Perfomance : per cvt Suzuki Nex

image

Selamat siang saudara …. !!
Berawal dr motor Nex ane yg serasa agak ngga enak di sektor puli belakang, dan pas ada sedikit rejeki…. ane sambangin bengkel ARC singosari dimana bengkel ini dulu satu2nya yg punya mesin dyno di malang …. ( kalo ga salah inget ).
Part demi partpun dibongkar , ternyata mangkuk kupling house sdh mateng, wujudnya sih utuh tp sdh menghitam tanda metal sdh mengeras krn mateng … shg secara logam tambah bagus tp untuk urusan gesek jadi lebih licin, shg sering selip. Tandanya ? Terasa ada ddrrttt dddrrrtt di kec 50 – 60kmh.
Sama mas mekanik , ane suruh ganti aja …. lha harganya cm 90rb sdh dpt koplinghouse ori … coba ente bandingkan dg merk terkenal sebelah ….. yg platnya lbh tipis tp harganya hampir 2x lipat…. xixixi
Lanjut gan….. ditengah2 pembongkaran ane inget saran dr bang benny p, bahwa per cvt nya diganti pake punya mio j …. agar tenaga lbh ngisi …. jadi ya skalian ajalah…. ! Untung di bengkel tsb juga ready part tsb. Bedanya ada di ketinggian/panjang per. Lebih panjang punya mio j. Harganya ? 27rb aja.
Bagaimana pesan dan kesan ? Setelah ane pake kurang lbh 500km kesimpulannya adalah :
1. Tarikan awal kurang responsive
2. Tapi tenaga serasa mengisi terus sampai dengan rpm agak tinggi
3. Tes tanjakan oke…. rekomended
4. Tes beban oke… rekomended
5. Tes speed : ada sedikit kelemahan, speed diatas 80kmh agak melemah, walau msh bisa 110kmh tp capaian agak lama, lbh beringas per lama.
6. Walau begitu, untuk pemakaian harian sangat rekomended. Berkali2 tes tarikan di jalan, tdk kalah dg var150 …. bahkan popmie yg tarikanya bagus aja ngos2an ngejar si nenex merah.
7. Tes fuel consumption : belum scr akurat, tp berdasarkan feeling pemakaian harian dg roling speed 60kmh masih lbh irit pakai per cvt mio j. 
Sekian dulu info dari bikersoak, semoga bermanfaat … amin

image

!

14 thoughts on “Perfomance : per cvt Suzuki Nex”

  1. boleh tanya tidak.. sudah brapa kali ganti rumah kopling?? dan ganti pada kilometer/odometer brapa gan? soalnya ane bingung.. mau bongkar puli blakang apa ganti kopling house.. masalahnya sama spt suzuki nex agan.. drrt.. drrtt di kec 50-70 kpj, kalo di beres paling cuma diutek2 roller dan rumah rollernya dari jaman dulu ampek skrg akhirnya gk rebes2 masalahnya, kenalin sblmnya.. ane snoc dari bangkalan

    Like

    1. Ane baru 1x ganti ini kop house, km sekitar 42rb lbh …. motor thn 2012.
      Malah lbh parah ane kang, kata beres itu sdh karakter nex… hehehe…. tp ane ngeyel …. lhawong barunya ga kyk gitu ….
      Saran ane :
      1. Cek kode vanbelt, jgn mau dijasu vanbelt yg tipis. Pakailah vb nek fi lama
      2. Cek kop house, kalo sdh menghitam ganti aja.. toh murah ini ….
      3. Cek juga as nya, jgn lupa dijasi stempet/gemuk

      Like

      1. punya ane tipe karbu, jadi baiknya beli yg vanbelt lama (karbu/sesuai kode part) atau pake yg punya fi..? soalnya di eparts.suzuki.co.id cuma ada 2 macam utk nex? yang 1 kode blakangnya b09j20 dan yg 1 lagi b09j00

        Like

  2. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article.
    I’ll be sure to bookmark it and return to read more of your useful
    info. Thanks for the post. I will certainly return.

    Like

Leave a Reply

