Drive true Story “Yamaha Sigma “Happy Family Bike”

whats ? motor apa ituuuu ???? Buat sobat yg hidup di medio 1990 – 2000 tentu ngga asing dengan produk Yamaha Alfa ??? bahkan lahir beerapa generasinya. Nah, Yamaha Sigma ini adalah the latest product gen Alfa…. alias produk paling akhir dari seri beebek 2stroke kelas 100ccnya Yamaha …. cm gatahu juga namanya sdh ngga ada Alfa nya.

Kalo body…. desainnya sdh masuk sejauh mata saya memandang….. jika Yamaha Alfa masih banyak bulatan khas th 80an, maka si Sigma ini sdh khas th 2000an berupa lancip melancip ….. bagi saya termasuk kerennn….. proporsional banget , simetris depan belakangnua, dan terpenting uentengg…ngeng….ngeng…… bahkan dibanding kakaknya si Force One…. ( kalo sm FIZR masih bagusan dia keleeeessssss…..) . Harusnya ini booming saat itu karena body lbh futurisik dibanding Ymh Alfa, tp takdir berkata lain…. kemunculannya disambut oleh krisi moneter 1998.

Yang unik dari proses meminang Sigma ini ialah….. ada satu hal gila tp ngga cukup bikin gila dipikiran saya. Bayangkan saja jika ini terjadi pd diri anda !!!! welll…. geduwelll….. Ceritanya, bbrp bulan yg lalu ada teman yg minjam Ymh Vega saya , tahun lama juga sih. Si peminjam bilang butuh motor buat kerja karena motornya dia lagi turun mesin. Cuma bbrp hari katanya. Nah, selang seminggu ane datengin, tyt masih dipake…. dia blm cukup dana buat mbenerin motornya. Ok ! ane kasih seminggu lagi ….. dan karena bbrp kesibukan, akhirnya lewatlah waktu seminggu tsb….. sehingga pada suatu ketika, sy mampir ke rumah temen ( lain ) lha kok dia ada disitu. Ngobrol punya ngobrol, setengah sy interogasi ….. tyt Ymh Vega saya digadaikan sm dia …. byuhhh…. lemeslah hati dan perasaan saya…. kok tegaaaa…… Alesannya sih dia punya cicilan dan sdh jatuh tempo. Ya sdhlah… mau bagaimana lagi …. !!!! konco dewe broooo……

Selang hampir sebulan masih nggada kabar,… ane tanyain kedia lha kok tempat dia gadai si vega malah kesengsem sama si vega nya …. akhirnya jadilah saya macam debtcollector …. nekan sana sini…. singkat cerita, tiba tiba makbedunduk ane ditawarin ini Sigma dg kondisi nyaris spt perawan ting ting !!! cm spion ama ban yg nggak ori … dan entah kenapa… kok jadi naksir juga ama ini Sigma. So…. jadilah deal dealan dg pemiliknya….. dan syahhhhh….. sudah….. ini motor berpindah teras ( karena sy nggapunya garasi ) . Transaksinya aman karena lengkap bpkb stnk.

Impressi pertama , naik ini motor terasa loyo…. tp gas gede njengat !!! dan diluar dugaan sy, tyt irit juga ya ????? sampe rumah langsung bongkar karbu…. cek pompa oli …. lha kayaknya normal…. next project mungkin mau cek membran sama korok knalpot …. buat ngeluarkan tenaga dalam ini Sigma. Demikianlah story sotoy motor ini sampai bisa mampir dirumah ane….. kalo boleh tahu…. sobat semua punya usul nama apa buat motor ini ???? tenkyuuuuuu……

Spesifikasi Yamaha Zigma/ Sigma.

Dimensi1.860 x 635 x 1.015 mm

Jarak Sumbu Roda1.190 mm

Jarak ke Tanah135 mmTinggi Jok740 mm

Kapasitas Bahan Bakar4,8 liter

Berat82 kg

Tipe RangkaPipa

Suspensi DepanSemi-teleskopikSuspensi BelakangSwing arm, dual shock

Ban Depan2,25-14 4PR

Ban Belakang2,50-17 4PR

Rem DepanDisc brake, double pistonRem

BelakangTromolTipe

Mesin2-stroke, air-cooled, reed-valve, silinder tunggal

Kapasitas Silinder102,1cc

Diameter x Langkah 50 x 52 mm

Daya Maksimum7,9 PS @ 7.000 rpm

Torsi Maksimum0,9 kg-m @ 6.000 rpm

TransmisiManual, 4-speedStarterElectric dan Kick

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s