Mengapa 1PA menjadi The Best Engine 2014 ??? Knp tdk Engine CB150SF ???

IMG_1818

Di dalam alam pikiran saya yg rada soak ini…. sangat tidak aneh jika mesin NVL sampai bisa menjadi The Best Engine of The Year 2014 versi majalah Otomotif  ( silakan klik ! )….

Masih inget kan betapa fenomenalnya peluncuran Vixion dulu ???? saat itu semua best vallue motor 150cc ada di Vixion , dan sampe sekarang apa yg terjadi ??? yupsssss…… motor itu sendiri mengalami pengembangan pengembangan yg lumayan berarti, apalagi secara engine dijadikan lebih baik lagi dari old vixion ( klaim Yamaha ) ….. so? valuenya adalah motor yg sdh baik menjadi lebih baik lagi !!!!!

Kwemudian mari kita raba motor kompetitor , aitu CBSF !!!!

Motor ini mempunyai spek yg baik, mesin yg berkonstruksi lbh canggih, bahkan konon lebih cept di jalanan drpd NVL. Kemudian Bodi seramping old vixion dan suspensi belakang yg sdh menganut pro-link bukan merk modem. artinya apa ???? secara spesifikasi harusnya CBSF lebih value ketimbang NVL…. tetapi apa yg terjadi ??????

Menurut saya, satu hal yg pasti pd mesin CBSF adalah dia “turunan” mesin CBR150 ( yg konon memang bagus itu ) dan apa yg salah ??? nggada yg salah tuh …. tetapi yg namanya turunan ya dpt diartikan downgrade / spekdown. Knp sy ngomong demikian ??? krn sy sdh mengendarai dua-duanya. Riding feelingnya sangat berbeda antara CBSF dan CBR150, apalagi quality riding dan handlingnya. yaaahhhhhh…. memang beda genre sih…. tp itu tdak sy alami pada NVL berbanding oldVixion !!!!!!

Mesin pd CBSF menurut sy lebih berisik dr mesin New CBR 150 yg sdh injeksi . Kemudian transmisi / perppindahan gigi jg keliatan banget lbh kasar , belum lagi suspensi yg katanya sdh pake link system, kok masih enakan suspensi CBR. Beda harga ???? tentu saja….. tp coba bayangkan kalo itu motor tdk built up ???

 

Paling tidak , itulah kesimpulan yg dapet sy ambil dari mesin 1PA vs mesin CBSF …….. yg satunya pengembangan vs satunya lagi downngrade !!!! Nah…. kalo sy disuruh milih???? tentu sy tetep pilih mesin CBSF …. nggada lain, konstruksi DOHC msh yg terbaik untuk digali powernya !! Sedangkan tipikal overstroke pd mesin NVL kurang cocok bbuat riding karakter saya….. dan satu lagi …. dimana2 yg namanya pompa air radiator di silinder head sangat rawan !!!! krn lebh panas drpd area as kruk, maka seal2 juga dpastikan berumur lbh pendek, dan jika getas maka air mudah masuk kedalam mesin !!!!!

r15150ccengine

 

14 thoughts on “Mengapa 1PA menjadi The Best Engine 2014 ??? Knp tdk Engine CB150SF ???”

      1. emang iwak tok ya sing iso dikail ????
        ……………………………………………….
        cewek juga bisa berooooooooo……

        Like

  1. semua sesuai kebutuhan mas bro. kenyataan atau faktanya baanyak yg minat beli viksi. karena mesinnya tangguh sudah terbukti sejak 2007. Honda cb memang bagus dohc tapi apa ya laku mesin spec balap dipake dijalan raya ya konsumsi bbm pasti lebih boros dari sohc kayak mobil honda brio masih pake sohc karena irit mesin tangguh. apa kayak verari yg dipaksa buat harian. kembali ke kebutuhan aja. jangan gebyah uyah mesin dohc paling bagus. semua ada ± nya.

    Like

    1. byuhhhh…. jangan nggebyah uyah juga dong masbero kalo dohc tdk cocok buat dijalan ….. yg bikin CBSF ngempos itu bukan DOHCnya tapi overbore-nya…. lhah liat tuh FU biasa dipake juga buat ngangkut gabah atau rumput ….
      dan bagi yg belum pernah pake CBSF mungkin akan bilang motor ini boros…. kenyataanya ???? CBSF masih lbh irit dibanding bebek saya ….

      Like

Leave a comment