk/steel disk,Brembo.

Picts source : crash.net & motorcyclenews.com

Posted in umum | 1 Comment

Problem Solved

IMG_20141231_070036[1]

Alhamdulillah temans…. dengan pemberitaan kemarin : https://ompuns.wordpress.com/2015/03/23/suzuki-nex-hbs-ganti-vanbelt-bergetar-ini-sebabnya-2/ dan perjuangan temen2 mekanik, akhirnya nex ane dpt sparepart langka tsb ( dimalang ).

Dan impressinya bagus, sekarang nex merah sdh sefger buger dan siap turing lagi …. aminnnn…. !!!! trmksh atas doa dan mantra2nya.

pokoke wes normal manehhh koyo maune…. ciaooooo

Posted in umum | Leave a comment