Tesride : Royal Enfield “classic chrome”

Hai…. jumpa lagi sama bikersoak, motorsoak, dan otak soak ane….. semoga anda semua tidak ketularan !

Lanjut dr artikel sebelumnya,mari kita bercerita sedikit saja. Bagaimana sih impressi RE classic chrome ini menurut bikersoak ?

image

Begini, jika dilihat bodynya…. kentara banget ini motor memang buatan jaman jadul, klasiknya itu sungguh terlalu ! Suerr…. beda banget macem HD dan victory.
Kesanpertama sudah sangat dapet kalo ini mah…. first impression nya bakalan bikin jatuh hati bagi anda penggemar cewek motor klasik bin antik, dan nenurut owner sih memang RE ini Tidak menghilangkan apa apa yg sejak dulu dibkin pabrik asalnya di british sono. Jadi secara blueprint masih tetap, hanya ada apdet kelistrikan, sistem pasokan bahanbakar dan remcakram.

image

Backto topik,
Jika demikian , bagaimana kesan berkendara antara RE lama dan yg baru ? Mudah dijelaskan bahwa krn menganut blueprint yg sama, maka “tumpakane” msh sama persis dg buatan PD II dulu, baik handlingnya maupun vibrasinya. Bagi saya, vibrasi spt ini sungguh ngangenin ! Selain getarannya sangat terasa, juga frekuensinya yg cenderung menonjolksn torsi…. byuuhhhh…. maut tenannnn !
Impressinya sama persis saat sy numpak triumph 2 silinder buatan ’54. Bedanya cm ditenaganya doank……
( bila mau liat bodynya lihat next artikel ya…. bakalan tak puasin dg mega gallery )
Saya memang agak akhir saat melakukan tesride drpd teman2 jatimotoblog krn akan ada tes khusus yg akan sy perlakukan kpd motor ajib ini.
Pertama naik, joknya terkesan empuk, trus kaki juga dengan mudah menggapai aspal. Cucok bingit ini dg tingginya org2 sini. Lanjut puter kunci kontak gan ….. tunggu lampu indikator mati …..

image

Ntuh lampunya disebelah kanan, ada indikator lampu bensin bukan jarum dan gbr engine yg menandakan ini motor injeksi.
Setelah mati, ane pijit ntuh elektrik stater dan …..ggrung…. suaranya ituloh…. langsung memenuhi isi kepala dan otak soak ini…. bagaimana tidak ? Mesin satu silinder 500cc bisa anda bayangkan ngidupin mesin diesel genset…. suaranya memekakkan hati, sungguh terlalu bukan ?
Lanjuuuttt… oper gigi 1 dan tarik gas lepas kupling, torsinya langsung njambak tanpa perlu gas gede….
Saya bawa pelan2 keluar area tesride, thuzzz sy oper gear sampe habis… dan bagi saya ini masih lbh halus …. samasekali tidak ada kendala spt.yg dikeluhkan temen2…. mungkin krn riding feel sy sdh langsung klop sama ini motor ….
Sy samasekali tidak prnasaran sama max speed motor ini !pengalaman saya sdh membuktikan nggak akan enak digeber kenceng….. dan itu terbukti dr temen2 yg twsride katanya getarannya sangat terasa. Lha wong dipuntir gasnya 1/5 aja sy sdh lari 80 kok !
Lhoh beneran ini…. sy ngga pernah geber habis motor ginian krn darisononya sengaja didesain powernya keluar di rpm bawah.
Saat belok pertama kali saya masih merasa agak susah mengimbangi bobot motor + handling ala thn 50an…. tp begitu saya bawa dijalan jelek… campuran paving + tanah lho kok suspensinya enak banget…. maklumlah…. ini motor suspensinya nggak cm di roda depan blakang aja, tp pantat andapun dikasih suspensi ….. cekidot nehhh…

image

Tak terasa perjalanan bbrp km sy lalui, dan saya masih saja blm bosen untuk turun….. raga ini serasa masih ingin menikmati sensasi getaran2 yg ada, bahkan riding position motor ini ngga ubahnya spt pakai cb atau GL saya dulu…. dan dr bbrp km tsb, sy malah melaluinya hanya dg speed 20kmh…. dan itu msh nyaman banget…… jiaannnnn….. kebangetan banget lah ini motor…

Kesimpulan :
1. Bodi sangat amat klasik dan handbuilt.
2. Berat banget motornya
3. Suspensi oke untuk bb saya
4. Sdh apdet banyak untuk menyesuaikan jaman :
a. Kelistrikan : elektrik stater
b. Pengereman : cakram depan
c. Supli bhn bakar : fuel injection
d. Pengapian : ecu with 2 busi
e. Gearbox : sdh spt motor jaman ini,.1 maju sisanya kebelakang.

Yg paling jempolan dr motor ini : nilai historis & handbuild.

Sekian kisah tesride saya kali ini, silahkan lanjutkan perjalanan hidup anda…. keep calm, keep safe & keep ur heart ….. ciaooo….

image

          Anda pasti tau knp saya bgini ?

One thought on “Tesride : Royal Enfield “classic chrome””

Leave a Reply

