report : Wa-i stage (1)

Obyek percobaan : Suzuki Thunder 125cc keadaan full standart ( knalpot, karbu vakum, pengapian, dsb )
Setelah lumayan lama menimbang-nimbang, plus bbm yg katanya mau naik tajam gt, maka dg tekad bulat dan penuh perjuangan saya nyobain plan yg lama sudah idam-idamkan, yaitu pembuktian water injection di spdmtr. Yg pertama ingin sy coba ya tentu saja yg stage 1 dulu, tahap awal duluuuu…. step by step gt.
Konsep pd posting sebelumnyalah yg saya coba dulu, tapi berhubung saya merasa masih kurang praktis dg injektor jarum suntik ( masih kudu nge-lem dulu, blm lagi resiko lem yg kurang rapat, copot, dsb,dsb …. ) maka saya mencoba dg bikin injektor dari nosel korek gas yg biasanya se-koreknya dijual 1500-an rupiah.
Kemudian, karena saya coba di Thunder 125, maka saya masih kebingungan mo nempatin tanki air dimana ??? Toh semua tempat sudah sy coba dan masih belum memungkinkan. Pikir punya pikir, setelah melihat tas kecil yg lg menganggur begt saja gak terpakai, maka timbullah ide setengah brilian tsb. Yaitu menggantungkan tas kecil itu di spdmtr, tepatnya di samping belakang, yaaa… mirip mirip ama side bag-lah. Lanjut, ide seperempat brilian-nya ialah ngambil jerigen plastik bekas madu ( 1 liteer ) yg teronggok dilemari dapur. Cucoookkk deehh, jerigen madu dg maniznya masuk ke side bag versi saya dgn pazzz sekaleee . Nah,setelah mendapat dua barang inilah, saya mulai dg semangat mau R&D dari Wa-i stage 1.Saya waktu itu mau melangkah ke tahap selanjutnya dg membeli selang aquarium di tempat org jual ikan-ikan. Sambil menunggu Ibu jualan ngukur selangnya, mata saya iseng-2 jelalatan di etalase si Ibuk penjual ikan. Walhasil ?? tuinggg…ttuuiiinngg….. ide brilian yg seperempatnya datang lagi, demi melihat setelan udara buat selang aquarium plus keran sekalian ( yg tyt itu keran selang infus ). Bayangan saya saat itu , wuiiddiiiihh…. tinggal geser-2 doang untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wa-i, dan jadi simpel gt to ???
Akhirnya dg semangat 45, mulailah saya mencoba Wa-i stage 1 disela-sela jam istirahat kantor. Dan hasilnya ???? huehuhueehuehuehue…. saya berkeringat men-starter spdmtr karena terjadilah “Water hammer ” alias ruang bakar kemasukan air. Knp bgt ?? karena yg tdk sy duga adalah sedotan dari manifold bgt deras sehingga seperti digerojok air terjun. Wahhhh…… gagal niih ( batin saya ).Kemudian, setelah jam rehat pikiran saya begitu berkecamuk luar dalam lahir dan batin ….. penuh dg perrtanyaan “kok bs begitu ? ” “Kenapa begini ?? apa salah dan dosaku ?? ” ” Mengapa Kau kasih cobaan begitu berat nian padaku ?” Nah, kemudian mak bedunduk, muncullah pikiran yg kurang bgt brilian dg “menghambat derasnya air yg menggerojok”,yaitu dg menghalangi sang air tersebut memakai sesuatu. Dengan apa ???? wehehehee…. karena saking kurang brilian-nya saya,atau saya yg memang lagi dapet wangsit yg sangt ngga kreatip, maka saya mencoba menambah penghambat air dg busa rokok filter ( BEKAS ) yg baru aja dirokok temen saya. Wakss….. !!! Entah ngimpi apa saya semalam, tyt dg begitu…. Wa-i stage 1 jadi BERHASILLLLLL………. hip….hip..hurreeyyy………

” Jika mesin n karburator ibarat orang yg sedang menyeruput kopi dari gelas,
maka dg injektor jarum suntik akan menjadi seperti minum kopi dengan sedotan.
Nah, bayangkan jika ada busa yg di dalamnya sudah mengandung kopi, apakah kopi akan begitu saja tumpah ??tentu tdk krn kopi tsb tertahan di dlm busa sedangkan kita masih bisa minum kopinya dg menyedot busa tsb. Byuhhh…. itulah kira-kira analogi Wa-i versi saya … huuueekkksss…… jelek bgt ya ? “

Kemudian, report selanjutnya ialah : Test Drive
Berhubung kabel rpm saya udah putus hubungan, maka saya cm bisa meng-kira-kira saja ya ???Tuh Wa-i stage 1 langsung sy bawa pulang ke rumah ( dg jarak 70 km shg kalo pp ya jadi 140 km-anlah kira-kiranya ).
Pertama : jalan pulang, saya coba dg setelan mesin standart. Yaitu dg tidak mengotak atik setelan karbu samasekali. Tanki air diisi air accu biru. Hasilnya ??? di stasioner mesin agak mbrebet tapi ga sampe mati. Bgt di gas sampe rpm menengah, mesin kok lebih halus gt, lebih merdu dr sebelumnya yg mayan kasar. Tenaga ??? feeling saya mengatakan tenaga lebih meningkat ( torsi ) dr sebelumnya, cm kalo kecepatan masih sama aja tuh. Yg paling kerasa ya akselerasinya aja lebih bagus. Mungkin kecepatan ga berubah karena dari sproket dan transmisinya masih standartnya ajah. Untuk putaran tinggi masih blm oke, karena memang Wa-i tsb mulai rpm 6-7rb udah gak jalan dikarenakan terlalu tinggi tekanan manifold. Yg pasti buat jalan 60 – 70 kmh enak bangetssss.
Kedua : perjalanan balik ke kantor esok harinya.
Sebelum berangkat nganor, saya campur dulu tanki air dg alkohol 70% sebanyak lebih kurang 150cc. Seting karbu dibikin lbh irit / lean. Hasilnya ? Mbrebet di rpm stasioner sudah ga terjadi, terasa peningkatan tenaga. Gigi 1 sampe 4 terasa mak wuusshhh…. tapi gigi 5 masih standart aja tuh. Report selanjutnya, bensin mayan lbh irit, tp bwt dlm kota kok mayan boros ya ? Slidik punya slidiki, tyt saya ga nyadar kalo lebih sering narik kabel gas ( karena tarikan motor lebih enteng sih….. hehhehe ) . Dg perjalanan sekitar 140 km itu, air + alkohol yg habis sekitar 150 – 200 cc … yaaaaa segituanlah. Mungkin karena saya nyetel keran infusnya untuk debit yg terlalu kecil ya ???Nah, tyt dg banyak penghalang air dari busa rokok bekas, scr tdk langsung mempunyai kelebihan saya ngga perlu menonaktifkan Wa-i setiap mematikan mesin, karena tyt air tdk mengucur ke manifold disaat mesin mati. Enak kan ??? Tapi untuk jaga-jaga mah saya masih tetep mau pasang keran bensin vakum, misal punya Yamaha Alfa atau apalah gt. Yg masih sya pusing ialah bgmn membuat indikator peringatan shg kalo air mau hbs saya jadi tahu ??? Bayangan pertama dg membuat sensor cahaya, katakanlah led + LDR sbg saklarnya. Trus kemungkinan lain apalagi ya ???
Kesimpulan Research : Wa-i stage 1 berhasil. Menurut saya pribadi, Wa-i stage 1 sangat cocok dg karakter mesin yg powernya di rpm atas, karena Wa-i stage 1 membantu meningkatkan power di rpm bawah dan menengah.
Masalah : Wa-i stage 1 blm men-suppport rpm atas.
Solusi ‘n Development : Ada satu solusi dg dua kemungkinan, yaitu dg teknologi Dial a-jet. Intinya menambah spuyer di depan karburator, sehingga saat rpm atas, tekanan sedotan di mulut karbu membesar pula, yg diharapkan nantinya akan memfungsikan Dial a-jet. Nah, Dial a-jet sendiri ada dua kemungkinan atau bisa saja dipake dua-duanya. Kemungkinan pertama, Dial a-jet dg bensin dan kemungkinan kedua Dial a-jet dg air+alkohol.

Wait 4 de next episode ……… blm tamat…..bersambung….tobekontinyu …. dsb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s