Impressi naik PIES

image

Setelah mancal si pies merah sejak januari kemarin….. yaaa…. lumayan aneh sih, maklum ngga biasa sama motor indihe ….. ada sisi positip dan tentu pula ada negatipnya. Sebelumnya ane sama kyk rider umum bin awamnya indonesa, yaitu memandang sebelah mata produk indihe…. but, setelah merasakan sendiri ( bkn punyak teman ) terus terang opini berubah total… paling tidak expected unexpected …..
Tyt sangat valuable walaupun 3s msh debatable ….. palagi sampe hijrah segala …..

Positip :
1. Riding position : bagi ane yg tinggi 172aan cm, memang terkesan jongkok, sport bukan palagi tegak ala touring jg bukan. Lha mana positipnya ? Secara manuver dan panik braking, sy suka posisi ini. Karena kontrol kemudi sangat mudah ….. baik genggaman setir yg berpadu dg handle rem baik depan maupun blakang. But, anyway busway …. buat harian msh sangat sangat mending ini drpd klan CBR yg racy itu. Ke depanya, krn motor bwt kuli ya mungkin ganti setang baplang + footstep si tiger demi kenyamanan ( msh ngerasa kepanjangan kaki ).
2. Power : diatas kertas msh paling unggul drpd kubikasi sejenis. Katanya kertas pula si pies bisa dpt 13,5 (hp opo ps ya??) Dan itu terbukti di lapangan. Jika disandingkan sama primus yg sohc 2 valve ya kategori mesra dan putus cinta untuk 600meteran…. wkwkwkk….
Untuk naik naik kepuncak gunung bromo ya msh okelah walopun msh lbh bertorsi primus…. maklum sih cc ga bisa boong. Kalo sama engine sejenis ??? MX maksudnya ….. tanya aja uzi rider mx yg pernah bareng riding. Pdhl sama sama sohc 4valve over stroke, cm beda di busi ma radiator.
Yg bikin heran, untk tanjakan power lbh berasa pies ini drpd CbR, alias roso roso …..

3. Masalah speed ??? Nah ini yg trobel…. mentok cm 119kmh on speedo dan itupun jalan nurun. Knp ??? Mungkin krn waktunya rantai kamrat + kampas kopling yg dimakan usia. Tp jangan salah !!!! Si pies kalo jalan 82 kmh sdh sama dg primus jalan 100kmh ( analog ).
4. Fuel consumption : dg metode kira kira , jika riding normal mshlah dapet 50-60kmpl. Kok bisa ngomong gitu ? Krn ane sdh biasa naek iblitz ketjil si bebek kawak yg sdh ane test full to full dpt +/- 50kmpl but realnya msh  jauh iritan si pies ini. Kalo sama si nenex bunda ??? Msh borosan si nenex kemana mana ….. krn si nenex rata rata 46.6kmpl.
Memang 2 busi mo diapa apain tetep lbh irit sih … kyknya cm bisa ditandingin ma iritnya injeksi.

image

5. Durability : jempol 4 deh …. dua jempol tangan + dua jempolan kaki ( yg jempol tengah nggak ikutan ya ). Masalah hanya pada baut2 yg gampang patah ( disinyalirmemiliki kandungan baja yg lbh banyak jd lbh keras ). Lain lain no problem !!!!

6. Stability : bagus,tak kasih bintang 4. mau menikung sampe mereng2 dan foorstep ngosek aspal no problem, banyak yg bilang stabilitas mirip motor monoshock. Bahkan pernah diharuskan panik braking plus hrs banting setir ke kanan, sy pikir sdh ngga nutut ….. ealahhh ngga taunya msh nutut dan nurut aja ini motor.
image

Sisi minus :
1.sdh er he es umum mslh part dan purna jual. No comment !!! Krn ane sdh biasa miara motor susah!!! Hanya saja sy yg berlokasi di kab. Malang ngga pernah masalah sama part. Indenpun paling 2 sd 7 hari.
2. Berat ….. rasanya kok lbh beratan pies ini drpd primus. Palagi pas dorong kena ban kempes, mending tak naikin ke tambal ban ….
image

3. Krn berat motor condong ke depan, dlm kondisi diaam dan jalan pelan setir serasa berat. Tp ini bagus untk handling. Hanya saja begitu ban dpn sdh ngga ndonat bakal kerasa sekali beratnya.
4. Oli -> gampang berkurang, disinyalir krn 2 busi + 4 klep + over stroke ….. sehingga panas diatas rata rata. Solusi : oil cooler atau bubbler injection.
5. Jok boncenger terlalu tinggi, pdhl shock blk sdh ane ganti lbh pendek tp tetep aja msh ketinggian buat yg gonceng. Disinyalir jok blakang diciptakan untk membonceng cewek…. wkwkkkk
6. Dingklik detected
image

Advertisements

7 thoughts on “Impressi naik PIES”

  1. bro..piesku km baru 8000-an.lagi enak jalan tiba-tiba mesin mati total,panel indikator dispedo dan takometer ikut mati.diengk
    ol gak mau hidup.apa mungkin cdi yg kena ya…susahnya di daerahku delernya dah tutup…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s