tips : ganti piston motor

image

hi guys …
kali ini bikersoak ada tips yg barangkali basi atau apalah….. but, its ok ! no what what …. akan eyke share karena siapa tahu ada yg membutuhkannya !!!
apalah apakah itu ?
jika kita barusan ganti piston baru/bore up/bore down, biasanya kan kita lakuin masa inreyen tuh….. 
sedangkan masa inreyen itu sendiri kan vital, akan menentukan bagaimana mesin kita ke depannya. Perlakuan inreyen juga sy yakin sudah pada tahu ya kan ?
1. riding dg pembatasan rpm max 5000-6000rpm
2. riding dengan pembatasan speed : maks 50kpj
3. riding dg pembatasan load : jangan boncengan dan jangan bawa barang
4. perlakukan throttle sehalus mungkin
5. perlakukan gear shifting senormal mungkin
6. seting karbu/injektor dg setelan agak basah
7. ganti oli + filter oli max 500km
8. cukupkan hembusan angin ke mesin, jangan riding di kemacetan parah
9. cek tekanan angin, kalo perlu kerasin, karena ban yg kurang angin memperberat kerja mesin
10. sesuaikan bahan bakar dg kompresi. Jangan mentang2 lagi seneng hbs turun mesin, terus pake pertamax plus, pdhl tdk sesuai dg mesin. Ini bikin mesin jadi hot !!!!

Nah….. itu semua adalah perlakuan masa masa inreyen. Lalu dimana triknya ???? ane kasi gambar dulu ya :

image

dengan gbr diatas, keliatan sekali motor ane mesinnya dikasi kipas, bukannya krn sumuk tp begitulah kita membantu perlakuan masa inreyen sebelum motor dilepas ke user. Penjelasannya bgmn kak ?????
sederhana saja :
1. hidupin mesin
2. depan mesin kasi kipas angin
3. biarkan mesin menyala sekitar 1 jam
4. jika ada masalah pd part yg barusan diganti, nanti akan keliatan.
5. masa masa ini biasanya menemui trobel : korter tdk center, kualitas boring jelek, piston tdk bagus, atau celah piston dan boring terlalu renggang, dst
6. anda juaga bisa cek skalian kinerja pompa oli
7. atau bahkan seting karbu, terlalu basah,kering, atau sdh pas
8. jika no problem, yasudah…. unit siap diberikan ke konsumen.
9. tinggal bagaimana perlakuan masa inreyen selanjutnya

demikian kawan, trik2 dari ane…. semoga bermanfaat dunia akhirat ….

image

Advertisements

One thought on “tips : ganti piston motor”

  1. ah masak sih….?
    masih perlukah inreyen…?
    motor baru keluar pabrik masih perlu inreyen…?
    di dalam pabrik nggak di geber2? Yakin….?
    ada process inreyen yg malah 180 derajat kebalikannya…..
    ah…. tapi ini seperti memperdebatkan ayam dan telur…. mana lebih dulu….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s