Mulai Rapuh, kebanyakan turing !

Assalamu’alaikum wr wb…..
Sesuai judul diatas, bbrp hari ini ane nemuin banyak keluhan baik temen2 sendiri sampai adik kandung ane …….
Sungguh sangat wajar bagiku,seseorang yg sangat sering turing lama lama kondisi tubuhnya menurun, bahkan drastis. Dari pangsit wangsit Bisikan yg ane dapet dr bertapa 40 hari 40 malam hanya makan burger dibawah pohon pohung, sekiranya penyebab kondisi para petouring ini merosot jauh adalah :
1. Tidak menggunakan atribut lengkap pelindung tubuh.
Area rawan biasanya di dada yg terkena ‘tekanan’ angin dan hawa dingin. Pelindung dada ( bukan BH ) wajib hukumnya jika ingin area ini terjaga jangka panjangnya trutama perihal paru paru basah.
Kemudian yg sering luput adalah masker mulut, untuk menyaring udara kotor dan polusi yg kita hirup. Masker yg tipis tdk bisa melindungi menghirup udara dingin, dan yg terjadi pd adek ane dia kena sinusitis …… sama istrinya sdh kagak boleh touring shg berganti haluan melampiaskan hasrat memacu motornya ke medan oprut atau cross ( bukan hp ).
Lanjuttttt……. istirahat setiap satu dua jam sy rasa penting juga. Selaen rehat buat motornya, juga ridernya. Persendian yg bekerja terus menerus akan cepat menurun kondisinya dg bertambahnya getaran motor dan jalan. Jadi wajar jika bertambahnya jam terbang touring akan lebih cepat berasa pegal/capek, apalagi ditambah motor yg gak enak buat turing ( mempercepat penurunan kondsi area pinggang, bahu, dan anu ).

2. Motor
Motor yg tdk sesuai postur tubuh. Seperti biasanya, motor di design oleh pabriknya dg ukuran all size, alayas untuk tinggi rata rata tubuh orang sini, dan rasanya sekitaran 165 cm-an. So yg punya postur diluar itu pilihanya hanya kudu nyari motor yg sesuai atau justeru memodip sang motor agar sesuai.
Kategori nomor dua ini juga bisa diidentikkan dg motor yg tdk nyaman dan bukan sesuai peruntukannya. Misal: motorseprot murni bwt turing itu namanya bunuh diri ….. kalo disini xontohnya epyu, sibier, dsb. Maksud ane, walaopun tuh motor sdh didesain allsize tp tetep aja nggak enak bwt turing dg postur tubuh yg allsize pula.
Lanjottt….. bahasan motor kemudian merambah ke kondisi motor yg kita pakai. Masa enak dan perawan motor tentu ngga akan problem scr handling maupun kenyamanan. Tetapi bertambahnya umur motor beratti berkurangnya umur parts support motor, dan yg ada hubunganya dg kesehatan rider ialah : area kaki2 misal shockbeker,bushing arm, oli shock, laher roda, ban, trus mslh  engine loyo, rem dan jok motor. Apabbila kondisi parts diatas sdh tdk normal tentu akan mengakibatkan gaya riding yg tdk normal pulA, shg bisa merembet kpd rider yg mnjadi tdk normal pula. Terkadang untuk menyalip angkot aja mesin yg loyo hrs gaspoll…. disini rider akan meningkatkan kewaspadaannya…. selanjutnya tentu akan gampang lelah. Blm lg sokbeker yg tdk nyaman tentu motor nggak akan nurut sesuai racing line jalanan kita ….. dan itu juga akan menggembosi stamina.

3. Kondisi jalan
Aspal yg mulus terus menerus juga akan melenakan. Temen ane pernah gara2 ini ngantuk pas riding shg tau tau bangun di RS krn mencolot dr jembatan. Scr fisik sih gpp tp Akibat lanjutannya kaki dan paha sering kram tanpa sebab.
Aspal jelek, nyang ini ngga usah dibahas tentu pada tau….. yg paling memperparah lagi jika kondisi jalan jelek ditambah ridernya jelek pula…… ( hihihi…. juskidding ).
Kondisi jalan berikutnya adlh trafik, semakin banyak dan sering kita melalui jalanan macet tentu lebih tua dijalan. Kamsudnya ialah semakin macet semakin banyak effort tubuh untuk menjaga riding quality…. semakin lelah pula body ….. bayangkan…. berangkat kerja aja sdh susah payah, blm lg saat kerja dituntut banyak tekanan dan tuntutan kantor, sdh gitu pulangnya juga sama, akan menghadapi payahnya macet dan parahnya keletihan tubuh. Jika tdk pandai menjaga kebugaran, tentu saja smakinlama akan smakin rapuh…..puh…puuuuuhhhhhh. Dg keseharian spt itu ….. ane yakin mau turing bakalan pikir2 …..

image

4. Umur
Whaiya…… umur tdk bisa boong. Sensor motorik dan gerak reflek mungkin bisa dilatih setajam-tajamnya….. tp keausan otot2 ditubuh sdh tdk sebanding ama tekad dan niat yg tertancap dijiwa….. ibarat nafsu kuda tenaga ayam….. xixixixiii….

image

5. Mental spiritual
Nah…. dilanjut lagi dg kondisi kejiwaan diatas…. biker yg emosian dijalan disinyalir selain memperpendek umur juga menurunkan vitalitas tubuh. Ingat !!!! Marah lebih memboroskan kalori drpd ikhlas tenang dan cool.
Menurut saya disini….. merapuhnya kejiwaan akan otomatis memperapuh pula fisik rider….. apalagi jika touring jauhhh….. say no dehhhhh…..

Sekian dulu dari saya…..

Wass.wr.wb

Advertisements

13 thoughts on “Mulai Rapuh, kebanyakan turing !”

    1. tergantung motornya juga sih, kalo motor emang buat touring seperti diavel, inazuma mungkin masih nyaman secara emang diperuntukkan buat touring daripada motor daily use yang aslinya diperuntukkan buat commuter dalam kota saja

      Like

  1. betul sekali bro, bagaimana kalau setiap hari naik motor dikota besar buat kerja, ketika dilampu merah berhenti tuh sipengendara motor akan menghirup asap knalpot dari puluhan motor lain. lama-2 juga tuh kondisi fisiknya akan cepat menurun.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s