Honda win = Merubah CDI AC to DC ( sekalian kelistrikanya )

Alhamdulillah …. proyek yg sy idam2kan terkabul juga.

Seperti penyakit honda win pada umumnya, sepul CDI selalu bikin masalah, bahkan kalo matipun nggak liat2 tempat…. tercatat hampir setiap 3 bulan sy ganti sepul CDI, yg paling lama bertahan malah gulungan tukang, akan tetapi itupun cuma sekitaran 6-7 bulan doang.

Berbekal mbah Google, sy cari2 info tentang kelistrikan DC. Berbekal ilmu yg pas2an tsb akhirnya sy beranikan diri untuk memulai ( tepatnya saat motor kembali mogok gara2 sepul ).

Pertimbangan =

1. Susah cari sepul ori honda win

2. Nggak pengen pusing & mogok krn sepul lagi

3. penghematan jangka penjang

Prediksi kesulitan =

1. Pilihan hanya CDI Shogun, sensor pulser antara shogun & win selisih 4 mm

2. Pengaturan kabel…. ( nggak pengalaman sama sekali )

3. Full Wave paket hemat = berhubung kiprok tiger mahal, cukup pake kiprok 4 kaki ( kelemahan = arus charge tdk sebesar kiprok tiger dan tdk ada voltage regulator, yg ada pembuangan arus ke massa ketika overcharge )

Daptar belanja =

1. CDI Shogun abal2 + soket = 65rebu + 10 rb

2. Kiprok 4 kaki + soket = 25rebu+5rebu

3. Sepul lampu/pengisian astrea prima/grand cendol = 25rebu ( spesifikasi untuk charge accu 12 volt )

4. Kabel secukupnya

5. Accu 5Ah 12V

untuk lebih jelasnya cekidot gambar berikut =

Gambar DESIGN

Hasil =

1. ternyata bisa stasioner walau sensor pulser cm 10mm

2. Ada rpm tertentu cenderung agak mbrebet ( tp rpm ini jarang dipake )

3. Test konsumsi bbm = disinyalir lebih irit, krn 1 mangkuk karbu dg CDI- DC ternyata dapet jarak lebih jauh pas mogok.

4. Power sebenernya lebih plong pake CDI AC ,serasa lebih ngeloss, tapi pake CDI DC ini rpm bawahnya malah nggak ngedrop powernya.

5. Cihuyyy….. krn satu dudukan sepul nganggur, bisa dipake buat lampu head yg ON terus ( harusnya ditambahin kiprok juga ,tapi seadanya dululah, males mbolak mbalik nang toko spareparts )

6. Kalo perlu, lampu head atau kasih lampu tembak yg dilewatkan accu juga no problem ….

Trial =

Saya coba sebulan ini msh no problem, padahal CDInya abal2 plus jarak tempuh tiap hari sekitar 50 sd 60 km.

mOHON do’anya…. semoga ngga mogok lagi dan bisa buat je-je-es….

( oh ya… berhubung sdh 12 volt, maka semua kelistrikan diganti ke 12 volts ya…. termasuk dop lampu, klakson, flasher sign, dsb )

GambarGambar

Advertisements

28 thoughts on “Honda win = Merubah CDI AC to DC ( sekalian kelistrikanya )”

  1. RR ato kiprok tiger kw kisaran 20rb sampe 70rb tergantung merk.. yang pernah aye pake merk MPM sama fukuyama lumayan lagh dari pada lumanyun :mrgreen:

    Like

  2. kiprok tagor yang aye pake di jupiter merk MPM udah setahun lebih alhamdulillah gak ada masalah, pernah pake fukuyama tapi diambil ama temen aye buat pasang di shogunnya, sampe sekarang juga bom ada masalah, setahun lebih malah..
    untuk merk MPM rada sadis.. dikasi beban, voltase malah naik kalo cuma beban lampu standard 😯 cocok maenan HID tuh 😀
    yang penting instalasi bener dan kondisi kabel bagus serta dikasi voltmeter untuk monitoring voltase yang keluar dari kiprok (malah ini yang mahal) 😥 kisaran 100rb untuk buatan lokal 🙄
    rentang voltase yang sebaiknya antara 11,5 – 15,6 volt, kurang dari itu cek accu, kalo lebih cek kiproknya CMIIW
    di jupiter tuwir aye saat kunci kontak nyala dapet 12,2 volt, dikasi beban lampu jadi 11,8 volt
    saat mesin nyala idle tanpa beban dapet 12,7 volt, dikasi beban lampu jadi 13,4 volt dengan bukaan gas sekitar 1/2 nya..
    saat jalan bisa dapet 15,4 volt kondisi beban lampu standard nyala..
    serta ada baiknya simpan kiprok cadangan tersebut yang cuma seharga 30rebuan dibawah jok/bagasi :mrgreen:
    blog fullwaving bisa baca2 di mari –> http://kotsk.wordpress.com/

    Like

    1. btw, soket yg nomer 2 pada kiprok tiger harus disambung ke headlamp atau bisa dibiarin aja mas ??? soalnya headlampku sdh tak ikutkan di accu ….

      Like

  3. soket nomor 2 pada kiprok tiger itu disambung ke kabel dari saklar headlamp dan kabel output dari kunci kontak
    fungsinya sebagai monitor input tegangan dari spull, jadi kiprok tahu berapa tegangan yang kudu dikeluarin… yaa menghindari overcharge CMIIW

    #masihnubieyanglagibelajar

    Like

  4. kalo sepull pengapian sering hangus setau ane biasanya kalo si CDI udh gk ori gan, soalnya ini pengalaman ane sama si WINDA ane, tapi kalo pakai cdi ori bisa pakai cdi grand jga, spullnya awet koq gan
    Tapi gimanapun lanjudkan proyeknya dua jempol buat agan……

    Like

  5. klo spul uda 12 vol wkt rpm tinggi monitor gk usah dipasang biar sumua awet klo over nyalain lampu besar mantap gk tekor lg.

    Like

    1. tahan lama… sampe sekarang gpp pdhl merk cdi cm fukuyama, yg pusing tuh mikirin ngecharge accu … tp itu juga krn lampu depan ane hubungin ke aki, kalo ngga sih gpp

      Like

  6. Klo ninja 150 bkin fulwave gmn gan?,ty2 bengkel mnt kisaran 700k,py niat mau mampang hid,tp gatot gr2 kbentur dana minim

    Like

  7. mas tanya, untuk pengaplikasian 12v apa perlu ganti kabel bodi?
    sekarang win saya setelah pasang kabel bodi original malah nggak bisa hidup (kondisi kontak ON tapi di stater gak mau hidup) padahal percikan api di busi sudah keluar. kira2 permasalahan ada dimana ya? mohon bantuannya.
    keadaan motor : cdi shogun, kiprok (4 kaki)
    trims

    Like

      1. nah ternyata ada kabel bodi (arah ke blok sebelah kiri) warna merah strip hitam yang nggak ada jalurnya. btw itu kabel untuk apa ya mas? sama kabel di kiprok ada yang sisa 1 juga 😀

        Like

      2. Kalo yg sekarang sdh beda lagi. Sepul kan ada 2, satu spul cdi satu spul pengisian, sekarang dua2nya ane kasih kiprok satu satu…. jadi dibikin sepul pengisian semua, satu sepul satu kiprok satu aki. Yg atu aki buat pengapian pake aki GL100 kecik, yg atu buat jelistrikan body pake aki grand…. tinggal cari kontak yg ac dc, tp dua duanya dibuat dc…. duhhh… susah ya ? Xixixixi….

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s