Ducati "FrameLess"

Jika motor pada umumnya mesin menempel atau disangga pada frame atau chasis , maka saya kok ndenger rumor bahwa pabrikan sekelas Ducati mem-patenkan rancangan motor tnpa chasis… atau mesin itu sendiri sebagai chasis…. bahkan katanya sudah dipatenkan Desember tahun lalu.
Kelebihanya ??? Tentu saja motor jadi enteng banget…. sehingga power to weight rationya jadi bagus. Biar tenaga lebih kecil juga kalo PWRnya lbh bagus bisa lebih “lari” motornya. Cuman dari sisi handling gimana ??? “mungkin” para insinyur Ducati masih merisetnya. Padahal di InggrisNew Zilend sendiri sudah ada dari dulu motor frameless “Britten Motorcycle” yg sudah terbukti beberapa kali podium di kejuaraan yurop sono. Btw, teknologi Britten Motorcycle yg handmade itu katanya ikut terbawa ke liang kubur bersama perancangnya. Seperti apa sih Ducati frameless tsb ?

Dan seperti apa sih Britten motorcycle ???

Source :
1. http://motorcycledaily.com/02april10_DucatiPatent.htm
2. http://www.britten.co.nz/photos/images/BabyBAssem.jpg

Advertisements

One thought on “Ducati "FrameLess"”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s