test tanjakan : Suzuki Satria FUfi 2016

suzukisatriafu2016

Hai sobat…..

Kemarin kemarin ini nih…. Bikersoak kedapatan ngetes ride motor phenomenal abad ini, apalagi kalo bukan Suzuki Satria FU fi 150cc….. ????

Dan kesempatanpun tidak ane sia siakan, khusus kali ini…. Agak beda dari tesride teman teman semua. Jika kebanyakan explore power,speed, dsb…. Maka kali ini bikersoak akan tesride Satria FU fi ini di TANJAKAN !!! nggak salah bro ????? ya enggaklah…. Mangkanye simak aja terus di blog nggak genah bin soak ini !!!

spesifikasi_Suzuki_Satria_FU_2016

Dan dari data diatas, dan dengan kombinasi rute yang akan ane tuju, yaitu Kolam Panas CANGAR, maka ane cukup yakinlah berbekal spek berat kosong, torsi dan rem sakram dua duanya depan belakang.

Berangkat dari rumah, kondisi fulltank langsung cekrek! Catet KM berangkat…..dilanjut next artikel…

newSatriaFu2016 (4) meluncur nggak langsung ke tujuan, tapi ane ambil barang dagangan dulu gan….. di area Lawang saja. Setelah itu, ane lagsung cuzz menuju Batu, yah memang untuk setor dagangan sih…. Barulah ane lanjut jalan ke arah cangar. Mulai merasakan tanjakan adalah pertigaan Selecta keatas. Sayang sekali ane ngga bawa act cam buat merekam mereng merengnya , bahkan mantel jas ujan pun lupa nggak kebawa. Ane Cuma merekam dari holder hape yg nancep di spion, itupun teryata nggak sesuai yg diinginkan. Tapi kalo anda mau maksa liat ya silakan aja !!!

RIDING POSITION

Untuk jalan rata, dengan postur saya yang 174cm vs 78kg, memang agak kurang nyaman, termasuk nunduk. Tapi u know what ???? jika banyak yang bilang posisi ridingnya bikin pegal pergelangan tangan dan boyok, maka saya akan langsung membantahnya. Mungkin juga sih… riding position kayak di FuFi sudah akrab di pantat saya. Menurut ane nih… nggak beda jauh ama riding position Pulsar 135 LS saya, yaitu sama sama jongkok, dengan footstep kaki kurang kebelakng. Sumpeh loh… rasanya kayak naek motor sanbil jogkok, bukan mbungkuk. Oh,iya, riding position ini ternyata akan berubah menjadi lebih nyaman saat kita di tanjakan, karena apa ?? analisa saya ialah jika jalanan rata maka jok motor serasa nungging, akan tetapi jika dalam kondisi tanjakan, roda depan diatas roda belakang, maka posisi riding serasa jauh lebih nyaman. Deal ????

Jpeg
Suzuki Satria FU fi 2016

IMPRESSI RIDING di tanjakan.

Selepas pertigaan Selecta, ane mulai menikmati tikungan gan… Satria FuFi ini walau overbore, tapi entah kenapa tenaganya serasa ngisi padet sejak awal …. Sama sekali nggak kesulitan di tanjakan tanjakan curam. Disini, ane sangat ngacungin 4 jempol buat insinyur Suzuki. Feel power mesin sangat beda dengan Satria karbu. Mantablah…..

Posisi ane riding nanjak itu, dengan satria FuFi dan gigi 3 gigi2 masih amat bisa ngeladenin…. Salut dah….. !! No Doubt banget….. apalagi dibantu dengan napas mesin yang puanjaaannnnggggg…. Rasanya menjerit jeritkan rpm sangat puassss…. Padahal ni motor rileks aja…… ( saat itu sebenernya ane kebarengan bebek King di tanjakan, tapi mau cerita nggak enak ah….. )

newSatriaFu2016 (36).jpg

HANDLING di tikungan

Untuk tikungan baik lebar maupun tikungan tajam dan dalam kondisi tanjakan, no problem gan !! enak buat mereng mereng baik nganan maupun ngiri. Tetapi untuk tikungan tajam dan menurun, sekedar catatan…. Kondisi standart pada rem belakang sangat pakem…. Sehingga gampang mengunci…. Dibutuhkan feel dan kebiasaaan lebih, karena saat jalan turunan dan roda belakang selip, dipastikan arah motor akan kacau, kalau pas rebah ya ada akan jatuh… kalo ditegakkan ya anda akan lurus ( pdhl jalan lagi belok, hati hati kendaraan dari lawan arah ). Ini saya alami disaat tikungan persis menuju kolam dan kondisi hujan gerimis.

KINERJA SUSPENSI

Untuk tikungan campur tanjakan dan campur JALAN JELEK/BERGELOMBANG kinerja suspensi Satria Fu Fi ini juga layak diacungin jempol, empuk gan !!! redaman baliknya nyaman banget untuk ukuranbebek sport,baik itu suspensi depan maupun belakang !!! Padahal biasanya motor enteng akan kurang nyaman suspensinya, lha ini mentul mentulnya enak… enggak njedhak !!!

newSatriaFu2016 (9).jpg

KESIMPULAN Satria Fufi untuk medan tanjakan :

  1. Power no problem, tambah ngegas malah tambah keluar tenaga dalamnya
  2. Body mungil menambah PWR ( Power to Weight Ratio ) di tanjakan
  3. Sistem injeksi membantu pemerataan power dan torsi lebih baik di banyak range rpm.
  4. Suspensi empuk, beda dengan sebelumnya
  5. Hati hati saat melakukan pengereman, sangat pakem

 

Oke gan…. Sekian dulu dari ane, semoga sajian diatas bisa anda nikmati kelezatannya…. Semoga nambah kepingin ….. hihihihi…..

Next Artikel = mega gallery Satria FuFi

4 thoughts on “test tanjakan : Suzuki Satria FUfi 2016”

  1. nek nggo tanjakan posisi riding jadi enak, nek nggo turunan dadi tobat, sansoyo boncengan yo lek? 🙄
    wingi ditelpon sales suzuki, gimana riding position fu fi, yo tak jawab untuk harian kurang pas tapi buat weekend enak, khas ayago! bener to dadine? :mrgreen:

    btw bandingke bebek king, kae berasa dudu yamaha, tarikan bawah e terlalu alus nggo ukuran yamaha.. :mrgreen:

    Like

Leave a Reply

