P135Ls : Substitusi Gear Depan

Gambar

Ceritanya nih… tadi pagi sekitar jam 10an saya kerjar tayang…. mengejar sesuatu yg siap tayang…. dan ndilalah di desa sidodadi , lawang…. tenaga motor ini losssssssss diambi ada suara grek …. grek…. walhasil tyt rantai motor nge-lossss alias lepas. Mungkin ini hikmah bagi saya yg teledor merawat si pies. Akhir cerita, saya mendorong motor berat ini sekitar 100 mtr ke bengkel terdekat ( karena saya pinjam kunci T uk 8mm sana sini gada yg punya ).

Sesampai di bengkel , si mas yg mbukain tutup rantai bingung… ” mas, gir ngarep ilang ngunu !!!” …. begitu katanya.

Saya pun bergegas melihat dg kepala mata sendiri ( bukan kepala org lain ) dan tyt bener ….. waddaahhhh…. pppuussssiiiiinnnngg nih …. mana beres terdekat di sidoarjo… jaraknya 50an km dari tempat saya. Akhirnya sy dan seluruh mekanik yg ada disitu “mecicili” as gear depan . Ada yg nuduh ” wohhh… podo nggon kaze iki” dan sama pemilik toko parts dicarikan…. ndilalah ngga pas… bentuk dan ukuran sAMA tapi gerigi tengah ngga masup.

kemudian salah satunya nyeletuk ” nekrasalah podo karo supra kui ” …. weehehe… mereka yg disitupun beraksi …. semua kaleng part bekas di udal adul demi mencari ukuran sesuai gear dpn pies. Kalo ngga salah ada skeitar 5 macem gear dicoba satu persatu dan alhamdulillah ada satu yg pas , yaitu miliknya supra 100 tapi model baut, bukan kancingan spt ori pies. Maka dari itulah, kita2 akhirnya rapat mendadak, dan keputusannya = ” pasang gear depan supra, tapi ngga usah pake kancingan o-ring tapi kancingannya supra ( biar ga gampang lepas lagi )”

Ke-apesan saya berlanjut, barang baru di toko-nya gada ukuran 14 mata, dan mau ngga mau saya pake yg ada, yaitu 15 mata. ya memang plek sih, tp make kncingan supra kok ngga bisa masuk ke nat / alur pengunci ???? walhasil, para pe-bengkel pun pusinggg… seluruh kancingan gear dpean diubek2 nyari yg tipis biar bisa masuk nat …. ndilalah ( lagi ) nggada…. wowooowwww…. ada ada aja…. seluruh kaleng part bekaspun dibongkar lagi, dan  alhamdulillah nemu yg sesuai, sangat pas masuk nat walau agak maksa dikit. Alhamdulillah…. sayapun bisa meneruskan kejar tayang yg tertunda selama lebih dr satu jam tadi . Nih penampakannya :

GambarGambar

Habisnya berapa ??? Gear depan Rp12.500 , jasa Rp 5.000, baut kecil 2xRp 1000 dan kancingan Rp 2500.

Apa yg saya rasakan ??? tyt karakter riding trutama pengoperasian gigi agak berubah, tarikan lebih panjang ( gear blk sdh tdk ori, yaitu uk 40 mata ) dan bagi yg ngga suka jambakan macam saya …. yaaaa cucoklah …. ssalam irit !!!! dua busi …..

kesimpulan  :

1. Jadi tau part substitusi baru

2. selalu ada pelajaran dan hikmah yg bisa kita ambil disetiap musibah !! iyo pora ndeng ????

Advertisements

12 thoughts on “P135Ls : Substitusi Gear Depan”

  1. ya om itu pas,, sebelumnya pulsarku juga kucari yang lain
    Tapi yang pas gear depan supra..

    tapi yang gear belakang belum tau

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s