keistimewaan SpeedoMeter Yamaha New R15

sobat bikers yang disayangi anu ….. masih ingatkah kalian akan flagship motorsport 150cc dari Yamaha ? yooiii… dialah new R15 dengan segudang keunggulannya. Selain wajah nya yg maskulin, powernya yang padat berisi, badannya yg bohay bin bongsor sekelas 250cc, tentu anda semua nggak boleh lupa bahwa dia memiliki layar MID yang dapat dikategorikan sitimewa dan belum terupdate di lawan maen-nya. Apakah saja itu ?….eh, apa sajakah itu ?….. eh, apa saja itukah ??? btw, letsgo beib , mari kita maksimak satu persatu…..

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/02/vid_20180221_205942.3gp

Speedometer new R15 itu sangat kotak, semua orang pasti tahu …. cuman seperti pepatah dont judge by a cover …. maka dapat sy simpulkan sbb :

1. Indikator Gear, ada dipojok atas sebelah kiri. Fungsinya ? ya tentu saja ngasih tau ente kalo gigi ente lagi dimana ? eh, maksutnya tuh. ente lagi pake gigi berapa….. gituuu….

2. Tachometer, maksudnya ialah indikator rpm. .

3. fuel meter, artinya adalah penunjuk sisa bensin di tanki ! perlu diingat, meteran ini tidak peduli isinya permium,pertalit, pertamax,bensol bahkan air kencing onta sekalipun….. 4. Speedometer = penunjuk kecepatan realtime. Saya pernah dapet 132kmh on speedo, dan saat itu saya sudah merasa dekat sekali dengan Tuhan. Cuman, berhubung sy inget kalo belum bikin artikel ini….. jadi saya turunin gas, kendorin adrenalin, dan jadilah apa yang harus terjadi !

nah, 4 hal diatas tentu sudah biasa dilayar mid lain.

https://ompuns.files.wordpress.com/2018/02/vid_20180221_205856.3gp

5. vva indicator : seperti kita ketahui kalo new R15 ini punya fitur vva , sehingga napasnya puanjaaannngggg !!! lhah funsi dr indikator vva ini ya menunjukkan bahwa katup vva mulai aktif, biasanya sih nyala di rpm 7500 keatas !!! wujud indikator ini adalah sebaris tulisan vva disertai lampu kelapkelip di box speedo bagian atas !!! banyak yg salahfaham saat lampu tsb nyala artinya waktunya opergigi …… jadi salahkaprah dechhh !!!!

6. konsol box sebelah kiri bawah, inilah yang paling sitimewa !!! Di baris tsb, bisa memuat banyak informasi yang tentunya bisa anda pilih sendiri. Caranya ? klik aja tombool select , terus akan saya jelaskan satu persatu. jangan lupa Siapkan kopi,gula dan gorengannya.

Odometer ialah pengukur total jarak yang anda tempuh selama hidupnya motor.

Trip 1 dan trip 2 adalah jarak yg bisa anda set disaat menempuh perjalanan , sifatnya sementara dan bisa anda reset ke nol dengan memencet tombol “reset” disebelah select. Fitur ini bermanfaat misalnya anda menempuh perjalanan luarkota, misal dari surabaya menuju tempat wisata coban rondo. aanda bisa nol kan trip 1 kemudian menuju malang, terlihatlah jaraknya. Sedangkan dari malang ke lokasi wisata bisa anda set dari nol lagi. Jadi ketauan seberapa jarak srby-malang dan malang -cobanrondo.

trip F ini akan selalu kembali ke nol saat anda matikan mesin. Fungsinya ? selain mencatat perjalaanan sementara anda, ini juga bisa jadi acuan verapa habis bbm point to point pada average fuel consumption dibawah.

fitur clock jelas menunjukkan waktu / jam. Jadi anda tahu waktu kalo pulang malem dan bini kunci pintu rumah.

Average speed ialah kecepatan ratarata yg anda tempuh selama satu perjalanan. Diaini memakai satuan km perjam.

average fuel consumption adalah berapa perkiraaan habisnya bensin anda berbanding jarak yg anda tempuh. Saya dapet 1:42-47 kmpl dan ini termasuk irit karena non ecoriding.

Nahhh….. ini diaaa…..

gambar diatas menunjukkan perkiraan konsumsi bbm anda saat perjalanan !!!! ingat… saat motor jalan lho…..

efeknya ??? anda bisa mengatur ritme gas / throttle saat lerjalanan, keliwtan banget itu irit enggaknya…. lhawong angkanya jalan terus.

Mode yg tersedia adalah km/liter dan liter/100km, cara ngerubahnya tinggal dipencet agak lama tombol selectnya saat mode tsb.

nah….. demikian sobat…. sekedar info agak detil tentang layar MID pada Yamaha New R15. Semiga bermanfaat untuk anda semua…..

selamat pagi….

semangat pagi…….

marikita ngopi …….

Advertisements

4 thoughts on “keistimewaan SpeedoMeter Yamaha New R15”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s