Saya kepengen sekali !!! Apa bisa ???

Lhah, apaan ntu ???
Cerita nya si, hbs baca curhat temen fb ( walo hasil copas ) rasanya kok mengena sekali dilubuh hati saya. InsyaAllah, saya akan ikut bertekad mewujudkannya ….. aminnn…..

Cerita mas saptu dari grup sebelah..
SEDERHANA ITU SEDERHANA..

Tahun 2012 lalu saya diundang talkshow live di Jogja TV, sampai sana baru tahu kalau tamu lainnya adalah bu Sitoresmi Prabuningrat, aktris dan seniman yang juga asli Jogja. Perannya tak terlupakan di Film Ayat-Ayat Cinta sebagai ibunda Fahri, atau yang lagi hot di bioskop sekarang sebagai budenya Risa di film Talak 3 yang seru itu..

Beliau putri bangsawan, ayahnya Gusti Bandoro Pangeran Haryo Prabuningrat, adalah kakak kandung Sultan HB IX, Raja Yogyakarta. Kalo melihat profilnya di google, beliau aktif berdakwah dan juga sebagai pengusaha berbagai macam bisnis. Mantan istri penyair WS Rendra ini di usia lebih dari 65 tahun masih tampak muda dan gesit di film-filmnya..

Sesi pertama sudah berlalu, saya sudah selesai diwawancara host Jogja TV, iklan sedang diputar di jeda acaranya. Bu Sitoresmi belum juga tampak hadir di studio, Host disamping saya berbisik..
“Mas, kalo habis ini bu Sito belum hadir, kita lanjut lagi ya bincang-bincangnya tentang gerakan #SedekahRombongan..”
Saya langsung mengiyakan..
Tak lama berselang, dengan tergopoh-gopoh Bu Sito masuk ke studio, langsung duduk di samping kami..
“Aduuh mas, nyuwun ngapunten saya kebablasan sampai hampir di Piyungan.. Untung masih kebagian ini waktunya..”
Dalam hati saya langsung mikir.. Ini sopirnya bu Sito baru apa ya, masak kebablasan sampai jauh kesana..

Acara berlangsung setengah jam ke depan, host Jogja TV banyak mewawancara bu Sito, sesekali saya menimpali. Acara selesai jam 2 siang itu.. Kami berjalan keluar bareng dari studio ke halaman parkir. Disana hanya ada dua mobil, Livina XGear saya dan sebuah Suzuki Carry tua yang sudah agak usang body kanan kirinya…

“Lho, sopir bu Sito gak nunggu di sini bu? Atau mau dijemput? ” tanya saya
“Saya nyopir sendiri mas tadi, makanya kebablasan.. Ini gerobak yang nganter saya kemana-mana” sambil menunjuk mobil tua itu..

Saya bengong..
Dalam pikiran saya pun pasti membayangkan, sekaliber artis seperti beliau harusnya dikawal satu sopir pribadi dengan mobil Camry atau Altis, tinggal duduk manis..
Namun itulah bu Sito, saya melihat langsung begitu bersahaja apa adanya..

“Monggo mas, saya duluan nggih…” Pamit bu Sito dari balik kaca mobilnya, berlalu di depan saya..

Tahun itu saya belum tau tentang ilmu riba, hukum dan pantangannya.. Saya masih gampang kagum dengan kawan-kawan saya yang gonta-ganti mobil tiap tahun, biar selalu dianggap sukses dan kaya raya.. Padahal ketikapun saya tanya, hampir semua mobilnya kreditan saja. Sebenarnya bukan beli mobil baru, hanya utang mobil baru, kalo telat bayar cicilan mobilnya diangkut leasing.. Pusing!
Punya mobil utangan maksa, gak peduli walau dengan akad riba, yang penting bisa gaya dan kelihatan kaya…

Setelah belajar tentang ilmu riba, Hadist ini terasa sekali namparnya, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda:
“Jangan membuatmu takjub, seseorang yang memperoleh harta dari CARA HARAM, jika dia  infakkan atau dia sedekahkan maka tidak diterima, jika ia pertahankan maka tidak diberkahi dan jika ia mati dan ia tinggalkan harta itu maka akan jadi bekal dia ke neraka.”
[HR ath-Thabrani dan al-Baihaqi]

Jika saya membaca hadist ini 4 tahun lalu pasti lain ceritanya, ketika satpam Jogja TV membantu mobil saya menyeberang, ingin rasanya wajah ini saya tenggelamkan..
Maluuu kalau dia tau mobil saya ini masih kurang 1 tahun bayar cicilan..

Dan di kejauhan tampak mobil bu Sitoresmi berjalan dengan pelan..

@Saptuari

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

