dinamisnya BLOG dan Blogger

selamat pagi myfren…..

kopipastehari ini saya masih senut senut kang, liat para blogger yang nyomot nyomot dari blogger lain, tapi tanpa mencantumkan backlink ….. walo mencantumkan nama aja…. bagi kita blogger itu sudah kuranglah etikanya ….. mbok ya idep idep sodaqoh backlink ke yg punya blog…. karena backlink itu penting …. penting sekali malah…. kalo blog anda di backlink banyak web eksternal, di mata google web anda punya keistimewaan sendiri, terlebih dari beda beda ip dan beda domain TLD ( .com, .org, .info, tk, dsb ). Ujung ujungnya baik di mata SEO dan bisa menyebabkan nangkring di page 1 search engin. nah, disitulah saya sebutkan tentang “shodaqoh” tadi ( tau benang merahnyakah ? )….. atau mungkin anda pelit ? takut kesaing sama blog yg anda comot ??? …. janganlah yaw….

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/harisusanto/pengertian-dan-sejarah-blog_55006e3ba33311fb6f510fd6

Nah, dunia blog sendiri setahu ane sudah lumayan tua ( setua ane ! ) dimana setiap tahunnya selalu mengalami transisi fungsi …… dan bagaimana saja itu ?? mari kita simak bersama versi saya :

  1. penyedia Blog gratisan yg pertama yg saya kenal adalah blogspot, dimiliki oleh http://www.blogger.com
  2. Saya bikin blog di era 2004 dg alamat : http://funs-aja.blogspot.com
  3. di era tsb , blog kebanyakan sekali berfungsi sebagai diary personal blogger yg dipublish publik
  4. kemudian era berlanjut, 2006an blog mulai diikuti banyak perusahaan. Jadi saat itu perusahaan yg memiliki blog mempunyai kapabilitas lebih tinggi dimata konsumen, karena setiap kegiatan perusaahaan di share di blog, sisi lainnya perusahaan bisa membangun imej darisitu. Konsumen juga bisa melihat kegiatan2 positip dari perusahaan dimana client juga bisa melihatnya.
  5. setelah itu, blog mulai dilirik banyak kalangan, bahkan artis pun kebanyakan memiliki blog pribadi…. jadi trensetterlah sekaligus sosmed ampuh selain friendster
  6. kemudian blog blog yang banyak bermunculan mulai memiliki ke khas an sendiri, mulai muncul pembahasan2 topik tertentu di blog, atau dikatakan “niche” blog.
  7. sisi lain, dari banyaknya blog, masyarakat yg suka surfing di dunia maya mempunyai banyak pilihan bacaan selain media mainstream.
  8. kemudian bergeserlah kebudayaan dunia maya, media blog menjadi ajang advertising oleh perusahaan perusahaan, dan bermunculan pula banyak publisher iklan
  9. Semakin kesini , dg tenarnya blog, semakinbanyak orang mengais rejeki dari blog….. hal ini sangat dimungkinkan karena publisher iklan juga bejibun, perusahaan pemasang iklan juga menyadari masive nya iklan di blog, jadi simbiosis sangat mutualisme …..
  10. nah, apa yang saya rasakan saat ini, blog juga menjadi media : propaganda, doktrin, pembentukan imej, penguatan brand tertentu, bahkan juga sudah menjadi profesi menggiurkan bagi bloggernya !!!
  11. …ke depannya ??? saya masih tanda tanya ….

Kesimpulannya ialah blog di jaman ini sudah layaknya pisau bermata dua, bisa dijadikan manfaat positip, tapi sangat bisa sekali untuk tujuan negatip. Tinggal bagaimana blogger pinter2 menyikapinya, apakah akan condong kemana, atau mempunyai sikap tersendiri.

Ingat, sebaik baiknya ilmu adalah yang diamalkan , dan sebaik baiknya ilmu yg diamalkan adalah ilmu yang dibagi ke sesama. Selama ilmu tsb dipakai , percayalah … amal amal anda tidak akan habis. 

 

Advertisements

One thought on “dinamisnya BLOG dan Blogger”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s