Yamaha Aerox ?? ymjetfi ?? bluecore ??vv-a?? Saya bingung …. !!!

Arti nama Aerox 125LC sendiri sudah menunjukkan keunggulannya. Aero (Aerodinamis), X (Xtreme / performa dan pengendaliannya), LC (Liquid Cooled). Aerox 125LC mempunyai tiga karakter unik yaitu racing style (gaya balap), top performance (performance maksimal), agile maneuver (manuver lincah).

Hi buddy….. !!!
Pada saat ini, demi mendengar desas desus nyata bhw Aerox 125 menggunakan sistem injeksi ymjetfi, cukup membuat dahi dan kerning bikersoak melotot …. bahkan mata sampe mengernyit ….. sebab kenapakah ??? kenpa tdk memakai BlueCore ???

Kalau menurut kang tmcblog.com pada http://tmcblog.com/2016/01/18/yamaha-aerox-125-lc-belum-blue-core-ini-alasannya/ disebutkan bahwa :

“Filosofi Blue Core sendiri adalah filosofi Mesin yamaha yang mengedepankan Keseimbangan / ” Balance” antara Performance dan irit bahan bakar . . . sedangkan Aerox 125 memang sudah sejak awal diposisikan sebagai motor dengan Performa Lebih”

………………………………………………………….

Jadi Memang benar mesin Yamaha Aerox 125 LC itu belum termasuk mesin dengan filosofi Blue core karena masih cenderung mementingkan spek performance . . . namun walaupun bergitu pada acara Q n A, Pak Dyonisius Beti Salah seorang BOD YIMM megatakan bahwa saat ditest, Yamaha Aerox 125 LC ini bisa dibawa irit 43-45 km/liter . . . “

Kepala ane nyut nyuutan gan dg pernyataan2 diatas…. sehingga timbullah pertanyaan2 sbb :

  1. Berarti mesin mesin ber-Bluecore tidak mempunyai perfoma lebih baik daripada mesin2 ymjetfi ??
  2. Apakah ini menunjukkan mesin mesin bluecore lebih lemah di perfomance drpd ymjetfi ??? kenapa ???
  3. Kenapa kemarin Yamaha mengembangkan BlueCore yg perfomanya lebih rendah daripada ymjetfi ????
  4. Berarti, mesin ymjetfi perfomance oriented ???? Seingat ane, ymjetfi di design untk efisiensi bahanbakar injeksi khas Yamaha, lha ini kenapa kok dibilang perfomance oriented pd aerox ? Bukanya malah vva ??? Bingung dah pala ……

Nah, untk menelusurinya mari kita cari lihat cuplikan apa itu ymjetfi ?

  “Yamaha menyebut teknologi FI dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah ”

sumber: http://www.yamaha-motor.co.id/newsdetail/archive/2011/december/article/ymjet-fi-teknologi-fuel-injection-yamaha.html

Kesimpulan ane  kan jadinya ymjetfi itu diciptkana untuk konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan , bukan untuk perfomance !!! Kemudian mari kita melihat pennjabaran apa itu bluecore ….

Nah, ada apa ini .?.?
1. Benarkah aerox mengutamakan perfomance tanpa mempedulikan efisiensi bbm ?
2. Benarkah Yamaha hannya menghabiskan stok gen 125
cc ymjetfi ? Suudzon in mah…..
3. Atau benarkah hanya tdk ingin mendiscontinue mesin 125cc tsb ???
4. Kenapa tidak bikin mesin 125cc dg vva yg sudah terbukti maknyus di NMax ???

Sy rasa , jika acuan perfomance poin 4 tadi hrsnya lebih cucok  , tidak menimbulkan kontradiksi dg definisi ymjetfi dan tentunya bukan dianggep kemunduran oleh pengkritisi ……

Dan semoga… pala ane yg nyut-nyutan ini ada obat mujarabnya……

Allpics from Yamaha Indonesia’s web

Screenshot_24

Spesifikasi Aerox 125LC

 

Dimensi

P X L X T

1857mm X 742mm X 1070mm

Jarak Sumbu Roda

1265mm

Jarak Terendah ke Tanah

135mm

Tinggi Tempat Duduk

760mm

Berat Isi

102 kg

Kapasitas Tangki Bensin

3,8L

Mesin

Tipe Mesin

Liquid cooled, 4-stroke, SOHC

Jumlah / Posisi Silinder

Single cylinder

Ddiameter x Langkah

52,4 x 57,9 mm

Perbandingan Kompresi

10,9 ± 0.4 : 1

Daya Maksimum

8.4kW/9000rpm

Torsi Maksimum

10.4Nm/6500rpm

Sistem Starter

Elektrik & kick starter

Sistem Pelumasan

Basah

Kapasitas Oli Mesin

Total = 0,90 L ; Berkala = 0,80 L

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Tipe Kopling

Kering, sentrifugal

Tipe Transmisi

V-belt automatic

Rangka

Tipe Rangka

Underbone

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Unit swing

Ban Depan

70/90-14M/C 34P

Ban Belakang

100/70-14M/C 51P

Rem Depan

Disc brake

Rem Belakang

Drum brake

Kelistrikan

Sistem Pengapian

TCI

Battery

YUASA/YTZ5S

Tipe Busi

NGK/CR7E

Advertisements

6 thoughts on “Yamaha Aerox ?? ymjetfi ?? bluecore ??vv-a?? Saya bingung …. !!!”

  1. Kalo misal pake ymjet fi mestinya spek ditulis sperti xeon rc
    Silahkan cek situs resmi bisa dibandingin yg pake ymjet fi.
    Sistem baham bakar : fuel injection system ( ymjet fi.)
    Yg aerox mirip ama yg klan bluecore
    Sistem bahan bakar: fuel injection..
    Ga ada embel2 ymjet fi.
    Bluecore filosofi ga spesifik di sistem injeksi aja yg jadi cirinya indikator eco.

    Ymjet bukannya udah pensiun.. masalah performa kurang responsif ama bukaan gas.
    Malah makin aneh kalo dipake lagi.

    Perkiraannya sih mesin xeon pake sistem injeksi yg di clan bluecore.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s