kendaraan fit dengan Voltage Stabilizer !!! ( bag. 1 )

kawan… apakah anda sudah pernah dengar voltage Stabilizer yg dipasang di kendaraan ??? Nah, sebenarnya apa sih manfaatnya ? dan apa benar menambah tenaga serrta menghemat bbm sekaligus ??? apa bisa dibuat yg murah meriah aja daripada yg beredar dipasaran ? ( 800rb keatas ). Jawabanya BISA ! bahkan hanya dg bbrp lembaran puluhan ribu rupiah saja. Penasaran ? lanjooott……. gan

######## skip ….. ######

Okelah kawan…. kali ini bikersoak akan membahas hal yg tumben lebih serius dibandingkan sama artikel2 lainnya. Stay tune dan siapkan kopi kental yaaaaa….. okre ???

Voltage stabiliser secara katakosa artinya penstabil tegangan. Lha emang kenapa perlu distabilkan ? kan aki sudah stabil ? Memang, tegangan tersimpan di aki sudah stabil…. tetapi itu hanya pada pemakaian konstan dimana itu adalah hal mustahil di kendaraan. Maksud saya, pada pemakaian ya ….. ingat !!! kemdaraan selama dipakai itu rpm mesin naik turun…. secara elektronnik, sistem pengapian membutuhkan daya juga naik turun ! kemudian kendaraan jaman now sudah injeksi disertai sensor2, nah…. itu juga bekerja seirama rpm memakan setrum… dan itu masih ditambah banyak hal lain macam lampu , audio, klakson, dsb.

Kalo diibarat kata nih.. kaya PLN dirumah kita…. saat makai mesin cuci tentu nyedot daya yang variabel, ngga konstan kayak lampu yg menyala terus…. belum lagi kalo punya pompa sanyo, pemanas air, kulkas, dll dimana mereka menyedot daya lebih besar saat ppemakaian pertama daripada daya yg seharusnya

Nah, voltage stabiliser yang beredar dipasaran ini 90% ber inti kan kapasitor , yaitu suatu alat elektronik yg bisa menyimpan arus sementara. Lhah kok sementara ? iyalah…. memang karaktermya spt itu ! tapi jgn lupaaaa…. dia juga veryfast charging & release , alias kalo diisi sangat cepat penuh dan saat tegangan dipakai dia akan mengeluarkannya secepat kilat…. lebih cepat drpd aki ….. cateeetttt !

Berdasarkan karakter itulah …. sejatinya stabiliser tegangan bekerja…. dan tentu saja bermanfaat bagi kelistrikan kendaraan keseluruhan. Banyak kawan2 yg masih rancu atau bingung dg cara kerja kapasitor. Nah… agar enggak puyeng …. anda bisa mengandaikan nya begini :

Anda butuh ngisi air di bak mandi sebesar 3 meter kubik. Sedangkan Sumber air terdekat adalah bendungan yg isinya ber-ton2 kubik air. Jika ember anda isinya 5 liter air, atau jerigen anda isinya 25ltr air… berapa kali anda bolak balik ke Bendungan agar bak mandi anda penuh ??? lama juga kan ? ngopi segelas juga tandas duluan…..

Nah, jika ditengahnya bendungan dan rumah anda dikasih tandon air, walo isi tandon cm 10 meter kibik…. lebih cepat mana anda ngisi bak mandi anda ?

catetan :

  • bendungan = aki/accu
  • tandon = kapasitor
  • bak mandi = pemakaian setrum

Nah… sekarang sudah jelasss kan pada ????

Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Wikipedia

Kapasitor itu sendiri mempunyai banyak jenis… tetapi hanya digolongkan menjadi dua, yaitu kapasitor bernilai tetap dan tidak tetap atau variabel.

Nnnnaaahhh….. yg manakah yg cocok buat kendaraan ? sebenernya sih tergantung pemakaiannya buat apaan, tapiii… menurut ane jenis elektrolitlah yg pas…. biasa disebut elco kalo ditoko elektronik.

Setelah memahami how its works ! tentu anda masih penasaran bagaimana membuat atau merakitnya sendiri dengan mudah , murah dan meriah tentunya. DIY yg pengen bikersoak sampaikan akan ada si artikel besok besok besok….. yaaa….. ( maklum nih jempol mulai kram … udah nulis sampe berbusa busa gini ).

Jadi.. jangan lupa pantengin terus blog soal ini …. agar arwah anda tidak penasaran…..

Advertisements

Menghadapi kabut dan horor ….

Cerita ( bukan ) horor
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
kawan , sekitar hbs magrib tadi malam ( malam jumat ) sy ada perjalanan dari arah nongkojajar ke lawang lewat jabung, dengan menerobos jalur Gunung kUnci …. alone alias sendirian aja.
Alhamdulillahnya sih motor tua bangka ini oke2 aja nggada kendala,baik naik atau turunnya …. tapi diluar dugaan saya ialah kabut yg pekat sudah menyelimuti, dlm kondisi sy turun dr gunung dengan jalanan tanpa penerangan. Walo lampu motor ngga terang, tp masih keliatan daripada yg make lampu putih led ….. amblassss mah kalo itu !!
Dalam perjalanan itu, Bagi yg peka, saya yakin aura wingit kental terasa, saya juga merasa sedang diperhatikan banyak orang/mahluk selama perjalanan. Kalo positif thingking saya, anggaplah kita sedang ada dipasar yg ramai dnan kita sedang melewati tengahnya dg kendaraan, jadi wajar pada liatin…. yakan ?

Nah, menurut sy malah horrornya bukan disitu ….
rute berkelok kelok perjalanan digunung, banyak /sering sekali jalan yg harusnya lurus keliahatan berbelok, atau sebaliknya, dan malah yg “baru” sy temui tadi malam, jalan yg harusnya turun malah “naik” agak serong kekanan …… serasa jalan mulus/bagus ….
Bagaimana menghadapi kondisi spt itu ? tips dr sy ialah :
1. jangan banyak pikiran/melamun
2. jangan terlalu dipaksa jika capek atau laper
3. anggap semua hal dijalan adlh kejadian wajar gausah nervous apalagi lebay sampe selfie sama mbak kunti
4. jangan terlalu fokus ke situasi didepan,perhatikan juga pinggiran jalan
5. jangan terlalu kagetan kalo ada apa apa mendadak

Adapun pencegahan yg bisa dilakukan ialah :
1. berdoa sebelum tidur…..eh,riding
2. pastikan memakai pakaian yg mumpuni,minimal hangat. Karena dingin juga bisa menguras kefokusan kita dan melemahkan refleks badan
3. fokus… tapi jangan terlalu fokus…. halah !!! kalo mendeteksi jalan itu bener apa enggak, sy biasanya ngecek dari bias lampu dipinggiran jalan, entah itu semak atau pohon ( jalan kamuflase gada itu )
4. usahakan rileks…. bisa dg cara selalu dizikir atau aapapun yg menenangkan …. hindari mikir mantan atau rumput tetangga

Jika merasa jalan yg kita lalui sudah bener dan melihat pocong atau hantu apalah didepan kita, JANGAN BANTING SETIR ! lurus dan tabrak aja …. kalo ga sempat ngerem !!!!
Kalo yg putih2 sliweran disamping …. biarin aja !!! lets her go … sama sama lewat inih !!!
Nah, kalo ada yg motornya suka dibonceng begituan…. intropeksi diri aja , kelakuan apa aja yg pernah dan sedang dilakukan ….. oke ????

semangat pagi !!!
jangan menyerah !!!!
cobaan itu untuk dilalui ….

( sengaja ditulis pagi )

tesride mobkas : inova diesel 2015

kawan… entah benar entah tidak…. dan mungkin andapun merasakan apa yg sy rasakan…. yaitu tentang sebuah kota bernama Yogyakarta ….

Entah kenapa setiap sy memasuki jogja , yg sy rasakan ialah kota ini seolah diselubungi perisai gai dimana setiap manusia yg masuk akan merasakan ketenangan batin, kenyamanan dam hal sebangsanya. Mungkin juga ini pengaruh dari keraton Ngayogyakarta atau memamg sudah kerjasama penghuni gaib kota jogja dan gunung merapi. Yah intinya sih setiap orang luarkota yg masuk kesini paling tidak merasakan hepi ….. walopun belum tentu akan hepi hepi disini.

Nah, jika saya bercerita tentang kota Jogja ini tentu nggak akan ada habisnya…. selain berjilid jilid…. mungkin anda akan terserang setruk, minimal muntah2 atau demam tinggi !! jadi janganlah anda memaksa diri anda sendiri membaca tulisan tulisan ecek ecek ini ….. hihihihi….

lanjuttt gan…

saya kesini tentu dalam rangka mudik….. selain ketemu simbok, sodara, mertua , dan para mantan juga sbg penyambung silaturahmi antar keluarga . Nah, berhubung kita ada keperluan ke kota purbalingga dan wonosobo, dan serta membawa anak2 dari dua keluarga, maka alhamdulillah dibawalah si Inova Diesel ini …. dengan estimasi jarak lbh dari 400km. Kalo kemarin sy bawa yg imova bensin sudah kapokkkk …. soale bbm nya lumayan hausss…. ( walo untuk ukuran mesin bensin 2000cc termasuk irit , lha bandingannya sama mbak ayla je…. wkwkwkkkk ).

Berikut adalah impresi riding Inova Diesel 2015 :

1. Bodywork : eksternal biasalah, masih khas inova, tp internalnya gatau kenapa sy merasakan kualitas nya setara sama avxen mulai dari bahan plastik sampai kursi2nya. Kemudian pilar disamping sopir…. haduhhh …. menghalangi pemandangan sekali saat menemui jalan berkelok, belum lagi pertigaan dikampung sering ga keliatan.

2. Handling : krn body bongsor dan lebar, jelas saya agak kesulitan dijalan sempit ,apalagi nan belok patah.

3. power : versi diesel ini entah kenapa kok sy merasakan kurang dari sisi powernya. Kebetulan sy masuk jalur jogja-borobudur-kepil-kertek-wnsb dan seterusnya. Lumayn banyak tanjakan agak ekstrim dan nggak kayak diesel merk lain, yg ini smooth dan serasa underpower walopun tyt gigi 2 juga masih mampu melibas.

Dijalan datar sih oke oke aja , tp tarikan atau responsitivitas …. halah….. !!! cenderung kurang ….. atau mungkin ini ada hubunganya sama poin dibawah ini :

4. Fuel Consumption : Nhaaaaa…. disini ini nih kelebihan yg membuat sy terkesan. Jika merunut jarak yg sy tempuh jogja-wnsb-purbalingga-karangreja-wnsb-jogja …. solar 100rebu itu lho cukup…. sy sampai gedek gedek …. suwerr… iritttt banget mah kalo gini …. apalagi pas sy pake inova bensin th kemarin biaya bbm sampai 250rb…. waaalllaaaaa….

5. Space : kalo ruang ngga bisa komen saya, rasanya serba cukup lah …. sangat cucok sbg mobil keluarga yg mengutamakan keleluasaan penumpang … sebab di baris 2 dan 3 gada keluhan sm sekali selain kebelet pipis…..

6. Suspensi : wesss…. embuuuhhh… podo wae …. dalam hal satu ini sy merasakan ngga ada bedanya gronjalan make avxen dg inova…. kurang lbh sama aja ….. padahal harganya beda jauh…..

7. Penerangan : rute yg sy lalui kemarin full perjalanan malam, dalam hal ini sy gamasalah…. lampu depan oke punya…. terang benderang dan tajam …. walo gitu, dari depan nggada tuh yg ngedim pertanda dia kesilauan !!!

8. Posisi nyetir : enak, ini salah satu merk mobil yg tidak membuat payah sopir… jarak sejauh itu sy nggak kocokan alias nyetir sendiri …. semua dilalui biasa saja…. nggada yg namanya kepegelen …. paling rehat bentar udah bugar kembali.

9. konsol meter : tdk ada yg istimewa di konsol speedometer… ngga spt inova rebor yg wah…. kalo ini biasa saja….

10. Kabin : tingkat kedapnya bagus walau tak terlalu bagus…. mungkin bintang 3.5 cukup…. selain lumayan senyap, tp suara roda terutama saat kec diatas 70kmh kedengeran dari dalam kabin .

Begitu lah kawan, cerita mudik bikersoak kali ini …. ingat !!! ini artikel tentang tesride mobil, jangan nanyain barisan para mantan …. apalagi nanyain no hape ,wa,bbm dsb ….

wa akhiru …. bikersoak dan segenap keluarganya saya,dia,dan lainlain mengucapkan mohonmaaf lahir dan batin !!! semoga amal ibadah selama ramadhan kemarin diterima olehNya dan masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali tahun ddpann !!! Amiiinnnn……

Selamet Riyoyo/badhan 1439H

kawan…..

Bikersoak dan segenap kru, baik yg manusia maupun yg bukan…. mengucapkan :

……. sekian… terimakasih … !!!

semoga taun depan kita masih bisa berjumpa dengan Ramadhan karim… dan menjadi manusia yg lebih baik hati dan tidak sombong !!!!

amiieen….

Story Mokas : New Shogun 110

Guys…..

jika melihat motor diatas…. ane serasa mau mbrebes mili nihhh .….

selain krn sejarah dan kenang kenangan yg berharga, motor diataslah yg dulu mengawali usaha ane berdagang komoditi jamur. Kemudian, motor inilah yang setia jogja-purbalingga setiap minggu tatkala menengok sikecil mbarep. Saat itu, spek nya ialah :

  1. Piston oz 100
  2. cakram depan lebar ( belum lazim )
  3. pelek modis walo cuman depan

Dan impressinya ????

  • Power motor ini masih terbesar dikelasnya (saat itu).
  • Gear paling rapat gigi 1 & 2
  • Mesin paling halus dr kompetitor ( crypton,vega kecil dan supra 100 series )
  • Shifting gigi empuk, enak walo kadang masih ada miss
  • Kopling sistem matahari, nampol dan awet , dari 2001 sd sekarang cm ganti 2x ( walo laham )
  • Kalo handling so so aja, biasa aja…. maklum sasis mono kok ! wkwkwkwkkkk……. ( sasis cuma sebatang dari depan sampe blakang ), masih superb handlingnya gen vega & jupe
  • speed terkentjang dapet 130kmh onspeedo pas enak enaknya mesin
  • krn overbore, power muncul di rpm atas, jadi kalo gas gede terus yo boross ,lbh boros dr kompetitor

Nah, karena konsumsi bbmnya yg nggabisa dibilang efisien , maunya lari kenceng mulu ,pada suatu masa ane meminang iblitz ketjil, alias kawasaki blitz 112cc ( impressinya dilain artikel ). Sehingga shogun ini mulai nganggur, dan masih ditambah lagi pindah kontrakan 2x sehingga ane titipkan garasi temen sampai 3 thn. Ndilalah temen satu ini juga pindah kontrakan , sehingga pula shogun satu ini pindah lagi ane titipin ke temen yg lain lagi, kurleb 2thn.

Nah, karena ada temen lain yg kena musibah, berupa anaknya dia nabrak orang sampai operasi dan memerlukan banyak biaya, maka motor dia sampai dijual. So, ane pinjeminlah ke dia si shogun ini. Lama juga sih disono, sekitar 3 tahun lah….. sampai pada suatu masa ane butuh motor ini lagi, dan lebih tepatnya seminggu yg lalu sudah balik ke pangkuanku.

Bagaimana kondisinya sekarang ?

memprihatinkan si enggak… barusan tak ganti pelek enkei ori nya si smash. mesin masi nyala walo agak brebet ….. dan sisa kejayaan masa lalu masih melekat, baik itu tarikan motor, maupun power atasnya. Next , sy cuma punya dua pilihan buat motor ini :

  1. Di restorasi, kembalikan tampilan ke standar
  2. atau di modif , munkin model trail tanpa kopling atau apalah yg lain

dan opsi lain seperti dijual , dan di ecer saya buang jauh jauh ….. masih sayang broooo …..

akhir kata… terimakasih sudah mampir dan baca Baca serba nggak penting di blog yg jelas ngga penting ini …. and the last :

WELCOME HOME BEIB …. READY TO RIDE TOGETHER …… LETS GOOO….. !!!!!!

ups… tyt ane nemuin brosurnya ,yg kanan pojok bawah , spt itulah rupa nya dulu :

Tips Soak : Per Rem belakang putus ( for bebek )

hai sobat soak semua….

pernahkah saat anda riding, tiba tiba rem belakang nggak balik ??? Nah, biasanya sih itu dikarenakan per tuas rem putus/hilang dijalan.

Jika demikian, maka bikersok punya tips instan bin brilian buat anda semua. Tips ini kebanyakan berlaku untuk motor bebek , walo motor lakipun bisa juga. Tergantung kreatifitas masing masing…..

Oke sob, untuk lbh jelasnya mari kita pelototin video berikut ini :

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/04/vid_20180406_142825.3gp

Nah, dr pidio diatas intinya ialah tuas rem nya agar kembali balik keatas , pada kasus saya…. ini per putus dijalan…. jadi sayapun cari solusinya dijalan…. yaitu karet ban yg nemu dijalan …… jiannnnn wkwkland tenaaannnnnn lahhhh……

yang penting motor bisa jalan lagi, bisa diperes keringetnya lagi, dan yg penting bisa cair lagi buat beli per rem.

Motor anda ngabisin uang anda atau menghasilkan uang buat anda ?”

blog goBlog …. sobat elu semua……

Advertisements
%d bloggers like this: