Benelli TNT250 vs MT25 adu specs

Hai kawan… hingga hari ini , saya masih penasaran akan sosok 2 motor 250cc ini yg kebetulan dipertemukan di satu tempat, satu waktu, satu acara ,dan beberapa fansboy …..

Untuk mengatasi rasa penasaran saya, rasanya saya akan mencoba mengambil data teknis dari masing2 pabrikan tsb di website masing2 juga. Cekidot dulu brur….

Brand Benelli tnt 250 Yamaha MT25
Engine 2 Cylinder, Four Stroke, Water-Cooling, DOHC 4 stroke DOHC
Bore X Stroke 61.0 x 42.7mm 60 x 44,1 mm
Engine Displacement 249 cc
Rated Output 23.5 kW/12000 rpm 26,5kW/12000rpm
Max Torque/rpm 20 N.m/9000 rpmi n 22.6 Nm/10000rpm
Starting Method Electric Elektrik
Compretion Ratio 12:01 11,6:1
Clutch Wet Clutch Basah, manual, multi plate
Gearbox 6 Speed, Constant Mesh 6 Speed, Constant Mesh
Dimension 2115 x 1130 x 800 mm (L x H x W) 2090x745x1035mm
Wheelbase 1405 mm 1380mm
Curb Weight 196 kg 165kg
Fuel Tank 16 Liter 14 L
Brakes Front: Twin Disk @ø260 mm Single disk brake
Rear: Single Disk ø240 mm Single disk brake
Suspension Front: Inverter Hydrolic Damping ø41 Teleskopik
Rear: Spring Preload Adjustment Swing arm
Tyre Front : 120/70-17 110/70-17
Rear : 160/60-17 140/70-17

MESIN

Kubikasi sama, yaitu seputaran 250cc dohc. Entahlah itu DOHC Abal abal apa bukan !!! yg penting DOHC beneran…. xixixixiii…….

Jika kita melihat dari ukuran bore x stroke, yakin tnt 250 sebesar 61.0 x 42.7mm versus Ymh MT25 sebsar 60 x 44,1 mm memang selisinhnya engga seberapa. Tapi saya yakin MT25 jika di drag akan didepan terlebih dahulu, akan tetapi masalah top speed saya rasa benelli tnt250 yg akan didepan. (  belum dibuktikan ! )

Akan tetapi mari kita lihat spek selanjutnya. Power tnt berasa di 23.5 kW/12000 rpm sedangkan MT25 ada di 26,5kW/12000rpm. Kesimpulan saya, power MT lebih baik di rpm tsb drpd tnt 250. Sedangkan spek torsi tnt adalah 20 N.m/9000 rpm dan MT25 adalah 22.6 Nm/10000rpm , jadi dari torsi pun MT25 masih unggul dengan selisih 2,6 Nm pada rpm juga selisih 10000. Efeknya apa ???? MT25 memerlukan rpm 10000 untuk menggapai maks sedangkan tnt lebih rendah.

Next. Compretion ratio : tnt250 mempunyai kompresi 12:1 sedangkan MT mempunyai 11,6 : 1. Dua duanya memerlukan bahan bakar yg sejenis, tetapi jika melihat data kompresi tnt250 yg lebih tinggi, bukankah harusnya lebih superior drpd MT25 ??? Nanti dulu kawan…. ada penjelasan di bab selanjutnya. Silahkan tinggal ngopi atau nonton bioskup dulu !!

Transmisi : 6 speed dengan Jenis Kopling yg dianut, sesuai spek dua duanya adalah wet multidisc, jadi standart aja ternyatah…..

BODY

jIKA tnt250 memiliki ukuran 2115 x 1130 x 800 mm  sedangkan MT25 mempunyai ukuran 2090x745x1035mm. Maka kita bisa melihat TNT250 selain lebih panjang drpd MT25, juga lebih lebar. Tetapi masalah ketinggian, dari dua motor tersebut overall lebih tinggi MT25. Masalah boeat loe ???

Kemudian, masalah wheelbase, yg artinya jarak sumbu kompor roda. Kalau tnt250 mempunyai jarak 1405mm dan MT25 1380mm, maaka kesimpulan saya si MT25 ini lebih lincah diajak menari di belantara lalulintas dan kemacetan, sedangkan tnt250 lebih enak diajak turing jauh ke tempat sepi sepi !!!

Fuel tank , si tnt250 = 16liter dan MT25=14liter. Masi gambotan tnt250 tanki bensinnya. Apakah ngefek ??? ya tentu sajalah… si benelli akan lebih jarang mampir spbu drpd mt.

Kemudian berat motor keseluruhan, nah inilah yg saya rasa mengebiri mesin si tnt250 besar besaran. lha gimana tidak ? si tnt250 punya berat 196kg alias 2 kwintal kurang 4 kg sedangkan mt cuma 165kg dengan design chasis khas Yamaha, jadi tambah user friendly and cornering frendly.

Kesimpulan akhir , anda mau milih mana ????

  1. Untuk yg suka turing dan kenyamana, saya sarankan pilih Benelli tnt250.
  2. Untuk yg suka lincah ngalay saya sarankan pilihlah MT25

Pengalaman riding ???? silahkan baca baca disini … mungkin bisa jadi gambaran lebih lanjut untuk anda :

  1. https://johnhendyofmars.wordpress.com/2015/12/21/modif-mt-25-pasang-stang-jepit-top-speed-nambah-10kmh-percayalah/
  2. http://nyobamoto.com/2015/12/28/impresi-berkendara-yamaha-mt25-di-jalanan-surabaya-malang-dan-riding-harian/
  3. http://ndeso94.com/2015/12/23/test-ride-harian-yamaha-mt25-test-kecepatan-dan-macet-kota-surabaya/
  4. http://adventuriderz.com/2015/12/25/tes-harian-benelli-tnt-250-1-desain-cakep-fitur-komplit

Sudah jelas bukan ???? Jika sudah…. silahkan kumpulkan KTP dan DP tanda jadinya yaaaaaaa……………….. #kabooooorrrrrr naek metik….

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Benelli TNT250 vs MT25 adu specs”

  1. TNT 250 suruh diet ketat saja, tiap turun 9 kg bisa naik 1 hp.. itu rumusnya. jadi kalo beratnya bisa sama kayar R25 (165kg) bisa naik daya 3,44 Hp.. yakin tuh R25 nggak berkutik.
    Oya, TNT 250 sudah pake mesin 3 pcs kayak mobil, jadi base borenya nempel jadi satu logam sama gearbox, bukan lepasan kayak motor jepun.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s