my Hystorical Bike : Honda GL 100 @1982

gl

Selamat pagi kawan !!!

mULAI hari iini akan ada artikel artikel khusus motor motor yg pernah dimiliki biker soak, mulai dari cerita yg menyenangkan, menyedihkan, bahkan meragukan.

Cerita pertama mari kita mulai dari motor pertama aja dulu, yaitu seekor Honda GL 100 thn 1982 platina.

Saat itu , ane sdh kerja di Surabaya. Dari hasil kerja tsb didapetlah sedikit uang karena pengen punya motor. Oh,iya. saat itu kerjaan ane masih gali gali kabel dipinggir jalan, wilayah surabaya saaja.

Saat itu pengennya sih sesuai budget aja, yaitu 1.5jt lbh dikit…. dan setelah survey sana sini sampailah pd kesimpulan bahwa saat itu uang segitu cuma dapet sebongkah CB100 . Walhasil, dicarilah motor CB100 di kampung halaman ane. Kenapa cari dikampung ???? saat itu di srby ane belum kenal siapa2 ……

Ga berapa lama, dapetlah info ada CB 100 persis dijual 1.5 jt. Janjian sama anaknya sore, ndilalah ditunggu tunggu ga pernah muncul …. ternyata motor tsb mogok ga mau diajak jalan ke rumah ane, belum lagi dapet info terbaru tuh motor gada surat2nya…. shg di cancel dulu lah….

Ga seberapa lama, sepupu kasih kabar kalo ada GL100 harga murah krn ada orang mau kerja keluar negri, si motor dijual. Cek…cek….. ini motor masih nyala, cuma suaranya ngga merdu. tp gpp lah…. akhirnya ane ambil motor ini dengan pertimbangan sdh dapet yg lumayan ( saat itu pasaran nya 3.5jt ). Oh iya, plat nomernya JOGJA, bukan di kampung ane.

MyFirstBike ini langsung ane ajak cuzzz ke Surabaya broooo…. tapi tetep mampir dulu ke Jogja, anggapan saya ni motor kuat ajalah ane ajak ke jokja, kemudian ane serpis disono ….

peta

Perjalanan dari wonosoobo ke jogja sendiri ane lewat jalur normal, jalanraya biasa agar kalo ada kenapa2 bisa mampir bengkel. Tapi alhamdulillah tidak ada halangan sama sekali, sampai jogja mulus polll…. gaspollll….. everything no problem !!! motor platina itu kalo kadung setelan platinanya enak bisa mak wuzzzzzz….. GL Pro cdi aja kesulitan nguber…… dan yg bikin kaget, wonosobo jogja cuma 1.5 jam aja…..

Next, di jogja serpis dan ganti oli di sebarang ahass, maap udah lupa dimananya….. dan suara mesin kembali halus, mak nyusss…. sehingga ane langsung cuzzzzz lagi otw Surabaya ……..

Skip…. skip… setelah 2 bulanan di srby, ni motor mulai aneh…. sering mati pas ridiing, tapi kalo dibiarin ya nyala lagi. Ane bawa ke bengkel , katanya piringan / tatakan platina udah melengkung, dan cari dimana mana yg ori sdh gada …. walhasil ya gonta ganti terus deh…. sampe dapet seken yg lumayan. Kenapa bertahan pake platina ???? karena saat itu belum ada yg bener2 sreg ngerubah CDI AC yg pake lilitan….

Kesan dan pesan selama memakai ????

  1. Nih motor gearboxnya pendek2, harusnya ada gigi 6.
  2. kuat angkut2 apapun
  3. tapi rewelnya minta ampun, pernah klep bengkok juga
  4. nanjak2 ecesss cuma kalah di topspeed ( kecuali high rpm no limit , platina gitulhoh !!! )
  5. kecil, untuk ukuran body saya plus boncengan mepet banget
  6. turing ??? enak, shock enak depan belakang, irit juga

Sekarang maunya apa ??? pengennya sih jadi kayak gini :

20110718gl100_1

Marii kit mengheningkan cipta !!!

Spesifikasi GL 100 :

=======================
Panjang x lebar x tinggi                  : 1900 x 735 x 1017 mm

Jarak sumbu roda                            : 1200 mm
Berat kosong                                   : 98,5 kg
Ban depan                                       : IRC 2,50-18 (4 PR)
Ban belakang                                  : IRC 2,75 -18 (4PR)
Jenis/kapasitas tangki bbm             : bensin/11,5 liter
Pemakain bahan bakar                    : 50 km/l pada kecepatan 50 km/jam
Engine                                             : 1 silinder/OHC
Pendingin                                        : udara
Kapasitas silinder                            : 105 cc
Diameter x langkah                         : 52 mm x 49,5 mm
Perbandingan kompresi                   : 9,2 :1
Daya maksimum                              : 12 HP/10000 rpm
Torsi maksimum                              : 0,85kgm/8500 rpm
Jenis/Kapasitas oli engine               : SAE 30 Kelas SE 1 liter
Sedikit pengetahuan ttg Honda GL100 :
Motor ini adalah motor pengganti varian CB, sedangkan pembeda utama ada di :
1. Pengapian, walau sama sama platina, GL ini sudah memakai pengapian  AC, sedangkan CB masih DC
2. Speedometer dan tachometer sudah kotak, dan ada fuel meter
3. Sasis lebih panjang dari CB, lebih stabil
4. tanki besar dan sudah rata
5. Aki kecil
6. Headlamp sudah kotak

 

Tags :  Honda sonic brv jazz brio hrv cbr 150 mobilio beat cb

Penelusuran yang terkait dengan honda

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “my Hystorical Bike : Honda GL 100 @1982”

  1. jadi inget jaman sekolah dulu,ane pake CB100K5,teman pake GL kayak ini,sama warna hitam,,kompak,kemana2 berdua,disekolah jg motor paling jadul,teman2 lain udah pada pake Grand,Force one,RX king,atau Susiku Ternoda 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s