Yamaha freego “dual ABS”

IMG_20190817_084318

Sobat …

Alhamdulillah atas support dr Yamaha Malang dan RSSM ( klik link ) maka bbrp hr ini hamba dapet ngetes seekor motor manis , imut tp bongsor keluaran Yamaha Indonesia yaitu yamaha FreeGo 125cc. Menurut saya, Motor ini sungguh menipu jika anda hanya melihar brosur kemudian melihat sendiri sosok wujudnya. Kenapa begitu ? Letsgo menyimak ! Adapun review yg bisa hamba haturkan kpd paduka semua setelah melalui ±80km bersama FreeGo ini ialah :
First impression

Saiya kaget …. Ya…. Kaget … Terusterang saja …. Kalo kita melihat dari gambar dg design yg imut, manis, dan “rasa”nya kecil …. Ternyata begitu melihat unitnya malah termasuk bongsor …. Bahkan lebih bongsor dibanding kymco j2k dirumah yg terkenal semok itu. Istri pertama sy aja sampe takut naik , bukan takut ridingnya…. Tp takut kejatuhan motornya …. Wkwkwk….

Untuk mendapat kabar terbaru motor Yamaha, Ikuti fb & ig : Yamaha Malang

Kemudian, sy lihat2 ke built quality nya, masih oke punya khas Yamaha, rasanya plastik2nya solid bukan plastik ember gayung …. Tp entahlah kalo mesin dan jeroannya… Ga mungkin juga kan hamba bongkar2 ?
Design dan Style

Menurut hamba, design si FreeGo ini memang diperuntukkan mobilitas conmuter di dalam kota. Style nya lebih ke arah Modern Elegan , krn dg lekuk yg ber aksen bulat melengkung di banyak bagian, dan hanya sedikit runcing di bagian belakang, sy yakin kata Modern Elegan adalah kata yg pas untuk menggambarkan si FreeGo ini ! Kesan nya bukan garang tapi kalem, manis, dan nyaman ditumpaki. Miriplah sama mantan saya !

IMG_20190817_065902

Hal mutlak keunggulan freego yg blm didapat pd motor sejenis ialah ngisi bensin tanpa buka jok , alias cukup pijit tombol dan colokin pompa bensin ke bawah stang. Kalo bensin eceran botolan mungkin agak susah ya ?

IMG-20190819-WA0010

Untuk pemakaian roda 12″ juga hamba rasa turut mendukung total tampilan si freego ini…. Walo kecil tp lebar punya, tentunya akan berefek pula ke handling dsb…. ( akan di jelaskan di bawah )

IMG-20190819-WA0006


Fitur & fasilitas

Si FreeGo ini punya tampilan speedometer yang tergolong mini. Kalo guyonan rakyat jelata sini mengataknn seperti kalkulator, iya ngga sih ? Walo mini, tp tampilan konsol speedometer ini ada banyak fungsi lho : speedmeter, fuelconsumption bar, fuel meter, odometer, trip 1&2 , dsb …. ( sy agak lupa detilnya ). Yg blm ada dan penting menurut sy adalah fitur jam (gausah pake alarm) dan tachometer. Jam nya untuk liat waktu dan kalli aja buru2 ke kantor atau janjian sama spg dimanaaaa getuu…. Dan si tachometer itu sendiri hrsnya bisa infokan power terbaik, torsi terbaik, dan di rpm berapa fc terbaik. Siapa tau lg tes adrenalin sama bangsa “mberrrgledek” biar ga malu2in.

IMG-20190819-WA0004

ohiya, yg hamba pake ini seri S+ABS, jadi selain keyless, juga dilengkapi dg rem ABS yg anti ngunci itu. Cara pake keyless udah bisa kan ? Di freego ini , tiap tahap putaran knop tunggulah suara “tek” …. agar tangan ga maksa muter knop nya ( misal dr on ke off lanjut ke buka seat or tututp tanki & kunci stang. Kunci model keyless ini disinyalir jauh lbh aman dari maling drpd model magnet, tp maap nggak berlaku untuk si maling hati …. !

IMG-20190819-WA0003

kemudian fitur bagasi luas…. dlm hal ini hamba setuju sekali, karena bagasi FreeGo ini memang luas dlm arrtian sesungguhnya …. Rumus luas adalah p x l . Beda juga sih dg yg lain dimana volume besar tp “gentong ” kebawah . ( rumus volume ialah p x l x t ! ) Efeknya tentu saja anda nggak akan kesulitan naruh barang berpermukaan luas pula macam map, buku,kertas, dll. sedappp kan ? Ohiya ada satu lagi, bagasi freego ini bisa muat helm half face dg cara naruhnya dibalik…. Jd jangan ngomel2 dulu kalo disangka ga muat helm. Fotonya lupa…. Maap ya hp sedang opname.

IMG-20190819-WA0012
Riding Impression

Si FreeGo ini menurut hamba sangat diluar ekspektasi, lumayan beda dg produk lowlevel Yamaha sebelumnya. Kira kira apa yaaaa ? Coba deh saya list satu persatu ya :

1. Posisi riding dg tb 170cm masih nyaman, paha masih bisa lurus kedepan, ga kaya produk sebelah yg kaki dan dengkul saya jadi agak naik…. Lumayan bikin capek otot paha dan pantat. Padahal cm naruh aki dibawah , lha ini freego malah tanki dibawah tp gak gampang gasruk polisi tiduran. Oh iya, sudut pojokan dek yg agak bulat juga fitur unik freego yg terlambat sy sadari, padahal guna banget. Disitu serasa ada tempat buat tungkai kaki yg nyaman saat riding jauh atau bawa banyak barang di dek.

IMG-20190819-WA0013

2. Suspensi : lebih nyaman bin empuk, jauh lbh baik dibanding sodaranya si M3 dirumah. Untuk nelibas poldur juga masih nyaman. Hanya saja rebound masih agak keras ,terutama saat melintasi ripple atau gronjalan yg banyak macam tanah makadam, jalan paving, jalan tanah , …. apalagi menuju jalan yg benar dan lurus ! Sungguh gronjalannya memabukkan. Alangkah hebaTnya jika freego S ABS ini dibekali pula shock tabung kyk kakak2nya…. Wkwkwk… Wanipiro ?

IMG-20190819-WA0002

3. Power & torsi : Feeling saya , untuk harian stop n go sdh sangat mencukupi dan nyaman. Tetapi dijalan yg lurus dan ingin speed, feeling sy kok rpm tengahnya kurang nendang, apalgi kalo mau tarik2an sm mberrrgledek. Ini sebenranya baik dan bagus untuk wanita feminin, tp kurang bagi cowok macho dan alay. But dont worry be happy,kekurangan disini ternyata bisa ditutupi dg bbm yg lbh baik lagi. Kemaerin sy cobain shell v power dan perbaikan rpm tengahnya cukup signifikan. Top speed on speedo sendiri sy baru dpt 96kmh, coz lalin tidak memungkinkan dan disepanjanjang lawang sd malang banyak perbaikan jalan. Safety first right ? Dan krn keterbatan waktu pula, jika biasanya sy suka tesride di tanjakan, maka kali ini mohon dimaapkan, aseli suerr blm sempat nyobain freego buat naik2 ke puncak kenikmatan. Kapan kapan ya pak ? … hihihi….

4. Handling , nah ….. Ini …. Termasuk superb. Roda 12 inch tapak lebar plus suspensi nyaman menyumbang besar sekali kehandalan handling freego ini. Sy rasakan, untuk manuver sangat enak, bahkan kalo diijinkan rasanya sy pengen bikin baret cover body samping bawah dan sisakan bekas tapak ban cm ½cm dari pinggirnya . . Deal ?

5. Faktor lain yg bikin saya terkenyut juga ialah bab “vibrasi” … Aseli nih motor termasuk sosok minim vibrasi, baik itu di body, dek , bahkan sampai stang pun nyaman. Aaalluusss…. Nglenyeerrrrrrr…..

IMG-20190819-WA0011

6. Jok motor …. Aduh… Sy gak akan bandingin dg jok kompetitor yg anu …. Yg dicor semen itu. Yg pasti sih jok freego ini lebar , nyaman dipantat rider. Kemudian panjang, bisa buat bonceng ber empat skalian … ( not recomended ). Salah satunya disumbang oleh bentuk behel belakang yg lebar, logamnya melengkung gak sakit di pantat, dan yg paling penting dan sering dilwtkan ialah tinggi behel blakang SEJAJAR dg jok paling blakang. Saat boncengin mantan kemarin bahkan senpet ngomong ” wuiii enak banget duduknya, goncangane alus… Ayok yah jalan2 ke surabaya ” …. Waduw… Gak tau apa kalo disrby juga adaa mantan lain ????….. Sssstt

7. Rem. Mantap punya. Selain disumbang abs, memang rem dpn blakangnya aselinya empuk. Sy jadi ga takut ngerem mendadak kalo pas ada yg bohay dipinggir jalan. Kesannya jadi presisi, gak tau tau kaget krn dikira gak makan tau2 ngunci.

IMG-20190819-WA0009

Btw, suatu produk tetaplah berupa barang, tidak ada mantan yg sempurna. So kalau boleh sih… Hamba menyampaikan bbrp hal yg perlu sy kritisi seperrti :

1. Dek kaki sempit , selain kurang galonable, juga kurang LPGable. Mungkin insinyurnya bilang “kan udah guwe kasi bagasi luas” ….. Dan oohhh blm tau dia kalo warga +62 itu suka suka ! Bahkan anakpun dicepitin di dek tengah…. Mungkin dia lelah pas bikin.

2. Body blakang dan bentuk lampu blakang agak anu … Kayak kurang nyambung dg kecantikan sektor depan. Entahlah … Apa hanya perasaanku saja ….

3. Kalo buka jok saat dikunci stang ngga bisa maksimal. Balik ke poin 1.

4. Rpm tengahnya mungkin perlu improvisasi

5. Minus kompartemen dibawah stang. Padahal ada colokan charger …. Lalu mau ditaruh dimana hapenya ?kan kita blm tentu ojol .

Sementara itu dulu ya … Ditunggu turingnya !

Kesimpulan : produk ini worth to buy sangat …. Lbh banyak plus nya dibandingkan minusnya. Lalu berapa harga nya ? Harga freego untuk wilayah malang berikut cp yg bisa dihubungi :

Nb.

Kenapa judulnya dual abs ?

Maap, saya hanya guyon…. Justkidding … Soalnya selain roda depan bersingle ABS , ternyata remot freego ini juga ada fitur ABS juga ( answering back system )

Nah….. Jadi dual ABS kannnnnn….

….ccciiaaaatttt….

Silakan nikmatin video yutub rekan hamba ini

Advertisements

3 thoughts on “Yamaha freego “dual ABS””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s