P135LS : jalur oli siluman

Hai sob….
Di grup sebelah saya rasa koq lagi rame pies nya pada over heat. Over : lebih, berlebihan. Heat : hot. Jadi hot nya keterlaluan !
Memang sih, dg spek yg 4 valve sohc, pies masih apes tanpa pendingin radiator, ga kyk sodara satu2nya 135cc 4 valve ( jupie mx ). Blm lagi sirip2nya yg kecil2, itu aja masih ditambah 2 busi plus mesin irit. So wajar rasanya jika penyakit2 pies yg melanda spt :
1. Sering berkurang olinya alias menguap ( dia memang gitu sih…. ngantukan )
2. Power ngedrop saat long running, misal turing jauh
3. Pindah gigi susah  saat mesin  panas
4. Semakin sering overheat, part2 berbahan karet tidak awet/getas. Biasanya paking atas gampang rembes oli.
5. Selip kopling ( jarang )
Dan dari  sekelumit problem itu tadi lah akhirnya ane biker soak + pies soak ber- rembuk secara intens sehingga lahirlah jalur oli tambahan baru. Analisa nya sederhana saja, yaitu maksimalkan oli sbg darahnya motor. Dan dari grupnya “tomat” itulah dapet julukan “jalur oli siluman”.
Berikut penampakan2 yg sempat ane poto , semoga mudeng :

image

image

image

image

image

Part yg dibutuhkan :
1. Nipple ,ring tembaga, baut punya oil cooler satria fu
2. Selang besi bekas , biasanya punya ac
3. Tukang las kuningan
4. Tukang  bor + ngedrat buat blok mesin
5. Duit 100-150rb

Caranya :
1. Bor bak mesin kiri spt gbr diatas plus bikin drat sesuai baut niple
2. Bor pula silinder  head. Lubangnya tinggal pilih yg mana sdh disediakan calon lubangnya oleh pabrikan.
3. Tes baut nipple, masuk apa nggak
4. Setelah oke semua, silakan ke tukang las untuk bawa bahan2 dan disesuaikan aja mau taruh dimana.
5. Sekian

Advertisements

2 thoughts on “P135LS : jalur oli siluman”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s