Apa sih fungsi “Sayap” di motor motogp DUCATI GP15 ?????

Melihat begitu dominan nya motor ducati sejak freeparctice sampai balapan pertama motogp cukup mengundang decak kagum dan banyak pertanyaan di kepala kepala yg ada sedunia …… bagaimana bisa ???? apa yg beda dg motor sebelumnya ????

Satu hal yg pasti adalah penambahan sabun  WINGs alias sayap di tengah fairing motor. Apaakah itu perlu ??? atau buat aksesori saja ??? dan apakah cuma Ducati yg makai ??? ternyata tidak beroooo ….. jika duc GP15 punya dua sayap yg nggak ngepak dan tidak terbang di kanan kiri …. maka justeru ada yg jauh lebih sangar lagi, yaitu Kawasaki H2R yg jelas motor tsb lebih nggegirisi , bukan hanya krn power yg mencapai 300hp tapi justeru lekuk body yg sangar yang sampai punya 4 sayap untuk jabanin speed yg didapat.

Kembali ke leptop soak !!!!!

Menurut penerawangan otak soak saya, mari kita preteli satu satu dari dua motor tsb.

1. DUCATI DESMOSEDICI GP15

ducati-gp15-dovizioso-iannone-motogp-qatar-2015-2ysuyjakzlqlcws9c804qy

SPECIFICATION :

ENGINE
Liquid-cooled, 90° V4, four-stroke, evo
desmodromic DOHC, four valves per cylinder.
CAPACITY
1,000cc
MAXIMUM POWER
Over 240hp
MAXIMUM SPEED
Over 340 km/h (211mph)
TRANSMISSION
Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final
drive.
CARBURATION
Indirect electronic injection, four throttle
bodies with injectors above and below the
butterfly valves. Throttles operated by the new
EVO 2 TCF (Throttle Control &Feedback) system.
FUEL
Shell Racing V-Power
LUBRICANT
Shell Advance Ultra 4
EXHAUST
Akrapovič
FINAL DRIVE
D.I.D Chain
FRAME
Aluminum alloy twin-spar
SUSPENSION
Öhlins inverted 48mm front fork and Öhlins
rear shock absorber, adjustable for preload,
new factory evolution damping system.
ELECTRONICS
Magneti Marelli ECU programmed with Ducati
factory software
TYRES
Bridgestone 16.5″ front and rear
BRAKES
Brembo, two 320mm/340mm carbon front
discs with four-piston callipers. Single stainless
steel rear disc with two-piston calliper
DRY WEIGHT
158kg (348 lbs.)

2013-ducati-streetfighter-s-street-predator-excellence-photo-gallery_03

TEMANS….. saya amat yakin sekali, fungsi sayap disamping fairing tsb adalah untuk menambah gaya downforce alias gaya tekan kebawah bukan jatuh. Kemudian, apa keuntungan dari downforce yg diperbesar ??? lanjutanya adalah daya cengkeram roda lebih baik, karena seolah olah motor ditekan kebawah seiring bertambahnya kecepatan, alias menambah daya cengkeram ke aspal ( tapi tidak sampai merobek aspal spt pabrikan sebelah… xixixixi ).

Lanjut gan….. apa efeknya di motor duc GP15 menguntungkan ??? spt kita tahu, dari jaman sebelum rossi sampai rossi di duc, power Duc GP sangat besar, apalagi saat dipegang stoner, bahkan dikatakan tenaganya sangat liar…. ( tapi di jaman rossi malah diturunkan powernya agar mudah dikendalikan ). Bukti lain adalah saat adu drag di terk lurus motor ini selalu menang, bahkan nggegirisi saat nyalip alias bikin kaget yg disalip …. dan saking gede powernya yg disalurkan ke roda belakang, maka motor ini  mudah sekali wheelie ( dan pada kondisi ini ban depan sangat berkurang daya cengkeramnya ) sehingga apabila dipadu dengan jalan yg berbelok efeknya sangat merepotkan, seolah2 roda depan melayang. ( lha pas belok hare !!! ).

Saya rasa pada saat kritis itulah sayap ini bisa berfungsi, bahkan membuat fungsi keseluruhan motor lebih baik … yaitu menekan motor khususnya roda depan lebih mencengkeram aspal. Efeknya menikung lebih smooth dan berani dilakukan rider, lihatlah bagaimana rider2 duc GP15 di qatar kemarin lebih mudah “belok” dibandingkan motor2 duc sebelumnya.

Apakah di trek lurus juga berpengaruh ??? lha belok aja sdh membantu apalagi trek lurus,,,, begitulah analisa otak soak sementara ini …

trus…. bagaimana dg sayap H2R ??? mari kita telaah di poin berikut ini.

2. Kawasaki H2R

H2R

SPECIFICATION :

POWER
Engine
Liquid-cooled, 4-stroke in-line four
Displacement
998cc
Bore x Stroke
76.0 x 55.0mm
Compression ratio
8.3:1
Fuel System
DFI® 50mm throttle bodies x 4 with dual injection
Intake System
Kawasaki supercharger
Ignition
Digital
Transmission
6-speed, return, dog-ring
Final Drive
Chain
PERFORMANCE
Front Suspension / Wheel Travel
43mm inverted fork with rebound and compression damping, spring preload adjustability and top-out springs / 4.7 in
Rear Suspension / Wheel Travel
NEW Uni-Trak® with gas-charged shock, piggyback reservoir, dual-range (high/low speed) compression damping, rebound damping and preload adjustability, and top-out spring / 5.3 in
Front Tire
120/70 ZR17 M/C (58W)
Rear Tire
190/65 ZR17 M/C (78W)
Front Brakes
Dual radial-mount, opposed 4-piston calipers, dual semi-floating 330mm discs, KIBS ABS
Rear Brakes
Opposed 2-piston calipers, single 250mm disc, KIBS ABS
Cooling System
Water-cooled
DETAILS
Frame Type
Trellis, high-tensile steel, with swingarm mounting plate
Rake/Trail
25.1 degrees / 4.3 in
Overall Length
81.5 in
Overall Width
30.3 in
Overall Height
45.7 in
Ground Clearance
5.1 in
Seat Height
32.7 in
Lubrication
Forced lubrication, wet sump with oil cooler
Curb Weight
476.3 lb**
Fuel Capacity
4.5 gal
Wheelbase
57.1 in
Color Choices
Mirror Coated Black/Real Carbon
OK… lanjut gan …. mari kita perhatikan gambar berikut ini :

KAWASAKI-H2R_01-640x420_c

Tampak sekali ada empat sayap utama dan dua sayap sekunder, sayap utama menurut otak soak ane … fungsinya sama dg penjelasan sebelumnya, yaitu menambah gaya downforce demi meladeni power dan speed gendengnya. Sedangkan sayap sekunder letaknya di bawah air ram, dimana itu ??? yg bolongan dua kayak headlamp itu lho ??? itu sebenernya air ram duct alias jebakan betmen udara agar mengalir ke air filter dimana motor ini sdh menyiapkan supercharger dibalik tankinya. Sangar mbok …. !!!!  jadi udaranya diperangkap dan dipaksa masuk ke lubang bolongan yg diharapkan untuk dimanfaatkan menambah pasukan oksigen. Dan kalo air ram duct ini semua moge seinget saya pake dech …. diatas 1000cc lhoya…

jika kurang jelas juga, nih ane kasih congornya :

l32zzwgl.v1k

jika spek diatas adalah aseli dr website kawak dan tidak dicantumkan, maka diluar sungguh beredar konon powernya sampai 300hp dg speed melebihi motogp…

Sedemikian penjelasan ane selaku biker soak… tentu masih banyak ke alpaan sana sini…. dan cuma atu yg ane penasaran… bisa gak ya diterapkan dimotor harian atau korekan bali ??? xixixixixiii…..

Pict Sorce : Kawasaki Website

Advertisements

2 thoughts on “Apa sih fungsi “Sayap” di motor motogp DUCATI GP15 ?????”

  1. ngawur kamu mas. down force motor hahahaha.
    share ilmu fisika aerodinamika dikit ya. downnforce bisa didapat saat permukaan penampang yg bertemu dengan tekanan udara tinggi (akibat speed) sehingga terdapat daya yg negatif kbawah. singkatnya desain motor itu seperti pedang bukan sayap terbalik! jadi motor punya faktor tekanan yg sama dikanan dan kiri. bukan atas bawah. sebab handling motor ga ky mobil klw dikasi sayap ga bisa belok bikernya ooomm.. soalnya down force pas trek lurus sayapnya dan nikung itu g sama bisa2 rebah motornya kekunci tekanan angin. belum lagi natur roda 2 yg bikernya dinamis kadang ky supermen, kdg tegak, kdg melebar paha. jadi itu brg funhsinya biar biker stabil pas belok2.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s