STOP !! PAKE MOTOR untk anak DI BWH UMUR ?!!

Terus terang sy sudah lama geregetan jika ada anak yg bw motor. Tahukah kalian para ortu ??
Mungkn menurut kalian hebat, udah kecil2 tp pinter naik motor,beda dg masa kecil ortu yg sepeda pancal aja ga bisa beli.
Mungkin menurut kalian praktis, anak kecil bisa disuruh beli ini itu kalo bisa naek mtr.
Mungkin adalagi alasan naek motor itu membantu perkembangan motorik anak.
Tapi …. lupakah kalian ???
1. emosi anak blm stabil
2. Masi suka pamer
3. Lbh penting ego sendiri
4. Nalarnya pendek, manabisa mikir pemakai jalan lainnya ?
5. Blm kenal takut apalagi dosa
Dst…..
Bisa anda bayangkan jika karakter diatas yg naik motor dijalan ??
Bisa anda bayangkan jika mereka kebut2an dijalan ? Pdhl didpn anda mereka patuh dan manis sekali ???
Berikut adlh petikan keluhkesah pemakai jalan thd pemotor anak2 =

image

Dimana nurani, logika dan akal budi?!?
======:=====:====================
Tadi siang tepatnya sekitar pukul 10.15wib
Di darah jl. Veteran Surabaya..
Jalur 1 arah menuju ke arah Tugu Pahlawan..
Mobil kami tiba2 dihantam pengendara motor dr samping.. bapak2.. beliau jatuh lumayan parah dan motor rusak di beberapa sisi..
Spontan saya menjerit..
Dan setelah melihat sekeliling ternyata si bapak tadi bs menghantam mobil saya krn kaget menghindari pengendara motor dr arah depan!!!
(Padahal itu jalur 1 arah)

Dan yg bikin saya naik pitam!!
Pengendara motor (1 motor boncengan bertiga) ngawur itu adalah 3 anak yang masih di bawah umur!!!! SMP dan ada yg baru STM!!
Usia baru sekitar 15tahun!
Tanpa helm..!!!
Tanpa sim n stnk..!!!

Saya tahu 3 anak ini sekilas ketakutan..
Karena saya dan suami marah besar!!
Bukan krn mobil kami tergores..
Tapi lebih pada krn ulah ngawur mereka menjatuhkan korban.. si pengendara motor yg menghantam mobil kami..

Tapi entah gimana..
Mungkin krn sense saya..
3 anak ini hanya takut sebatas takut biasa..
Bukan merasa bersalah..
Mereka duduk menjauh dr korban yg luka dan salah 1 ada yg sambil senyum sebentar trus ekspresi takut lagi..
Yang jelas..
Mereka berusaha menyembunyikan identitas.. ditanya no hp ortu ga mau kasih.. ditanya no hp sodara dll katanya ga punya.. baru sampai ketika saya ancam mau masuk penjara atau menyelesaikan ini baik2.. akhirnya ngeluarin HP..
Eh alasan hp mati..baru saya bentak lagi dan saya beri pilihan mau kami bawa ke kantor polisi atau baik2.. (kunci motor mereka sudah kami bawa)

Oke akhirnya kami dapat no hp ortu salah 1 pihak..
Eeeeeeh herannya juga si bapak excuse..
Ga panik..hanya bilang rumahnya jauh.. dan tanya alamat.. tapi minta dipahami rumah jauh!!!
Dan tanpa mengucapkan maaf!!

Oke kami deadlock..
Kami lagi buru2..
Si korban yg satunya jelas merasa gak enak dg kami.. karena mobil kami tergores lumayan krn terhantam motornya..
Luar biasanya si bapak tak memperdulikan dirinya.. beliau memperdulikan mobil saya..
Kami beri uang utk berobat beliau ga mau..

Akhirnya setelah mendengar di telfon ortu si anak bagi saya tidak ada itikad baik..
Dan 3 anak ini hanya minta dikasihani tanpa perduli kami sebagai korban..
Dan mereka tak perduli bahwa itu salah..

Oke fix!!
Saya dan suami menuju ke kantor polisi terdekat.. eh kok ya kebetulan deket sama Polwiltabes Surabaya..
Thanks to Pak Polisi bs memahami niat kami utk memberi efek jera pd 3 anak ini..
Beliau menghampiri 3 anak ini.. dan membawanya ke kantor polisi.. dan baru akan selesai bila ortu datang..

Walaupun akhirnya ortu pelaku datang..
Minta maaf pada korban (+membiayai perawatan lukanya dan mengganti kerusakan motornya).. dan walaupun 3 anak ini menangis tanpa henti di kantor polisi..
Bagi saya kasus ini tdk bs berhenti begitu saja…

Ada beberapa hal yg saya pelajari.. dan yang ingin saya sampaikan barangkali qta bs menjaga diri dan keluarga dan masa depan anak cucu qta..
1. Haloooo para ortu.. saya juga ortu.. ayoook sadar diri.. mengijinkan anak menggunakan motor atau kendaraan di bawah umur.. entah nembak SIM atau tanpa SIM.. ini tindakan yang gak logis!! Untuk apa? Hanya utk nuruti maunya anak? Hanya biar mereka berhenti ngroweng biar bs dibilang gaul atau kekinian bs punya kendaraan sendiri.. buat gaya2an?
Apa manfaatnya ini utk anda sbg ortu?bangga? Bener bangga kah? Melanggar hukum lho pak bu.. atau sudah mati kah kesadaran hukum di negara ini..

2. Adek adek.. mas mbak.. nak.. wes toh.. beli bensin aja masih minta duit ortu.. motor rusak juga mintanya ke ortu.. trus merasa keren gitu klo bawa motor sendiri??
Kalau kayak gini kejadiannya tetep ngerasa keren?
Aturan negara jelas siapa yg boleh mengendarai motor.. kenapa kok dibawah usia 17th ga boleh??
Karena jelaaaas!!! Masih galauers.. masih ababil.. masih melakukan apa2 hanya utk sekedar kekinian!!
Lhah di jalan yg mau nuruti kekinianmu sapa?? Banyak nyawa yg bs terancam hanya krn nuruti kekinianmu!!

3. Kalau melakukan kesalahan minta maaf..
Bukan untuk dirimu sendiri.  Tapi krn kamu peduli bahwa orang lain terluka olehmu..!!
Kalau anak ga bs minta maaf.. yok sama2 koreksi diri.. bagaimana didikan ortunya..
Tenang saja.. ini juga catatan keras buat saya yg menjadi ortu..!

4. Saat melihat orang lain terluka tidak ada keharusan membantu..
Tapi ini tentang nurani dan kemanusiaan.. mari asah rasa dan hati..
Kepekaan ini ga muncul tiba2.. tapi dipupuk.. ditumbuhkan sejak kecil..

😤😥😤

Oke..
Demikian tulisan saya..
Foto anak ini saya ambil seijin mereka..
Saya tidak akan share data mereka di sini..
Bagi yang kenal dg ybs.. mohon diingatkan janji mereka bertiga pada kami sbg korban kekinian mereka tadi untuk tidak mengulangi lagi perbuatan yg merugikan banyak orang..

*thanks to Pak Polisi di Polwiltabes Surabaya (Pak Syahid)
*utk pak korban satunya yg saya lupa namanya (maaf).. terimakasih sudah menguatirkan mobil kami tanpa mau menerima bantuan sepeser pun dr kami

============
Masi mau megangin motor ke anak anda ??? Selamat !! Anda termasuk manusia bebal, pikiran anak2 yg terjebak di tubuh dewasa ….
Jika himbauan ini anda hiraukan, biarlah Tuhan yg mengingatkan anda ….. trims !!

Advertisements

3 thoughts on “STOP !! PAKE MOTOR untk anak DI BWH UMUR ?!!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s