Saya suka mesin Yamaha R25 ….. !!!

haha…hehe…. hihihihi…..

begitulah yg saya maksud. Melihat penjelasan dari sumber Bang Haji , saya langsung kesengsem sama design kinerja DOHC R25 ini, yaitu naik turun piston secara bergantian 180′ . Emang knp dg N250fi ??? ya nggak papa sih …. tapi tak liat2 sy kok pernah ngicipin yg begituan ( walau beda level ). Jika dulu sy main CB Twin 175 & 200cc , dan agak2 tau dikit jeroannya…. . Inget loh ya…. sama2 bergantian 180′ tp “jalan”nya ngga sama. 

Pada CB twin 175-200cc piston naik turun barengan aja…. … trus yg bikin 180′ apanya donk ??? ya tentu saja durasi noken as -nya. Jadi yg bergantian antara langkah buang vs hisap itu noken as-nya… piston tetep bergandengan mesra. Ini sih jelas akan menghemat produksi. Bayangkan….jika CB twin jaman platina itu ya pake’nya tetep satu biji, maka otak pada mesin modern CDI, pulser, bahkan koilpun masih bisa digandeng pararel jadi satu, bahkan koil pada CB 200 pun satu input tp 2 output ke busi. Begini gambaran as kruknya :

GambarGambarGambar

dan begini gambar motornya :

Gambar

 

Nah, yang di R25 ini ngga begitu, pistonnya jalan satu2, durasi noken otomatis juga gitu… jika tdk ada CDI progammable dan atau ECU … sy yakin secara manual butuh 2 pulser, dua CDI, dua koil, da dua busi ntentunya…. hehehhe… ( sy penasaran…. tentu as kruknya kudu kuat dan te op pe be ge te ). Wajar bangelah jika suaranya lbh stereo dibanding N250…. 

 Kemudian ada 1 poin lagi yg bikin sy ngowoh, yg namanya temlar/rocker arm di R25 ini DITIADAKAN !!! jadi noken as langsung menghantem klep,Yamaha menyebutnya sbg direct drive camshaft  , efeknya ialah porting bisa dibuat se-tegak2nya ( ciri khas engine perfoma iblis ). Secara mekanis, ini jelas lebih efisien, tapi butuh part dewa jugak…. ( jaman sekarang sudah ngga sulit , lha aluminium di forged atau di diasil aja bisa kuat pollll ). Makanya bisa dipasangin downDraft Intake manifold. 

 

Gambar

 

sekian dulu dari sayah…. nih tak kasih bonus pict,smg berkenan:

Gambar

 

 

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Saya suka mesin Yamaha R25 ….. !!!”

  1. Ninja malah piston gantian 360derajat. Gantianya seimbang

    Dohc rata2 emg ng pake rocker arm kaleee

    Fu. Ninja mono . Ninja 250 klx 250. Dll.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s