Spuyer ketiga atau turbo jet ???

Ini sekedar me-refresh ingatan alias kenangan lama saya. Jika anda ingin menaikkan power mesin secara gampang tanpa mengutak atik karbu dan engine, ataua mungkin anda baru saja mengganti knalpot standart dg knalpot racing dan tidak ingin bongkar-bongkar karbu bwt ganti spuyer, tidak ada salahnya melirik teknologi satu ini.
Teknologi ini sebenernya sih sudah juadul… seingat saya sudah dipake oleh roadracer kita sejak th 1990an atau malah sebelumnya. Jika menilik fungsi, spuyer ketiga ini sebenernya hanya memberi tambahan asupan bahan bakar ke karburator, cm hebadnya ialah bisa disetting mau dikasi di rpm atas, menengah atau malah bawah. Jika dikasih di rpm atas, temtu saja akan jadi semacam turbo … ada semacam tambahan gizi pas motor high rpm. Jika dikasih bawah atau menengah ya tentu saja bisa tuh setelan pilot dan main jet disetel “lean” … ( disini kita tdk ngomong irit lho ya … )

Skema teknologi sederhana “Third Jet ”
Lihat gbr diatas ! Jika third jet ditaruh di posisi atas karbu, dimana saat high rpm skep mengangkat maksimal, dan ini berbanding lurus dengan sedotan piston yg makin menggila, maka third jet ini otomatis akan bekerja dikarenakan daya hisap tersebut, dan demikian seterusnya jika diletakkan pd posisi tengah maupun bawah.
Cara membuatnya gampang sekali, ambil aja selang pembuangan bensin dari karbu, jgn lupa buka sekrup mangkok buangan bensin. Kemudian pasang pd ujungnya sebuah spuyer, kalo ttg ukuran spuyer silaken dicoba-coba… mana yg cocok ama engine anda. Dan yg sangat penting ialah bikin dudukan atau kuncian spuyer di mulut karbu sekuat mungkin, jangan sampai spuyer tambahan ini ke-telen mesin…hahahahaa…..
silaken mencoba !!!

nb: kelemahanya ialah jika pelampung karburator sedang “tidak waras ” maka sulit mendeteksi ketinggian pelampung dikarenakan bensin tidak akan terbuang ke saluran pembuangan .

Advertisements

2 thoughts on “Spuyer ketiga atau turbo jet ???”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s