tips Pies : substitusi piston Thunder

image

hai kawan…. 
seperti yg kita tahu, motor pulsar 135LS kebanyakan sudah mbeluk keluar asap di km 40-60rb. Biasanya lhoya !!! tergantung perlakuan rider itu sendiri, tergantung keadaan jalan yh dilalui, sering tanjakan apa tidak, juga tergantung berapa berat bawaan.
Nah, disini bikersoak akan mencoba memberi tips/solusi bagi yg pengen berganti dg piston non ori bajaj. Sedangkan untuk pies, walau masih pakescem, diacyl silinder boring biasa, tetapi tidak disediakan seri oversizenya. Jadi kalo mau manut ori ya brarti beli blok silinder skalian piston kitnya. Untuk harga sekitar 3th yg lalu mencapai 450rb sudah kumplit pit pit ….. murah lho itu….

back 2 leptop …..
ukuran boring ori pies sendiri tergolong rentan, kagak bisa masuk kalo pake piston gede gede.
fakta yg ada : 
1. Boring ori tidak begitu tebal
2. pen piston ukuran 14mm
3. pies menganut 4 valve canggih , brati butuh 4 coakan klep di dome piston.

Kalo saran saia sih begini solusinya : 
1. Pake Boring ori, berarti tinggal cari piston yg sesuai. Sementara ini solusi yg ada pake piston shogun oversize diatas 100. Varian paling banyak ada di merk NPP, saia sudah pernah iseng nanya toko, ternyata ada mulai oversize 125, 150, 175,  200, 225,250,dst. Saya sempet pake yg ov 225. Ohiya, jangan salahduga, kok banyak banget angkanya ? karena begini : piston shogun di angka 53aan , sedangkan piston pies di 54mm. So ? artinya ukuran standart piston pies = ukuran piston shogung oversize 100. Jadi kalo saya pake piston shogun ukuran 225 maka artnya saya hanya bore up 125 di pies. Nah ,jelas kan ???? ayo ngopi….

2. Ganti Boring , ini akan lebih leluasa menntukan ukuran piston berapa yg akan dipakai. Usahakan carilah boring dg diameter luar 63-64mm. Maksudnya agar tdk merubah crankcase bawah tapi tetap tebal dipake.
Lalu,piston apa aja yg bisa masuk ? berikut listnya : 
a. Kawasaki klx
b. Yamaha Vixion
c. Suzuki Thunder ( tersedia ov 0.5 dan 1.00 by suzuki )
d. konon Honda Verza
e. Yamaha jup mx ( balik standart uk 54 mm )

Nah, yg ingin sy bahas adalah pemakaian piston suzuki cs. Karena apa ? kalo piston set Yamaha ( mx/vixy ) tidak memerlukan ubahan apa apa, hanya saja kalo dipasang piston mendem sekitar 2mm. Its okey… mesin jadi awet walo kompresi turun. 
Jikamana kita memakai piston sijuki cs. maka hal yg perlu diperhatikan ialah : 
1. piston shogun, perlu membuat coakan klep. bisa DIY jka punya gerinda. perubahan cukup disitu saja. 
2. piston thunder 125 , yg perlu diperhatikan ialah, perlu memangkas pantat piston 1-2mm agar tidak natapkejeduk pipa kuningan semprotan oli.

image

Kemudian yg nggak kalah pentingnya merubah dome / kubah piston. Yg saya lakukan adalah mengurangi memapraskubah atas 1 mm baru kemudian membuat coakan 4 valve agak dalam.

image

Untung saja piston ini lumayan tebal. 
Next, ubahan ini aja masih bikin pistonnjendul sekitar 0.5-1mm, sehingga bikinlah paking bawah sebanyak 3 biji, beli aja kertas paking yg agak tebel. So, aman deeeeehhhhh…. 

image

Ohiya, yg mau pake Piston klx, lakukan perubahan spt diatas juga, hanya satu kelemahan puston klx ini yaitumuahaallll….. ada di angka 450ribuan.Muke gile tenaaannnnnn……
( sdh bisa dapet 1 set bloksilinder + piston )

kira kira demikian tips bikersoak kali ini….. semoga tulisan diatas bisa membuat anda bosan, mual mual , atau bahkan muntah sekalian …. 

keep safety riding, sediakan selalu tas kresek dijalan….. ( barangkali muntah )

Advertisements

3 thoughts on “tips Pies : substitusi piston Thunder”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s