Tahukah anda ?
umur si nex sendiri sdh mau nginjak 2.5 tahun dan parts yg telah diganti selama itu adalah :
1. Bohlam dpn 2x & belakang 1x
2. Kampas rem dpn
3. Ban dpn belakang
4. Laher roda belakang
Sdh…. itu tok…. dan katanya orang2 sih termasuk awet bingits mengingat odo sdh menunjukkan 30rb km ++ dan pemakaian yang sadis gitu ….. eh,gini :
Nah, pada suatu ketika saatt sy servis, sy di elingkan sm mekanik kalo umur vanbelt hanya 20rbuan km selepas itu wajib diganti atau nanti suatu saat akan tiba2 putus dijalan malah merepotkan. Akhirnya sy setuju dan skalian aja minta di cek kan part lain … pokoke apa yg ada di dlm bongkahan cvt itu minta sy cek semua. Ga boleh ada yg terlewat. Nah, kenyataan yg hrs sy hadapi setelah itu adlh penggantian part sbb :
1. Roller 1 set
2. Mangkuk roller, sbnrnya gpp cm agak berkurang dikit dipermukaan yg bersentuhan dg roller. Sy pikir drpd nanti suatu saat ada yg kalah, mending skalian aja diganti.
3. As mangkuk roller…. mbuh jenenge opo. Ini cm kocak dikit, tp sy ngga mau serba tanggung, skalian aja ganti agar rmh roller yg baru akan awet nantinya.
4. Dan vanbelt tentunya. Stlh pemakaian 30rbuan km dg sadis, si vanbelt sebenernya cm getas aja, retak2 dikit….
5. Filter udara, kalo ini permintaan sy sendiri karena yg lama pernah sy cuci pake bensin, eeee… Lha kok malah cepet kotor.
6. Oli , pake sgp dulu ( pdhl dirmh barusan beli federal metik )
Kesemuanya itu sy tebus lbh kurang 363rb sdh termasuk 2 jasa servis yaitu servis rutin dan servis cvt ( dan lagi2 dibilang murah krn pabrik tetangga pasti hbs 400rb sd 500rbuan plus plus ).
Setelah dipasang semua, sy coba satu,dua,tiga hari …. apa yg sy dpt rasakan ialah :
1. Kecepatan 0 sd 50 kmh lbh slow drpd sblmnya. Rasane rodo abboottt….
2. Tp kecepatan 60 keatas lbh enak drpd sblmnya.
3. Ada yg aneh…. spt vanbelt kendor atau selip … diatas 45 kmh ada ddrrrtt ……dddrrrtttt seperti berasal dr box cvt.
Ah… ane pikir ini msh inreyen ajah shg sy cuekin.
4. Bbm tambah boros, perkiraan sy krn tarikan awal yg lbh loyo drpd sblmnya. Jika biasanya untuk puter2 kerja harian dg rute tetap sy habis 12rb peetamax, maka ini selalu 15 rb bahkan kadang mepet banget perharinya.
Dan krn judge sy ini inreyen maka sy biarkan sajalah.
Kecurigaan mulai timbul tatkala saat ganti oli kemudian sy lihat odo sdh 34xxx km maka artinya sdh jalan kuranglebih 4000 kman dan gejala tsb masih ada. Sehingga pupus sudah asumsi sy bahwa parts tsb belum selalu masa inreyen.
Bbrp hari kemudian, barulah saya sempetin ke beres, ndilalah masih rame dan kalo antri waktunya enggak nutut, akhirnya saya tukar motornya mekanik dg nex untuk opname. Ini nih wujudnya :
Selang sehari kemudian sy dikabari kalo ternyata permasalahan yg dihadapi bikin bingung mekanik, sampai akhirnya ada 1 ekor lagi nex putih konsumen yg ganti vanbelt.
Singkat kata singkat cerita, nex putih bersama nex merah ane skalian jadi bahan eksperimen pencarian sumber masalah.
Bahkan mekanik sdh pontang panting ke gudang untuk tuker guling part, mulai mangkok roler, roller, kopling set , vanbelt etc…. etc…. etc….
Dan kesimpulanyaaaaaa adaallllaaaaahhhhhhh :
Noooohhhhh…….
kodepart yg sy beli dari beres sendiri tyt berbeda dg yg terpasang di motor ,tentu ini sy bikin tandatanya, apakah beda suplier ? Ataukah meminimkan cost dan harga jual ? Ataukah bgmn ? Yg pasti sekarang sy lagi pusing cari vanbelt dg kode part 27601-09J20 ….. ada yg bisa bantu bantu ?
Berikut perbedaan scr fisik dr kedua vanbelt :
1. Lbh tebal yg lama sekitar 2-3 mm
2. Gerigi : lbh banyak yg baru, shg kecil2 sedangkan yg lama lbh gede
3. Tingkat kekenyalan : lbh keras vb baru, yg lama pas digeriginya lbh lunak. Mungkin ini bikin ga berisik.
4. Selebihnya sama, baik panjang maupun lebarnya.
Nb. Di bbrp grup juga lagi hangat, bahkan ada yg ngejudge beresnya gak bener dibilang vanbelt spin dipasang di nex …. pdhl mekanik sdh bener kerjanya, mereka mah tinggal ambil aja part sesuai motornya.
Akhirnya…. doain ane ya ..
Semoga si nnenex merah segera kelar troublenya…..
tanya anak-anak koplaker lek laskar suzuki aja om, ada koplaker yg bisa beli part juga di tambun katanya
LikeLike
Wehh
LikeLike
Kalo ngelihat eparts:
27601B09J00N itu punyanya Nex
27601B09J20N punyanya Nex-FI
Apakah ada hubungannya?
LikeLike
ok… ok… thanks infonya… coba tak teruskan kpd pihak yg berwajib
LikeLike
Moga solved masalahnya, Oom
LikeLike
Cm beda d j20 am j00 udah bs bikin pusing…
LikeLike
kuwi bener jamur ta…? roto sak montor…
gek gek karena jamur yang bikin getar…
LikeLike
Betullll……
LikeLike
aku pernah ngalami, tapi belum crosscek kode vab belt, sampai 2x ganti rumah roller kurang dari setaon, imbas dari getaran yg sama, teknisi beres cmn maen tuduh aja gaya nyetirnya gk bener katanya, akhirnya inisiatif beli per cvt sendiri., mendingan tuh, tapi kurang sebulan per cvt ori udh berkurang performanya dgn jarak tempuh -+35km/day berboncengan.
simpulannyA.. per cvt dan rumah roller ori nex hrg murah.. kualitasnya ya begitu lah. .
kata org bengkel cb cari per cvt yg rpm lebih tinggi dikit
LikeLike
wah bisa jadi address saya bergetar karena ciri fisiknya seperti van belt nya nex fi, gerigi kecil lebih tipis dan keras. address saya getarannya seperti motor bebek pada umumnya. seharusnya kan getaran motor matic lebih minim drpd motor bebek. getaran saat berjalan konstan lebih terasa daripada saat berakselerasi
saya bandingkan dengan suzuki spin saya (2007) dan beat karbu.
LikeLike
jadi akhirnya beli dimana vbelt dgn kode j00?? punya ane ternyata dipasang yg grigi kecil ama mekanik
LikeLike
Cari kang, ben diler tanyain… hehehe
LikeLike
nambah kerjoan boz.. wis ckckck
LikeLike
tak golekne a ? xixixix
LikeLike
kapan2 aja boz.. kbtulan di tmptku cmn ada 2 diler.. mesti golek nag suoroboyo.. skalian nyampek 20 rb-an km aja
LikeLike
Siiippppp….. skalian ganti per cvt mio j kang…. biar tenaga ngisi terus
LikeLike
hehe.. saya udah ganti per cvt si m__ j lebih dulu dari anda :D, hampir 3 bln
LikeLike
Syibbb…. cm nek nanggonku kok tarikan awal lbh lelet, walau tengah keatas sdh lbh dikit powwernya
LikeLike
bos dmn cari nya v j00 nya,? sya cari gak ada bos..
LikeLike
Nex ku pada tarikan 70 km/jam agak dredet. Tapi kalo 60 km/h ke bawah dan 80/h ke atas enteng.
Apa masalahnya ya? Bantu ya?
LikeLike
sekitar mangkuk kopling
LikeLike
Trs solusinya bgm dg V.B yg bru? Masak Suzuki Nex yg nyaman dikendarai ,stlh ganti VB baru malah berGetar bin nDreded.com?
LikeLike
agan sabar saja ya.. pengalamanku bergetar di kec 50-65 kpj itu biasa jgn dibuat pusing hrs spt kondisi baru, pengalaman saya roller dan vbelt masih tahan dipakai 25 ribu kilometer walaupun bergetar bahkan punya saya vbelt 26 ribu km blm ganti nih, kalau pen roller+ rumah roller setiap 10 ribu-an kilometer dicek/ganti saja hrg-nya murah bahkan lebih murah dr metic lain, ingat nex enteng di kecepatan tinggi, buktikan walaupun getar di 50-65 kpj bawa geber aja 60 kpj keatas pakai pertalite/pertamax, pengalaman saya di bawa ngebut 60 kpj keatas malah enak banget getarnya ilang, kecuali pen roler dan rumah roller tidak pernah di servis, perhatikan juga stampad di pulley blakang. silahkan dicoba
LikeLike
Jadi yang bikin geter itu yang j00 atau j20? Digambar kayaknya yg geriginya kecil dll itu j20… Tapi mimin blognya bilang yang dicari part j20
LikeLike
sama gan. di address saya waktu dari awal beli juga ada rasa drrrttt…..drrtttt…tp bukan bunyi. sampai 38.000 km (1,2 tahun) saya biarkan saja. biasanya terasa di speed 50-60km/jam. diatas itu atau ngebut gak ada lagi rasa drrrtt…drrrtt…nya. skrng fan beltnya masih oke kata mekanik. belum ada tanda rusak, tp saya beli duluan partnya buat jaga2 dijalan..yg lama dipakai sampai putus (50rb km kira2 sanggup gak ya)
LikeLike
Kalau yg Fi itu memang akselerasinya lemot dibanding karburator
Pakai belt yg tebal aja berarti biar akselerasi kayak dulu
Kalau yg tipis logikanya agak ngeden
LikeLiked by 1 person