DOHC abal-abal, adakah ????

Selamat Pagi temans ….. !!

Di beberapa grup … masih saja anget dibahas antara the real DOHC dengan DOHC abal-abal. Padahal jika menurut penjelasan teori per-mesinan, dapat dikatakan DOHC / Double Over Head Chamsaft ini maksudnya adalah ada dua noken as yg letaknya dua-duanya ada diatas silinder head !!!! Jadi mau dua klep, mau 8 klep, yg penting punya dua noken as diatas silinder head/ diatas piston.

Akan jadi menarik pembahasannya jika ternyata ada dua pabrikan yang mengadopsi sistem yg berbeda walau sama-sama dohc. Sehingga para fansboy masing2 keukeuh dengan pendapatnya bahwa dohc nyalah yg bagus……

Berikut adalah penjelasan Biker Soak yang jangan anda percaya sama sekali jika anda mau tersesat  :

  1. images.jpgSistem penekan langsung, yaitu Si tonjolan noken as menekan langsung batang klep walau tetap melalui bantalan guling …. maksudnya bantalnya itu adalah menekan ke berisikan mesin sekaligus mengatasi floating klep di rpm tinggi. Kenapa sy bilang langsung ? karena tonjolan noken as segaris lurus dg batang klep. Mesin apa aja yg memakai ginian ?? di Indonesia setahu ane ada Satria FU/FXR/rider125 , Yamaha R25/MT25, dst. umtuk lebih jelasnya ada bisa melihat begini :

dohc

2.Kemudian Sistem penekan tidak langsung, yaitu dimana tonjolan noken as menekan tuas dulu, dan tuas itulah yg nenekan batang klep. Jadi jika ditarik garis lurus saat menekan klep, garisnya tidak akan ketemu sama batang klep. Tuas ini lazim dinamakan temlar ….. dan yg bikin heboh karena di sematkan di sonic 150 yg penomenal ….. kira kira begini lah gambarnya ….

cara-kerja-mesin-4-tak-dohc-fast

Terus, kesimpulannya apa ?

Bagi Bikersoak sendiri, dua duanya adalahh benar DOHC , tetapi masing2 memiliki kelebihan nya sendiri sendiri.

Jika yg menekan langsung batang klep, itu memungkinkan jalur porting lebih tegak langsung menuju ruang bakar.  ini disebabkan ruang head yg lebih leluasa. Sehingga dapat saya katakan penganut jalur beginian ini mengutamakan perfoma. Tapi dengan begini, konsumsi bahan bakar yg terlalu losss akan menimbulkan efek lebih boros……

Lanjut…. jika memakai temlar seperti sonic 150, coba anda perhatikan !! temlar tsb tidak spt pada umumnya temlar motor yg as temlarnya ditengah. Temlar sonic malah ada disamping, jadi akan memperbayak ruang gesekan . efeknya akan sama spt bantalan pada poin 1 diatas. Coba anda lihat ??? yg bergesek itu ada tiga bagian, yaitu laher as temlar, tittik sendtuh temlar dg tonjolan noken as, dan temlar itu sendiri dengan batang klep. Sistem spt ini bisa membuat jalur porting lebih landai, efeknya bbm lebih irit. walau pergerakan temlar akan membatasi pergerakan klep. Efek lainnya ??? mesin disinyalir akan lebih halus.

Kira kira sekian dulu penjelasan dari biker soak… percayalah… ini jangan dipercaya…. wassalam…. !!!

Advertisements

22 thoughts on “DOHC abal-abal, adakah ????”

  1. Tapi satu temlar buat 2 klep, di satu tonjolan noken as, kan jadinya aneh lagi, kenapa pake 2 noken as padahal di satu noken as cuman ada satu tonjolan? Ngurangin rugi2 gesek? Lantas kenapa pake 2 noken? Aneh kan dohc overstroke dengan 1 tonjolan per noken as, dan satu templar pe 2 klep? Nggak jauh beda sama overstrok sohc 4v.

    Like

  2. dohc petama, camsaft menekan langsung batang klep tanpa roller yang mampu mengurangi gesekan

    dohc kedua, camsaft menekan batang klep dg bantuan noken+roller sehinga membantu menguangi gesekan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s