Updated : Trik Jalur Oli Siluman Pies

p_20160408_070100_wm.jpg

Hi  kawan……

Bercakap dengan beberapa temen Pies di bawah Fly Over Arjosari, malang, saya mendapatkan beberapa fakta mengejutkan tentang jalur oli siluman pada PIES yang ternyata tidak berhasil diterapkan pd teman teman yg lain. Ini menimbulkan polemik di hati saya….

Baca posting sebelumnya tentang jalur oli siluman :

https://bikersoak.com/2015/05/27/p135ls-jalur-oli-siluman/

https://bikersoak.com/2015/06/17/review-jalur-oli-siluman-di-pies/

 

Nah, disini ane coba beberapa hal yg mungkin terlewat dari pembuatan sebelumnya, yaitu :

  1. Fakta bahwa jalur oli aseli /ori pies ada di kiri , menuju ke atas melewati lubang baut tanam . lebih tepatnya di kiri yang belakang.
  2. Fakta bahwa lubany out jalur ori pies memang dibikin sempit. Maksudnya baik, yaitu agar tekanan oli memancar dengan kuat, padahal hal tsb malah memperberat kinerja gear oil pump yg hanya terbuat dari plastik.
  3. Fakta , bahwa hal diatas itulah…. jika menemui keadaan lubang oli terhambat/ tersumpel “sesuatu” maka akan mengakibatkan gear oil pump yg terbuat dari plastik bisa rompal, belum lagi debit oli di silinder head menjadi sedikit …. sehingga menyebabkan overheat …..
  4. Fakta , lubang pada atas busi kiri  sudah sesuai dengan jalur oli ori , sehingga tinggal bor dikit sdh tembus ke lubang oli ori.
  5. Fakta, ada asumsi bahwa noken as pies harusnya lubang spt mopang.
  6. Fakta, poin nomer 5 tidak begitu diperlukan. Asumsi saya : engineer bajaj sudah memperhitungkan. Lubang oli di silinder head adalah sistem muncrat, bukan rembesan.
  7. Fakta, templar pies sudah RRA, alias pake laher…. ini mempermudah poin 6.
  8. Lubang oli ori pies di silinderhead sudah mumpuni, dengan debit yg tepat, tekanan oli yg tepat, seharusnya sudah no problem.
  9. Jika di beberapa pies , ada pengakuan bahwa di noken as pies ada yg lubang, bahkan ada yg lubang separoh….. tergantung tahuun produksi ( disinyalir ). Maka setelah ane bongkar, noken as kepunyaan ane malah tidak lubang samasekali ( 2010 ).
  10. Fakta : pies ori ane turun mesin di km 40rbuan, berganti dengan piston kit murah meriah NPP malah bisa bertahan lebih dari 60rb km dengan loading beban yg lumayan sadis …. asumsi : terbantu oleh jalur oli siluman.received_10153475519061144.jpeg

Trik satu satunya yg saya pakai hanyalah menutup rapat jalur oli ori yg di blok bawah, hanya dengan lem besi biasa !!! maksudnya ya biar bener bener olinya melalui jalur baru, bukannya si oli malah bercabang …. nanti tabrakan lho di silinderhead. untuk lebih jelasnya  CEKIDOT …

Exif_JPEG_420
Jalur Oli Pulsar 135 LS

Dengan menutup lubang diatas, maka semprotan oli ke as kruk juga masih terpakai….. tidak ikut buntu, sedangkan oli ke silinder head ya memang harus ikut jalur oli yg baru …. lebih gampangnya anda bisa lihat di jalur oli Kawasaki Kaze/Blitz. Lebih kurangnya spt itulah……

Nah, semoga mencerahkan…. keep riding all the way….. salam pramuka !!

 

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Updated : Trik Jalur Oli Siluman Pies”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s