Mio M3pun bisa tak luput dari Bully lanjutan ….

wpid-img_20150119_141456.jpg

Mohon maaf sebelumnya sobat…..

Jika melihat judul diatas, jangan negatip thingking dulu yaaa….. ceritanya begini : Saat produk ini masih desas desus, dan saat saya melihat gambarnya…. woww…. designya bagus, terutama sektr depan, kalo sektir belakang rasanya sdh akrab saja….

wpid-img_20150119_141447.jpg

Orang boleh bilang mirip2 ke metik sebelah, tapi disaat kita melihat real nya…. sangat beda kok …. ( bahkan kalau sy melihat sepintas dijalanpun akan mengatakan berbeda ). walau secara global design muka-nya memang segaris. Halal halal ajalah… lhawong dulu saat New Blade muncul dan mirip ama jupie juga nggak heboh heboh amat ….. ( nggak separah hebohnya m3 ).

Terus apa coba yg bisa berpotensi di bullynya produk ini ?? ( selain design ).

Kalo menurut biker soak, ada yg aneh dan janggal dan tidak sesuai dg manisnya tampilan mio m3 ini …. yaitu powernya …… sungguh memnmbuat saya bingung …. dari volume silinder yg 125cc dan mengedepankan harga yg setara kelas 110cc harusnya ini value banget , hanya saja….. kenapa powernya juga dibikin 11-12 sama kompetitor yg 110cc ???? kalo menurut pribadi ane…. rasanya enggak boleh banget…. harusnya ya diatasnyalah…..

untuk lebih jelasnya, mari kita lakukan perbandingan berikut ini :

1. Yamaha mio m3, power tercantum 7,0 KW/8000 rpm = 9,387 hp/8000 rpm

2. Suzuki Address 9,4ps = 9,27 hp

3. Honda Beat fi = 6,38 kw (8,68 ps / 7.500 rpm) = 8,56 hp

4. Honda Scoopy new = 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm = 8,4 hp

5. TVS Dazz = 8,34 hp

Spesifikasi masing2 motor diambil dari website resmi produk yg bersangkutan. Seluruh power tercantum penulis konversikan ke satuan horse power agar lebih mudah membandingkan.

Nah….. kalau kita lihat power mesin mio m3 yang 125cc hanya selisih sedikit dari produk kompetitor yg selevel harga. Sama sekali nggak ada selisih 1 hp pun, dan ini termasuk membuat saya kecewa. Apalagi sekarang telah keluar sang kakak GT125 yg powernya mencapai 11,4 ps alias 11,2 hp.

Yang saya engga tahu, mungkin memang sengaja di setting demikian sebagai pembeda antar produk yang nantinya akan sama semua cc-nya. Tapi sengaja atau tidak ini akan memancing kembali bullying di media maya sehingga Yamaha perlu waspada …… dan perlu diingat !!!  Media blog masih efektif … bahkan sangat efektif menyebarluaskan berita2 sehingga sudah seharusnya pabrikan memberikan produk yg benar2 kompetitif ke masyarakat luas.

Sebagai pengalaman pribadi, dan tidak mengurangi rasa hormat kpd siapapun ….. sayapun dulu sempat tertarik…. bahkan sangat tertarik sama produk ini ( saat itu saya butuh motor untuk kerja ) tetapi dari value yang ditawarkan, akhirnya sy memilih produk sebelah karena =

1. Kapasitas tanki, ini krusial sekali karena sebelum ini saya pakai nex harus bolak balik ke pombensin …. padahal kalo pas buru2 dan ketemu antrean panjang bikin keki dihati. Disini saya milih yg punya tanki 5ltran

2. Bagasi, walau m3 ini termasuk luang …. tapi melihat kompetitor yg bahkan helm fullface bisa masuk ( dan masih bisa ditambahin jas ujan ) membuat saya meliriknya. bukannya apa-apa ….  kalo pas bawaan banyak rempong banget cantol sana sini …belum lagi ngeganggu konsentrasi riding krn takut bawaan jatuh. Disini, feeling kenyamanan riding masih unggul produk sebelah

3. Fuel Consumption. Jika sudah ngomong irit, ya dapat dipastikan iritnya yg kemarin sy beli lebih irit drpd m3 ini ….. krn uji nyali dan tesride dimana2 sudah dibuktikan.

4. Power , dg cc yg cuma sekian bisa menandingi power m3 yg notabene lbh besar cc-nya.

5. terusterang saja, melihat lampu belakang m3 dan saat saya sentuh… lha kok uglak uglik … kayak ngga kenceng dan itu sy lakukan bahkan di 3 diler dan hasilnya sama semua.

6. Build quality, m3 ini sebenernya sdh bagus…. tapi kalo melihat adeknya… bahkan sekelas mio j dan soul gt aja sy bisa illfeel …. apalagi kalo dibandingkan xeon … wuaahhhhhhhh….. kesan produk dibuat murah kentara banget.

Demikian sekilas inpo …. semoga berkenan di hati …. karena saya tidak membandingkan PWR atau power to weight ratio …..

wpid-img_20150119_141347.jpg

( semua foto hasil jepretan A7s punya sendiri, silahkan dipakai krn sengaja tidak ane cantumin watermark apalagi waterfall )

Advertisements

7 thoughts on “Mio M3pun bisa tak luput dari Bully lanjutan ….”

  1. Kalau mesin ya Yamaha 11-12 lah sama yg lain….tapi kalau soal utilitas space bagasi gak ada yg bikin tertarik semua line-up-nya skutik yamaha kecuali Nmax…..

    Like

  2. menurut pribadi:
    1. yang dipilih tentu kapasitas bagasi dan tangki yang besar.
    2. tidak melulu soal “kencang”. Tergantung style saja. Torsi atau power?
    3. cc besar bukan berarti harus punya “lebih”. Bisa saja putaran mesin ringan. Hanya engineernya yang tahu. hehehe
    4. irit? belum tahu. ga punya. Pastinya tergantung style juga.Sebagai tambahan mio karbu (istri) yang sudah 75.000km masih bisa 40-50km/l. Beda kan dengan anggapan orang klo motor tsbt boros. Tidak bisa dipukul rata.
    5. build quality memang boleh dikatakan kurang. Lihat beberapa motor ( 1 dealer), bagian depan banyak yang ga rapi. Selain itu plastik tipis.
    Uglak uglik kebetulan tidak menemukan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s