sohc vs dohc ?? mbok ya mikirrr…..

hihihihi……..

judul diatas jangan anda buat sebagai provokasi lho ya !!! saya cuman mau menyampaikan fakta sebagai konsumen saja, sebab saya nggak mau repot dengan berbagai alasan pabrikan/atpm.

Pada beberapa abad yg lalu, masih terasa hangat tatkala munculnya old  CBsf vs OlsVixy, dimana posisi cbsf sebagai penantang serius vixy. Hanya saja sayangnya kok pas bertepatan dg keluarnya NVL sehingga counterattack NVL serasa menenggelamkan old cbsf yg saat itu menurut saya masih berpedoman pada pengembangan Old Vixi ( bodi ramping, ban agak cacing, kurus /slim sportbike ). dan hasilnya ??? secara penjualan NVL lebih merajai krn body yg fresh dan propaganda power bertambah 20%.

http://bikersoak.com/2015/05/12/urgensi-dohc

next…lanjut aja langsung ke jalanan gan. sudah beberapa kali terbuktikan, baik konsumen yg ngetest, tabloid ternama, ataupun bengkel to bengkel. Hasilnya ???

  1. NVL menang di tarikan awal,
  2. old cbsf menang di top speed dimana membutuhkan jarak lebih ,

dua duanya sdah pernah saya ramalkan jauh hari demi melihat spek engine mereka. sang NVL bermesin meh square , yg oldcbsf bermesin overbore. nggak peduli dohc sohc, dg cc sama sudah saya pastikan kedua kondisi tadi. Masih iinget ngga di suramadu ????

Nah, kini keadaan berbeda,ada NVA ada kemunculan newcbsf yg meh square juga, kini mereka berdua memiliki bore stroke meh sama. Bagaimana keadaaan berlanjut ??? disini saya mulai tertarik ……

keadaan satu : NVA memiliki mesin SOHC superior

Keadaan dua : nCBSF memiliki mesin DOHC abal abal

dan bagaiamana pertempurannya ??? sebagiaman yang saya lihat di jalanan….. jika dulu start dari awal NVL vs oldcbsf menang di tarikan awal NVL dan jarak panjang menang oldcbsf, maka secara keset mata keadaan jadi berbalik….. baik itu tarikan awal maupun topspeed lebih prefer di new cbsf. coba aja sendiri !!!!!!!!!!!!

Okelah…. silakan di debat…. saya hanya ingin melanjutkan …..

dohc
real dohc ???

sepemahaman saya , walau mesin dohc new cbsf agak beda dengan dohc lainnya, tetep bisa lebih superior… alasannya ??? begini : andaikan dua mesin tsb memilik bore stroke yg sama persis…..sis….sis…. yakinlah mesin dohc masih lebih superior, dan sebab utamanya adalah apalagi kalo lebih bebasnya durasi kem di masing2. jadi gini, anggaplah klep itu sebuah pintu masuk buat bensin ke ppiston. dan anggaplah pintunya tsb jejer ada dua !!! kan dua klep toh !!! nah…. perbedaanya adalah… pada dohc durasi klep/bukaan si pintu bebas dimainkan, karena punya tonjolan noken as sendiri, sedangkan pada sohc, anehnya ialah si pintu dua menuju piston tsb tergantung dari bukaan pintu keluar / klep out ruangan piston. Jadi pintu masuk dan pintu keluar ada ketergantungan, ngga bisa bukak blak blakan sebebas bebasnya !!! Jadi paham kan kenapa dohc lebih superior dari sohc ?? tinggal bagaimana pabrikan men setting bukaan pintu itu tadi.

Nah, kembali ke seberapa pentingkah dohc sohc ???? bagi saya, ngga pentink untuk keseharian… atau untuk mobilitas sehari hari sudah cukup dan lebih dari cukup !! tapi tahu ngggak ?? hidup nggak cukup dari situ…. gampangnya gini :

  1. motor itu ada imej, dan dohc sudah mewakili imej kuat balap, jadi sohc bukan kalah di power/torsi tapi kalaah di imej
  2. dan motor harian motor itu dipakai balap balapan ( bukan beneran ), muke gileee,,,,,
  3. motor itu juga berhubungan dengan perasaan !! yokopo rasamu jika motor yg kamu bangga banggain habis habisan, sudah gaspoll dijalan, sudah gontok gontokan di medsos… pas turing…. eh…. tau tau disalip dengan santainya merk sebelah ????????????? opo yo eennnnaakkkk ….. ???? mbok ya pahamilah perasaan rider = konsumen
  4. di sirkuit juga gitu….. jika ada satu aja dohc langganan juara, apa yo pada nggak beralih merk tu tim balap ??? beda cerita kalo 2 merk  sama sama dohc. Ingat, dohc abal abal baru seumur jagung, potensinya masih bejibun dioprek…..

Jadi kesimpulannya ??? yoooo mbok mengertilah…. pahamilah….. jangan meululu bicara power,torsi, tarik tarikan, dsb…… pahamilah bahwa sohc diakui atau tidak , akan kalah di IMEJ …. KALAH DI TREND …. kapankah kau sadar akan hal itu ????????????????

 

15 thoughts on “sohc vs dohc ?? mbok ya mikirrr…..”

  1. kang, saya cuman tertarik komen tentang kemudahan pengaturan buka tutup klep kang, kalo saya boleh komentar, silakan kang buka spek kawasaki athlete dimana durasi nokennya overlap antara klep in sama outnya gede banget, jadinya kompresi dinamisnya makin gede kang. coba dibandingin sama noken merek lain yang durasinya agak sempit kang, sebenernya keunggulan mutlak dohc itu kan cuma makin besar rpm yang bisa dikail, sementara kekalahan mutlak dohc yaa semakin banyak mekanisme yang bergerak kang… jadinya maintenance yang lebih ribet… mohon maaf kalo saya agak sok tahu kang…

    Like

    1. justru dengan DOHC mekanisme penggerak katup bisa makin sedikit, dimana jika pake SOHC noken as tidak langsung menekan katup namun harus lewat perantara dengan namanya roker arm sehingga makin banyak gesekan yang tentunya juga akan semakin mengurangi kinerja mesin, nah kalo DOHC dari noken as bisa langsung nekan katup sehingga desekan antar part bisa dikurangi sejalan semakin sedikit part yang dibutuhkan dan keunggulan lainnya adalah pada DOHC tidak diperlukannya yang namanya setel kerenggangan antara katup dengan roker arm sehingga maintenance nya akan semakin mudah dan simple mesin hanya butuh ganti oli aja tanpa harus mesti stel klep gak kayak SOHC mesti dilakukan stel klep kalo gak roker arm bisa bengkok atao katupnya yang bengkok, mekanisme DOHC bisa lihat animasi diatas untuk SOHC bisa cari di mbah google ya

      Like

      1. coba cek parts katalog mbah.. saya yakin anda layak dapat bintang…saya yakin kalau anda mau servis patokannya adalah parts katalog.. maintenance mudah?, untuk setel kerapatan klep, apa yang harus anda ganti di dohc, dan apa yang harus anda ganti di sohc, kemudian untk mesin harian, berapa lama anda harus cek kerenggangan klep? parts penggerak lebih sedikit, tolong betulkan kalau saya salah, penggerak klep diatur oleh noken as, di dohc ada berapa noken as? bahkan mesin cbr 250 sekalipun menggunakan pelatuk, sama kayak sohc, alasannya adalah kemudahan dalam maintenance, dan lebih sedikit parts yang digunakan..

        Like

      2. part katalog bukan jdi alsan buat dasar servis, krna slma magang di bengkel mekanik tdak pernah mlihar part katalog buat servis, yg lht part katalog cuma bagian counter part, trus maintenance lbih sederhana DOHC gakada yg namanya stell katup krna gw dah merasakan pegelnya stell katup SOHC 16 katup. btw anda sales mana sih? psti bukan teknisi.

        Like

      3. mangap yah gan, ane cuma punya motor 1 silinder kang, itupun cuma 2 katup, dan ane juga pernah miara 4 katup kang, mangap sekali lagi yah kang, ane nyetel klep cuma modal kunci 9 ama kunci klep kang, kalo nyetel yang 4 katup ane mesti bongkar head buat ganti shim kang, kalo yang 4 silinder ane punya ngebul sekarang, mau servis mesti siapin duit lebih kang, belum pernah ganti sendiri. kalo emang pernah stel klep pasti ngerti la, susahnya nyetel klep, dohc ama sohc kang.. btw setau ane stel klep sohc 4 klep juga sama kok modal kunci 9 ama kunci klep doank. maap yah gan ane bukan sales, ane juga kalo jualan mending jualan beras, orang pada nyari kang..

        Like

  2. mesin keren itu….

    Single Cyl. or Twin Cyl.
    OHV.
    LONG Stroke.
    BIG CrankShaft.
    Low Compression.
    Carburator.
    Air Cooled.
    TCI and Manually Adjustable Timing Ignition.

    wkwkwkwkwkwk…

    Like

Leave a Reply

