Kendaraan fit dengan voltage stabilizer ( bag. 2 ) DIY

sobat biker semua…. seperti yang kemarin sy janjikan pada artikel pertama

https://ompuns.wordpress.com/2018/10/18/kendaraan-fit-dengan-voltage-stabilizer-bag-1/

dan demi kebenaran dan kebaikam umat manusia …. dan sebelum negara api menyerang, maka …. saksikanlah wahai rakyat semua …. bahwa artikel kemaren dulu sengaja berlanjut hari ini ….. ( lebay lah )

sebelumnya,jika pd artikel kemaren masih ada yg blm mudeng perumpamaan kapasitor & tempat tandon air, jadi gada salahnya sekarang sy ceritakan tentang makan makan dan rumah makan aja. biasanya kalo mbahas makan makan itu gairahnya langsung naik atau napsunya bertambah …. yaa kaaann ??? semoga tertarik !

Lazimnya sebuah resto/rmh makan, tentu ada bagian dapur dan bagian meja layanan tamu. Jika tamu membutuhkan makanan, tinggal pesan dan para pelayanlah yg bolak balik dari meja ke dapur. Keliahatannya simpel, but …. coba bayangkan jika ada 20 meja, yang 10 meja meminta makanan bersamaan ???? efeknya para pelayan supersibuk ambil menu ke dapur. Nah, agar ngga keterteran,perlu nampan besar atau pelayan perlu meja dorong yg sekali jalan muat beberapa menu untuk bbrp meja sekaligus. Selain lebih cepat sampai ke meja, total waktu penyelesaian order juga lebih cepat. So ? mari kita lihat :

1. dapur = aki

2. Nampan/Meja dorong = Kapasitor dg kapasitas tertentu

3. makanan = listrik yg dipakai

4. pelayan = media pembawa ( bisa berupa kabel dsb )

5. tamu & meja = parts yg membutuhlan listrik

nampan/meja dorong besarnya disesuaikan dg rata rata banyaknya order perhari, sehingga perlu perhitungan agar tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar shg mubazir !

Sudah konek ?????

Adapun manfaat pada kendaraan dg dipasangnya kapasitor bank ( yg berfungsi jg sbg stabiliser tegangan ) adalah Prima nya part kelistrikan sehingga menyumbang perfoma keseluruhan. Bayangan diatas jadi gini : misal coil membutuhkan listrik mendadak saat dibejek… maka tenaga listrik sdh ready scr instan dari capasitor, sehingga maka jangan heran akan didapat :

  • tarikan ringan
  • otomatis bbm lbh hemat, gas ga perlu dalem
  • kelistrikan stabil ( klakson, sign, audio, dsb )
  • suara mesin dan perpindahan gigi lbh halus
  • AC lbh ringan kerjanya, jadi lbh dingin
  • dst….

dimana kesemuanya itu hanyalah efek dari bagusnya kelistrikan dan juga besarnya pengapian. Jika pada mesin diesel, konon polarisasi solar lebih baik lagi….. Coba anda pikir, jika kelistrikan tdk/kurang berpengaruh pd mesin, kenapa ada cdi racing ? knp ada tci ? kenapa ada busi dua ? ( bajaj & honda idsi ) sebab kesemuanya itu demi percikan busi yg sempurna dan stabil…. bukan hanya besar !!!

Boleh dikata gini nih : saat kita berlari keliling lapangan, maka ada saat tertentu kita kelelahan butuh charge energi , dg demikian sama aja lah spareparts elektronik di kendaraan….. semuanya ttg charge & discharge energy. Saayangnya charge & discharge energi pada accu lebih lambat drpd kapasitor….. ( sdh dijlaskan pd artikel kemarin)

ok guys….
Setelah tahu apa itu kapasitor / kondensator dan cara kerjanya…. juga efek2nya…. maka sudah saatnya kita mencoba DIY dg bahan yg murah meriah. Kali ini sy akan membuat buat spdmotor scr general ( tdk khusus motor merk tertentu ) dgn bahan dan resep sbb:

  1. kabel merah hitam
  2. sekring motor bulat
  3. solder+timah
  4. Sekun aki 2 bh
  5. solasi panas
  6. elco kapasitas 10000uF x 2 atau sebiji 20000 uF dg tegangan 50 volt
  7. colokan laki ligther mobil jika motor anda sudah ada colokan rokok elektrik.
  8. lampu led + Resistor 1 KOhm

Pada prinsipnya, bahan diatas buat 2 tipe motor, yaitu yg ada charger hp nya dan yg enggak. Yang ada soket chargernya berarti make poin 7, jika enggak poin 4 yg dipake.

Nah , rangkaian dasarnya bisa anda lihat pada skema berikut ini :

 

vs

mudah bukan ?

KENAPA SY MAKE ELCO 10.000 uF ? Karena ini adalah edisi murah meriah, dan ukuran tersebut umum ada di pasaran, maka jangan anda bandingkan dg produk2 yg beredar diluaran sana, sebab mereka tdk hanya pakai kapasitor, tapi super capacitor bahkan ultra capacitor . But …. tapi…. jangan khawatir, unjuk hasil kinerja hampir mirip ….. beti beti aja sih …. , berikut sy sertakan video test nya , anda bisa klik di channel yutub saya ” bikersoak” … oke ?

Secara umum rangkaian diatas sudah cukup untuk semua kendaraan , walau kenyataanya pada tiap kendaraan hasilnya akan berbeda ! ini dikarenakan setiap kendaraan berbeda2 kapasitas aki dan pemakaian listriknya. Jika anda ingin hasil terbaik tapi masih edisi murmer, mungkin pada artikel berikutnya anda akan saya ajak ke dunia hitung menghitung seberapa besar kapasitas kapasitor yg dibutuhkan kendaraan anda ??? tertarik ???? sy cuman bisa bilang sabarrr…. takkan lari gunung dikejar kecuali yg kembar ! clue nya adalah hitung menghitung “energi” aki berbanding kapasitas kapasitor yg dibutuhkan … satuannya bisa waatt atau joule

Ohiya, biar makin penasaran… pemasangan diatas adalah baru level satu …. level berikutnya nunggu saya semedi dulu ya…. aaaa….

clue nya adalah pemasangan kapasitor sbg powerbank aki dan sebagai peringan beban kelistrikan……

semoga anda puas dia lemas ….

ini adalah salahsatu testimoni yg udah minta dibikinin di saya , ( sudah ada box nya )

Screenshot_29

 

Advertisements

One thought on “Kendaraan fit dengan voltage stabilizer ( bag. 2 ) DIY”

  1. Wah menarik nih, keren om blognya.
    Oh iya kalau mau baca tentang fotografi silakan mampir ke blog saya di gariswarnafoto(dot)com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s