Cerdiknya Suzuki Satria FU 150 Super-fi

Woaahhhh………. judul cap apa ituh ?????? tapi ini beneran loh…. suerrr….. menurut ane suzuki termasuk cerdik menyiasati major change produk satria terutama area mesin. Sekarang mari kita liat spek satria karbu utamanya bagian mesin  :

MESIN

Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup

Jumlah Silinder : 1 (satu)

Diameter Silinder : 62 mm

Langkah Piston : 48,8 mm

Kapasitas Silinder : 147,3 cm3

Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1

Daya Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm

Torsi Maksimum : 1,27/8,500 Kgm/rpm

Karburator : MIKUNI BS 26 – 187

Saringan Udara : Jenis Kertas

Sistem Starter : Elektrik dan Kaki

Sistem Pelumasan : Perendaman Oli

suzuki-satria-fu150-injeksi.jpg

Fakta fakta yg bisa saya simpulkan adalah pada satria fu 2015 karbu adalah :

  1. Dohc 4 valve
  2.  pendingin Oil Cooler
  3. ukuran bore 62×48,8 mm
  4. kompresi 10,2 : 1
  5. Karbu mikuni 26mm

Sedangkan perkiraan teknis spek satria fu injeksi adalah :

  1. Dohc 4 valve
  2. Pendingin cairan
  3. ukuran bore 62×48,8 mm
  4. Kompresi 11,xx : 1
  5. fuel Injeksi

Nah, apa cerdiknya ???? liat aja perubahan yg terjadi , cuma pada poin 2,4,5. Sangat berbeda dengan Old sonic ke new sonic atau old cbsf ke new cbsf, begtu banyak part berubah menjadikan pemilik lama langsung mendapat julukan old. Efeknya apa ?? untuk merubah karakter dan power mesin, Honda membutuhkan pnggantian : ukuran stang seher & piston, panjang silinder blok, komresi, dohc sistem tuas/temlar, noken as juga berubah tinggal satu tonjolan , dsb. banyak bangetlah part yg berubah sedangkan si satria ini cuma merubah kompresi mesin tenaga sudah melejit, dan diimbangi dengan watercooled, wes itu tok intiinya. Injeksi mengikuti trend dan aturan polusi.

suzukimotorSo, saya rasa dalam hal ini pabrikan sekecil suzuki masih pintar menyiasati trend motor sehingga bisa mengoptimalkan basic mesin yg ada, bukan bikin baru dan riset baru. Hanya saja saya masih tertegun, design total motor masih gitu gitu juga, tidak se revolusioner jupie old mx ke new mx bablas ke mx king.

Nah, sekarang tinggal bagaimana suzuki mengatur harga dan bagaimana penerimaan konsumen ??? karena di daerahku sekarang satria karbu harga sudah terjun bebas….. nanti efek psikologisnya tentu akan terasa ke new satria fu… imej sdh jatuh gegaara selalu “telat” munculin produk, dan jikapun muncul selalu tidak sesuai dg selera orang lokal Indonesia, padahal kualitas selalju diatas 2 merk terkenal itu loh… saia yakin itu ( walau pun kalo dibandingin kawak masih jauh kawak kemana kmana ).

Okeh gan… sekian dulu opini saya… pokoke untuk menaikkan tenaga /power motor si satria ngga perlu banyak perubahan, sedangkan perubahan major sebenernya untuk ikut kompetisi lawan…. termasuk fitu fitur aja…. kalo ngga percaya ??? liat aja power si jadul FXR itu berapa…. ya kan ?

btw, angka 150 di speedo itu menunjukkan cc motor yah ???? xixixixi……

 

4 thoughts on “Cerdiknya Suzuki Satria FU 150 Super-fi”

Leave a comment