iseng : memanfaatkan lampu rusak !!

gan… degan ….

anda familiar dg lampu diatas ? yg model lentera ??? apakah punya anda rusak ??? kalo ngga rusak jangan diotak atik dehhh….

lha kalo rusak ? mari kita bongkaaaarrrrrrrr …..

ilmu basicnya :

lampu diatas mempunyai sistem pengecazan tegagan tanpa trafo atau istilah medisnya tranformatorless …. jadi dari tegangan jala PLN yg 220 volt diturunkan sampai ±5-6volt. Dengan komponen kuranglebih sbb :

gbr diambil dr blog beliau !

nah.. ternyata setelah sy bongkar , si lentera hitam tyt kapasitor 105k/400volt nya kakinya ngegantung alias solderan lepas. Jadi tinggal solder udah kelar. Kemudian peristiwa berlanjut ke lentera emas ! ternyata dia sangat malang…. hampir semua pcb nya kebakar …. tidak ada yg bisa diselamatkan !!! so ? pcb nya sy buang ….. lampu lsg sy tambahin kabel ke powerbank atau caz hape biar nyala. Kenapa ngga diganti atau dibenerin ? masalahnya saat itu hhujan deras …. udah gitu tok… !! mau keluar2 jelas ngga mood …..

Nah, kabelnya ntuh juga pake kabel bekas caz hape yg udah rusak… sy potong tengahnya…. kemudian dicek mana yg putus… potong aja terus sampaj konek ! pada kabel tsb, yg kepalanya gede buat ke lentera emas, tinggal tambahin sedikit resistor agar tegagan powerbank yg 5 volt bisa ketahan di 3.7 volt atau dibawahnya dikit. Sy cuma kirakira aja minta tegangan segitu krn melihat batre internalnya cm 3×1.2 volt.

setelah beres dua lampu itu, liat punya liat kok di lentera emasnya panel surya jadi ngga kepake…. iseng aja sih dicungkil lepasin skalian diukur brp tegangan yg keluar saat dijemur …. tyt 2.7 volt maksimal…. jadi pada kondisi lentera normal, panel surya anda nggakan bisa ngecaz penuh batre internalnya….. percuma anda jemur berhari2 … yakin sy …. !!!!

Nah, pada saat itulah wangsit dari ki Ageng Gede anune muncul … !!! panel surya lentera hitamnya ikut sy ambil skalian …. jadi punya dua panel surya dg di seri jadi tegangan 2.7+2.7 = 5.4 volt shg sy pikir cukupan buat ngecaz hape dan diluar dugaan yg bikin hepi adalah dg dijemur tyt keluar tegangan diatas 6volt…. tambah mantab man !!!!

saya rangkai jadi spt ini ( abaikan kopi dan bentuk pb-nya nya ) :

sy test pake pb, tegangan masuk… kemdian pake hape juga lancar … alhamdulillah …. jadi deh satu alat caz hape portabel tanpa bingung lupa ngecaz pb !!! ohiya berhub sy gapunya amperemeter …. tuh arus blm sy cek …. yg oenting bisa masuk dan ngecaz dulu…. kalo kelamaan tinggal ngopi aja….. besok tinggal cari kemasan yg gokil khas bikersoak ! yaaa…. paling ngga bisalah membuat anda terpana dan muntah2 …. hihihi….

udahan dulu ya ? kalo mau konfirmasi atau transper bisa hubungi bikersoak…. dan misalnya pake weselpun gpp… sy ikhlas nrima nya …..

anda puas ? saya puas…. lalu siape yang lemas ???

Advertisements

3 thoughts on “iseng : memanfaatkan lampu rusak !!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s