Motor 2 Wheel Drive

Apabila selama ini kita mengenal sepedamotor, selalulah roda belakang sebagai penggeraknya. Padahal, bukan tidak mungkin loh dibuat dua-duanya roda berjalan. Motor 2 wheel Drive / All wheel drive sudah ramai di riset oleh banyak pabrikan besar, pabrikan kecil, bahkan per-orangan juga ada. Apa sih keuntungan dari 2WD tsb ? Sudah jelas, jika semua roda bergerak , tentu akan merevisi sliding roda dan akan terasa sekali manfaatnya di trek licin, pasir maupun bergelombang. Dari sisi traksi roda, tentu 2Wd lebih nyokot ( menggigit ) di trek, terutama saat sedang rebahan untuk menikung/ berbelok. Dalam hal ini, teknologi kontrol traksi yg canggih juga akan serasa mubazir, atau bahakn tidak dibutuhkan lagi. Untuk konsep 2WD ini saya yakin akan sangat bermanfaat sekali untuk diterapkan pada semua kendaraan, tidak hanya kendaraan medan berat saja semacam Motor Trail ataupun motor Trial, pada motor balap dan streetroad-pun akan sangat meningkatkan safety disegala kondisi cuaca.
Bagaimana Sistem kerja 2 WD ? Sementara ini ada dua pilihan, yaitu sistem mekanis dan sistem tekanan oli. Pada sistem mekanis, apabila tetep mau make ya tentunya akan sangat rumit dan tidak efisien dlm hal bobot kendaraan. Coba anda bayangkan , apa iya mau roda depan dg dua sproket + rantai ? atau ada 2 gardan dlm 1 motor ???  Ini seperti membayangkan gerboks mobil 4WD. Untuk kasus satu ini yg menerapkan produksi massalnya adalah Rokon Motorcycle, biar simpel dia make rantai di roda depan. Gbrnya ada dibawah.
Nah, yg kedua malahan lebih simpel, yaitu dg sistem Hidrolis / Tekanan Oli. Pada intinya sih semacam sistem kerja rem cakram itu, ada piston tekanan juga, cuma ini selalu sepasang, di roda depan ada 2 piston yg kerjanya bolakbalik , di roda belakang juga ada. Pompanya bisa elektrik maupun mekanis dr mesin, yg pasti semua perangkat dlm tekanan yg sangat tinggi agar bisa bekerja dg baik. Keuntungan lain dari sistem Hidrolis ini adalah  unsur estetika kendaraan tidak berubah, secara fisik kendaraan seperti motor biasa, hanya ketambahan selang hidrolis 2 biji di masing-masing roda dan seperangat kecil di sumburodanya.
Oke….. sekarang kita cekidot pabrikan apa aja yg sudah meriset 2WD ini :
Yang sudah dijual umum :
1. Rokon, dpt dikatakan All Purpose Motorcycle, bisa buat segala medan karena saking sangarnya, bahkan kalau perlu melintasi sungai-sungai yg batunya segede gaban. Gbrnya  cekidot :

2. Christini , ini sih jenisnya motor Trail punya…..  coba liat sistem 2WD hidrolisnya !! yg ini mengambil power pompa hidrolis dari gear depan motor. Keliatankah ??

Yang sedang di riset :
1. KTM 525 EXC atau LC8

2. Yamaha WR450 2-Trac Limited Edition

3. Yamaha R1 2WD , liat aja, motorsport juga pake tuh ….

4. Drysdale 2x2x2 : Ini nih yg gila … konon reisetnya tidak cuman 2 WD tapi juga 2 Steer alias roda depan belakang bisa belok.

 ….monggooooo kalo ada yg mau menambahkan …..

DAPTAR PUSTAKA , All Picts and news from :

1. GizMags = http://www.gizmag.com 
2. MotorcycleUSA = http://www.motorcycle-usa.com
3. Drysdale website -= http://home.mira.net
4. Wikipedia
5.  Tentu saja Mbah-e Google
6. http://www.motorcyclespecs.co.za 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s