Cicilan motor = memiskinkan (2)

Previous artikel : http://bikersoak.com/2016/02/06/cicilan-motor-memiskinkan/

pusingNext, ada cerita lagi :
Katakanlah si marney, namanya agak agak bule, tp dia kerja di perusahaan sbg OB, bukan kerja di diler motor hundu. Gaji masih 1.5jtaan, dg 1 istri 1 anak, beliau kelimpungan mengatur keuangan keluarga. Pdhl rmh masi kontrak, kantor ke rumah jaraknya 20an km. Kalo naek angkot ganti 2x. Jika 1x pp = 2x2500x2 maka pengeluaran transport mjd 300rb perbln. Ini masi masuk akal, tp jika hidup tdk sekedar kantor rumah pp, hidup akan lbh berat buat marney. Maka dia ada opsi pengen nyicil motor. Jika dia kredit dg penghasilan segitu cm ada 2 pilihan. Yaitu kredit motor bekas atau motor baru tapi mochin. Kisaran angkanya juga di 250-300rb/bln. Memang 2thn pertama sama beratnya, tp si marney sangat bisa hemat di bensin, katakanlah dia beli grand impressa atau faster happy, dsb. Krn 1ltr premium bisa buat 2 hr kerja.
Nah, dari kejadian diatas sy dpt katakan kondisinya fifty fifty, ambil motor vs naek angkot pengorbananya sedikit. Win win solution. Beda cerita kalo marney mengambil kredit motor baru dg cicilan 500rbuan dg pendapatan 1.5jtaan, sy yakin akan ngos ngosan.

Dari be2rapa cerita diatas , sy dpt simpulkan :
1. Semua keadaan akan mjd valuable apa tdk tergantung keputusan kita sendiri.
2. Anda akan lihat cerita marno vs marney, yg gaji 1.5jt masi berasa cukup, yg gaji 4.5jt berasa kekurangan
3. Ambillah keputusan keuangan dg logika, jgn dgn hati krn jika hati sdh terpengaruh ( misal ngiler bgt naek kelas ) maka pikiran akan berat sebelah.
4. Utamakan keluarga, jgn menambah beban dg keadaan yg susah diprediksi.
5. Bwt yg jomblo, menabunglah drpd mengikuti iler anda demi motor baru. Mulailah bisnis sampingan apapun itu. Lebih baik punya 2sumur atau lebih jika punya  1 sumur tp dalam dan air nya sedikit.
6. Jgn lupakan inflasi & ekonomi global jika mau ambil keputusan keuangan jangka panjang. Lebih baik naek be2k butut tapi punya tabungan di rekening drpd naek ninja tp bingung byr cicilan.
7. Jika terpaksa leasing krn lbh valuable, misal cerita si marni, pilihlah leasing yg ringan dan mengerti nasabah. Ambil contoh, ada leasing a**ra, f*f, ot*, dsb ketahuilah , mereka tdk ada toleransi jika ada keterlambtn pembyrn. Lbh dr 2x lsg ambil atau melibatkn pihak eksternal, pdhl nasabah punya hak fedusia. Sekedar info s*z*ki finance lbh bershbt. Telat sd 6x masih ditangani internal, selama ada itikad baik berupa pembyrn tdk akan motor diambil, diatas 6x barulah melibatkan pihak external yg bisa ambil mtr dijalan. Tp kesemuanya itu tdk sy sarankan, krn pd praktiknya masih ada riba. Jika tdk mau, anda punya pilihan lg berupa leasing syariah. Disana akan disebutkan akad jualbeli anda langsung dg nilai laba leasing, misal beli motor 25jt + laba leasing 8jt shg total 32jt. Maka 32jt itu yg di akadkan didepan. Dan kebiasaan di leasing syariah, jk ada kemacetan pembyrn, motor dijual bersama.

ohiya, apapun kredit anda, pastikan baca dulu disini : http://bikersoak.com/2016/02/09/hak-fedusia-yg-kredit-motor-wajib-tahu/
Okeh ?? Semua pilihan ada ditangan anda !! Mau yg valuable, fifty fifty atau malah merugikan, semua ada contoh ceritanya diatas.

Bijaklah mengambil keputusan ! Mengambil kredit non produktif sebaiknya cicilan max 30% penghasilan anda.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

4 thoughts on “Cicilan motor = memiskinkan (2)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s